Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

blausewasserAvatar border
TS
blausewasser
Panduan: Pemanenan Telur Nyamuk dan Kultur Jentik Nyamuk


Quote:

Quote:

Quote:


Hal yang Anda perlukan

Kita akan memerlukan beberapa wadah air dgn volume 4-5 liter atau lebih (lebar lebih baik dibandingkan tinggi). Taruh beberapa wadah sekaligus sehingga jika salah satu wadah air sudah terlalu busuk (berwarna dan berbau seperti air selokan), kita dapat memulai lagi tanpa banyak dampak pada tingkat panen.


Tempatkan di lokasi yang cukup terlindung (terlindung dr hujan dan angin). Kita bisa menyimpan wadah air pada beberapa rak seadanya di samping rumah atau di lokasi dimana yang kita perkirakan akan ada banyak nyamuk berkumpul. Dan ingat! Bahwa bahan juga akan tercium bau yang kurang menyenangkan.


Budidaya dan Pemanenan

Isi wadah masing-masing dengan air akuarium/ kolam. Air ini akan bekerja dengan baik karena air sudah mengandung berbagai mikroba yang sangat membantu. Tambahkan beberapa potongan kentang pada tiap wadah.

Dalam beberapa minggu semuanya harusnya sudah cukup busuk dan mudah-mudahan menarik nyamuk betina untuk meletakkan telur mereka di malam hari.


Setiap rakit berisi sampai kira-kira 300 telur (atau begitulah yang saya baca). Telur berwarna putih ketika baru diletakkan dan semakin lama akan menghitam. Telur ini sangat hidrofobik sehingga sangat mudah untuk diraup dari permukaan air dengan daun atau jari.




Setelah dipanen kita bisa memindahkan telur dalam akuarium. Kelebihan dari panen telur nyamuk adalah jentik tidak akan memiliki kesempatan untuk tumbuh besar krn pasti akan habis dimakan oleh anakan ikan, dan proses penetasan yang tdk selalu bersamaan (bertahap) akan memastika ketersediaan pakan anakan ikan di akuarium.

Atau, kita dapat menetaskannya dalam stoples, dan membesarkannya sesuai dengan ukuran yang kita inginkan. Gunakan beberapa stoples sehingga kita bisa menjaga panen terpisah setiap hari. Jentik harus diberi pakan, sebagai detritivor, jentik akan memakan berbagai makanan yang membusuk (detritus). Roti ataupun pellet ikan yang sudah tidak terpakai akan meningkatkan nilai gizi jentik. Mereka tidak membutuhkan banyak makanan sehingga cukup beri makan dalam jumlah kecil dan hati-hati untuk tidak mengotori air.


Quote:
0
55.1K
33
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan