Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

suutamdaniAvatar border
TS
suutamdani
Waduh! Pramuka katanya ketinggalan zaman
Pramuka (Praja Muda Karana) yang memiliki arti ‘orang muda yang suka berkarya’ tengah merayakan ulang tahunya ke-53. Selama itu pula, Gerakan Pramuka Indonesia melakukan pendidikan non formal kepanduan di tanah air.
Segudang anak muda berprestasi lahir dari roh Pramuka dengan mengemban nilai janji luhur Trisatya dan sepuluh moral Dasadarma. Kementerian Pendidikan mewajibkan Pramuka menjadi kegiatan siswa. Bahkan, Pramuka menjadi wajib diikuti oleh para nara pidana di berbagai lapas, seperti Nusakambangan.
Rupanya, tidak semua orang suka dengan kegiatan Pramuka yang dinilai sudah ketinggalan jama. Indentik dengan seragam coklat dan aneka aksesoris seperti tali, topi, badge, dan juga belati.
Topik Irawan, salah satu akun di forum Kompasiana mengisahkan bagaimana Pramuka menjadi sebuah keharusan bagi semua siswa tidak lagi relevan dalam perkembangan zaman.
“Dulu saat SD saya suka kegiatan Pramuka, namun sejak SMP hingga SMA sejujurnya saya mulai membenci kegiatan ini. Sebenarnya kegiatan Pramuka memang bermanfaat, mengenal alam bebas, bekemah dan belajar tentang arti setia kawan. Namun dalam perjalanannya Pramuka menjadi bagian dari pemaksaan, semua harus berlatih Pramuka, jika tidak maka dapat dipastikan akan ada hukuman,” tulis Topik dalam akun resminya.
Bahkan, dia merasakan Pramuka bentuk dari keotoriteran sistem. “Akhirnya banyak dari siswa malah setengah hati, banyak yang mangkir latihan Pramuka, termasuk saya, dan jika latihan Pramuka hari Sabtu, maka pilihannya adalah kabur dan tentu konsekwensinya hari Senin mendapat hukuman, namun lebih baik di hukum dari pada ikut Pramuka yang sebenarnya tak begitu saya minati,” ungkapnya.
“Hari ini Pramuka berulang tahun entah yang keberapa, seragam coklat coklat kadang berseliweran di jalan, semoga mereka memang menyukai Pramuka dengan apa adanya. Zaman telah berubah semoga Pramuka memiliki anggota yang benar benar cinta Pramuka, memahami dasa darma Pramuka, tapi plis jangan di paksa lagi siswa memakai seragam Pramuka, salam Pramuka!” imbuhnya.
Bangga Pramuka
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) secara langsung memimpin upacara peringatan hari Pramuka ke-53 Tahun 2014, di lapangan utama bumi perkemahan Pramuka Cibubur, Jakarta Timur, Kamis (14/8) sore.
Orang nomor satu di Indonesia ini bangga dengan Pramuka. “Pramuka akan ada di hati kami hingga akhir hayat," ujar Presiden.
"Semoga hari ulang tahun ini menjadi momentum aktivitas gerakan Pramuka dalam membangun tunas-tunas muda yang memiliki watak, karakter dan jati diri bangsa yang kukuh," ujarnya.

Kepanjangan;
sumber: http://wp.me/p1iex9-12s
0
4.8K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan