CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Entertainment / The Lounge /
7 Ciri-ciri Mereka yang Mempunyai Kecerdasan Emosional yang Tinggi
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5472b529138b46693f8b4578/7-ciri-ciri-mereka-yang-mempunyai-kecerdasan-emosional-yang-tinggi

7 Ciri-ciri Mereka yang Mempunyai Kecerdasan Emosional yang Tinggi

Akhir-akhir ini, kita semakin sadar bahwa kecerdasan emosional ini sangat penting bagi tiap individu dalam menunjang kesuksesan dan kebahagiaan mereka, baik di tempat kerja, pergaulan hingga kehidupan keluarga. Memiliki kecerdasan emosional yang tinggi akan membantu anda dalam bersikap praktis ketika di hadapkan pada suatu permasalahan. Untuk itu, kali ini saya akan sharingkan apa saja ciri-ciri mereka yang mempunyai kecerdasan emosional yang tinggi. Harapannya, hal ini akan menjadi referensi kita bersama untuk kehidupan kita yang lebih bermanfaat dan bahagia kedepannya.

1. Fokus pada Hal-hal yang Positif

Mereka yang memiliki kecerdasan emosional tinggi sadar bahwa percuma saja berlarut-larut dengan masalah. Fokus pada masalah tidak akan pernah membawa solusi, sebaliknya bersikap positif dalam menyikapi masalah akan membawa anda pada solusi yang tepat untuk menyelesaikan permasalahan anda.

2. Mereka yang Berpikiran Positif akan Berkumpul dengan Mereka yang Berpikir Positif Pula

Orang-orang dengan kecerdasan emosional tinggi tidak akan menghabiskan banyak waktu dengan berkumpul bersama mereka yang suka mengeluh dan mengumpat. Mendengarkan keluh kesah dari mereka yang suka berpikir negatif hanya akan membawa menghabiskan energi kita pada hal yang percuma. Sebaliknya, berkumpul dengan orang yang memiliki pikiran positif dan penuh semangat akan membuat kita tertular juga. Dan inilah yang pada akhirnya akan meningkatkan kecerdasan emosional anda juga.

3. Orang dengan Kecerdasan Emosional Tinggi selalu Assertive

Assertive adalah sebuah sikap tegas dalam mengemukakan suatu pendapat, tanpa harus melukai perasaan lawan bicaranya. Orang yang assertive sangat tahu betul kapan mereka harus bicara, kapan mereka harus mengemukakan suatu pendapat dan bagaimana cara yang tepat untuk memberikan sebuah solusi tanpa harus menggurui. Dan yang pasti mereka yang memiliki sikap assertive selalu berpikir terlebih dahulu sebelum bicara.

4. Mereka adalah Visioner yang siap Melupakan Kegagalan di Masa Lalu

Orang-orang dengan kecerdasan emosional yang tinggi akan sibuk memikirkan apa yang akan dilakukannya di masa depan dan segera melupakan kegagalan di masa lalu. Baginya kegagalan di masa lalu adalah sebuah pelajaran yang penting diambil untuk mengambil langkah yang lebih mantab di masa yang akan datang.

5. Mereka Tahu Cara Membuat Hidup Lebih Bahagia dan Bermakna

Dimanapun mereka berada, apakah itu di tempat kerja, di rumah ataupun berkumpul dengan teman-teman, orang dengan kecerdasan emosional yang tinggi akan membawa kebahagiaan bagi sesamanya. Terkadang arti bahagia bagi mereka tidak harus sebuah kekayaan. Bersyukur akan nikmat yang didapat hari ini dan membantu orang lain yang membutuhkan pertolongannya akan membuat mereka merasa bahagia dan bermakna.

6. Mereka Tahu Bagaimana Mengeluarkan Energi Mereka secara Bijak

Mereka yang dikaruniai kecerdasan emosional tinggi, tahu bagaimana memanfaatkan energi mereka dengan bijak. Mereka tidak akan menghabiskan waktu untuk hal-hal yang percuma saja. Mereka akan fokus pada tindakan-tindakan yang akan membawa manfaat bagi sesamanya.

7. Terus Belajar dan Berkembang

Mereka yang memiliki kecerdasan emosional tinggi sadar, bahwa apa yang ia ketahui saat ini masih belumlah apa-apa. Baginya, belajar bukanlah 12 tahun wajib belajar dan 4 tahun kuliah. Wajib belajar adalah seumur hidup. Mereka selalu terbuka akan hal-hal baru dan berani mencoba berbagai macam tantangan yang akan membuat mereka berkembang. Kritik dan saran dari orang lain akan dijadikan sebagai referensi baru dalam mengambil langkah dan keputusan di masa yang akan datang.

Spoiler for Tambahan dari Agan & Sis:


Kalau buat ane nomor 6 agak sulit emoticon-Cape d... (S)
emoticon-Matabelo Agan & Sis sudah punya berapa dari 7? emoticon-Matabelo

sumber
Bagus
Diubah oleh donzdon
Halaman 1 dari 3
baru tau ada kata assertive emoticon-Matabelo
Yang berfikir positif akan berkumpul pada orang-orang yang positif juga...
Bener banget gan, karna ane sendiri ngalamin kaya gitu emoticon-Big Grin
ane nih gan emoticon-Matabelo
ane banget ini mah gan emoticon-Ngakak (S)
Quote:
masak sih emoticon-Ngacir

Quote:


Monggo gan

Assertive berasal dari bahasa Inggris, yang berarti tegas. Assertion= pernyataan yang tegas.Dalam kamus KBBI, tegas diartikan sebagai tentu dan pasti (tidak ragu-ragu lagi, tidak samar-samar lagi).

“Bre, kita nonton film Kuntilanak Beranak yuk!”
”Wah…aku nggak suka nonton film horror...”
”Kan ada aku... Nggak apa-apa...yuk!”
”...uhm...(bener-bener nggak mau nonton) Gimana ya...(terlihat bingung)”
”Udah...nggak usah banyak mikir...kan kamu baru gajian juga...masa nggak mau traktir aku nonton??”
(Karena tidak enak dan malas untuk berargumen dan yakin pasti kalah, akhirnya Bre nonton juga film horor yang dia tidak suka itu dan harus traktir temannya pula!)

Kejadian di atas bisa dikatakan bahwa Bre tidak asertif. Mengapa? Karena Bre tidak bisa menolak, merasa tidak enak, tidak yakin bahwa jika ia menolak nanti temannya tidak akan marah dan kesal karena disini, ia menghindari konflik. Setuju tidak setuju harus setuju dalam diam. Seringnya orang seperti Bre akan sering ”merugi”.
terus belajar ya... pantes orang2 kaya rajin baca buku
*orang berpikir positif kumpul ma yg berpikhr positif, bukan ama galauer
Betul juga yg kau bilang itu
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
keren ni.. ane mau banget no 7... hehehe.... lol... buat diri makin berkembang
Quote:


emoticon-Selamat
sama baru tau kata assertive
Diubah oleh ryanfaisal
kalau saat saya berpikir positif pasti ada aja teman yg ngarahi ke negatif emoticon-Big Grin
Post ini telah dihapus oleh hansip
Mereka adalah visioner yang siap melupakan kegagalan di masa lalu
Benar-benar T.O.P tuh gan
sepertinya itu ane gan . emoticon-Cool emoticon-Hammer2
ane bnget kyknya gan emoticon-Ngakak (S)
beberapa udah ada di ane gan. emoticon-Cool
Diubah oleh thebalcony
ane cuma beberapa gan, masuk cerdas emosional ga?
Halaman 1 dari 3


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di