wiseman14Avatar border
TS
wiseman14
[Parah!!] Menteri Yohana Anggap Mas kimpoi Alat Beli Perempuan
Menteri Yohana Anggap Mas kimpoi Alat Beli Perempuan
Sunday, 23 November 2014, 10:48 WIB

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPA). Yohana Yembise, menjelaskan mas kimpoi bisa menjadi alat untuk eksploitasi perempuan. Hal itu menjadi pertanda bahwa dengan diberikannya mas kimpoi, maka seseorang telah membeli si anak perempuan melalui orang tuanya.

“Ketika ‘mas kimpoi’ telah lunas dibayarkan, artinya si perempuaan dianggap telah dibeli, dan tak punya "kebebasan" untuk berbicara,” ujarnya
, dalam cuitan twitter, Ahad (23/11). Menurutnya, hal ini adalah bentuk eksploitasi hak-hak perempuan untuk sejajar dengan pria dalam hal-hal tertentu, seperti pendidikan, karir politik, dan lainnya.

Seorang perempuan di Papua, menurutnya sulit keluar dominasi seorang pria, karena selalu di nomorduakan. “Apalagi setelah membayar mas kimpoi,” imbuhnya. Mas kimpoi di kalangan suku-suku Papua bisa mencapai puluhan juta bahkan ratusan juta dalam bentul uang. Ditambah hewan piaran yang jumlahnya cukup banyak.

“Saya lihat persoalan di Papua masih terikat dengan adat istiadat, kultur, dan budaya, yang memposisikan perempuan dan anak di posis lemah,” imbuhnya. Misalkan, anak pertama di mayoritas suku-suku di Papua, diwajibkan bekerja untuk membantu sang ayah menghidupi keluarga, dan mencari nafkah.

Pendidikan selalu di nomor duakan, sehingga kesempatan anak untuk belajar, dan menggapai dunianya terbatas, dan dibatasi oleh budaya. Mengatasi persoalan ini, pihaknya akan berupaya semampunya.
sumber : http://nasional.republika.co.id/beri...#comments-list
-------
Bu Menteri kok gegabah membuat statemen .. mas k4win bisa sbg alat eksploitasi perempuan??...baru denger nih..hadeh parah bener pemikirannya...
Diubah oleh wiseman14 23-11-2014 13:17
0
11K
201
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan