Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

tulipknowAvatar border
TS
tulipknow
Susu Kental Manis Tak Baik untuk Tubuh
Susu Kental Manis Tak Baik untuk Tubuh





Susu ternyata tak sekadar minuman sehat penyuplai kalsium. Ada berbagai jenis susu, seperti pasteurisasi, UHT, sampai susu bubuk dan kental manis. Jika Sesuaikan masing-masing dengan kebutuhan tubuh. Bagaimana memilah dan memilih susu terbaik?

Pakar nutrisi, Emilia E. Achmadia menyatakan, susu murni dengan kualitas terbaik didapatkan dari proses pasteurisasi. Bukan hanya itu, penting juga untuk mengetahui produsen susu dan seperti apa proses produksinya.

"Proses produksi ini sangat penting untuk melihat apa saja yang dimakan sapinya, bagaimana sapi diperlakukan, di mana dikemasnya agar tidak banyak terkontaminasi dan sedikit bakteri," katanya di Central Park, Jakarta, Jumat (21/11).

Emilia menyarankan, susu pasteurisasi adalah yang terbaik. Tapi, biasanya susu jenis itu mahal. Untuk finansial yang terbatas, katanya, susu UHT bisa dipilih sebagai alternatif. Atau, jalan lainnya dengan kualitas di bawah itu: susu bubuk.

"Tetapi saya tidak akan pernah menyarankan untuk mengkonsumsi susu kental, karena itu bukan susu. Itu adalah gula dengan rasa susu yang penuh dengan lemak," ucap Emilia tegas.

Dengan begitu, alih-alih menyehatkan, susu kental justru memenuhi tubuh dengan gula yang bisa menjadi pengantar pada berbagai macam penyakit.

Memilih susu

Namun sebagai orang awam, sulit mengecek produk susu berdasarkan perusahaan atau kualitas produksi. Emilia melontar beberapa tips memilih susu terbaik.

"Pertama, beli susu yang berada di lemari pendingin, dan kedua tentunya baca labelnya agar tahu kandungan-kandungannya," ujarnya menjelaskan.

Yang pertama harus dilihat pada label kemasan adalah serving size. Pastikan harus seberapa banyak susu disajikan. "Normalnya 250 cc per serving, jadi 1 liter bisa diminum empat kali," kata Emilia lagi.

Dalam 250 cc tersebut, gula hanya boleh 4-6 gram. "Yang dilihat bagian gula, bukan total karbohidrat, karena itu termasuk yang bukan gula juga," ucap Emilia menambahkan.

Selain itu, angka kecukupan gizi untuk susu biasanya harus di bawah 10 persen. "Harus lihat juga kalorinya. Untuk susu murni per gelasnya baiknya menyediakan 140-180 kilo kalori," katanya.

Tak hanya kandungan gula, angka kecukupan gizi, dan kalori, susu yang baik juga bisa dilihat dari kandungan vitaminnya. Setidaknya, harus ada Vitamin A, B1, B2, dan kalsium. Kandungan minimal vitamin 25-30 persen.

Sedang soal kalsium, satu gelas susu seharusnya bisa mengisi satu per tiga kalsium per hari, yaitu sekitar 35 persen. Bagaimana dengan susu berkalsium tinggi yang belakangan marah untuk kesehatan tulang? Dijelaskan Emilia, konsumsinya harus diimbangi air putih yang banyak.


Sumber : ARTIKEL UNIK



Tolong hargai HAsil karya TS dengan Komen dan Rate gan
emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star
Gak nolak
emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)emoticon-Blue Guy Cendol (L)


Wah, Lucunya Kolaborasi Pose Yoga Ibu dan Anak Ini

Mari kita Melihat Mobil Terbang Lebih Dekat

[URL="http://www.kaskus.co.id/thread/54658722148b462b658b4571/ted-lawson-seniman-yang-mencetak-foto-selfie-tanpa busananya-dengan-darah"]Ted Lawson, Seniman yang Mencetak Foto Selfie tanpa busananya dengan Darah[/URL]

Rokok Mentol Bisa Jadi Lebih Berbahaya
Diubah oleh tulipknow 25-11-2014 05:01
0
3.6K
52
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan