CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / News / ... / Entrepreneur Corner /
[Share & Diskusi] DUNIA SEMUT RANGRANG & BUDIDAYANYA ~~~
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/529152a51f0bc3772f000007/share-amp-diskusi-dunia-semut-rangrang-amp-budidayanya

[Share & Diskusi] DUNIA SEMUT RANGRANG & BUDIDAYANYA ~~~

Tampilkan isi Thread
Halaman 147 dari 221
Quote:


yakin kok gan.. kebetulan banyak caltu nya jd kan keliatan bedanya. trus dia di keru utin trus ama semut keciltrus jumlah telur kecilya paling banyak


btw kl umur semut non ratu itu berapa hari ya gam?

Ane Bukan penjual bibit .

Maaf gan ane peternak belum berani jual bibit jual bibit rangrang masih riskan banyak masalah. bisa aja sih ane cariin bibit dri orang lain tpi jadinya makelar bibit ..hahhaha.aaa hati hati gan kloo beli bibit .
tungguin gan saya akn bikin treath khusus berbagi serba serbi ternak rang2 tanpa tedeng aling tanpa jualan dan semuanya di bagi mau yang gagal atau yang mau berhasil.
Quote:


Diubah oleh ACSport
ayoo gan buat apa di sini klo TS dah kabur bermaslah bahkan di forum TKJ juga pernah bikin kisruh
Quote:


ditunggu Gan

Quote:


Ane nungguin kabar dari Agan deh klo dah buka thread baru... jangan lupa undang ane Gan yah!
Quote:


kalo trit nya udah jadi..kabar2 ya gan..emoticon-Traveller
yakin aja gan..kalo emang informasi di trit baru nanti lebih berbobot pasti yg lain juga otomatis pasti akan dengan sukarela boyongan ke trit baruemoticon-Ngakak
Quote:


wah boleh ini bikin rumah baru...
btw kira2 ada yang nyimpen link2 update di trit ini ga yah?
IMO seh sebenernya yang pernah TS sharing disini sebelum ada kejadian berguna banget sih... sayang aja kalo misal kita pindah ke rumah yang baru tapi info2 yang berguna disini malah jadi nyampah....
Quote:


Coba Ane jawab ya gan,

1. Penyatuan koloni udah banyak banget dibahas di Thread awal2... Rajin membaca Pangkal Pandai Gan.. hehehehe

2. Caltu (Calon Ratu) untuk bisa menjadi seekor ratu itu, harus melalui "SELEKSI ALAM" yang dilakukan koloni. Karena dirawat bagaimana pun jikalau menurut koloni semut....Caltu tersebut tidak layak jadi Ratu maka 100% dipastikan dibunuh/dibantai koloni. Sebagaimana pun keras nya usaha kita membentuk seekor Caltu untuk bisa jadi Ratu, kalau koloni tidak memilih Caltu itu jadi Ratu Ga akan pernah bisa.

3. Ane Sebener nya belum pernah ternak tanpa ratu. Tapi setau ane untuk bisa menghasilkan banyak telur harus menggunakan ratu.

4. Sabar dan pertahankan, rawat sebaik mungkin makan+minum+suhu dan kelembapan nya dijaga plus sirkulasi nya di buat sebaik mungkin. Karena dengan sendiri nya jika semut tersebut sudah merasa nyaman dan memutuskan untuk membuat koloni di penangkaran kita. mereka akan membuat elemen2 yang belum ada di koloni tersebut seperti Ratu, Pejantan, Pekerja, Prajurit.


Maka nya ane bilang di awal2 posting ane, sebelum ente ikut terjun di penangkaran semut, pelajari dulu habitat, karakter, dan siklus kehidupan mereka.

Mudahan jawaban ane bisa membantu gan... maaf kalo ada salah2 kata.
Mohon Master2 untuk meluruskan
Quote:



Ratu bisa di dapatkan kapan aja dan dimana aja, tapi memang biasa nya seekor ataupun beberapa ekor ratu itu paling sangat di aman kan oleh koloni semut. Biasa nya Ratu terdapat di Sarang Pusat yang posisi nya sangat aman jauh diatas/puncak Pohon yang jauh dari gangguan manusia ataupun hewan predator.

Hal yang perlu di ketahui 1 koloni alam biasa nya luas area nya bisa 100 M2, 1.000 M2, 10.000M2 ( yang pasti 1 kebun itu masih termasuk 1 koloni alam.


Saran untuk peternak yang belum memiliki ratu :

1. Beli Ratu ke peternak lain yang terpercaya. biasa nya 1 ekor ratu siap produksi sekita 100-200rb /ekor

2. Beli Kroto Fresh (langsung dari orang yang berburu kroto di alam, jangan pernah beli kroto di toko pakan burung jika tujuan nya untuk suntik penangkaran ) yang terdapat telur ratu (bentuk besar seperti kapsul atau Caltu nya. Dan sabar menunggu, prose ratu dari telur sampai jadi ratu siap produksi kisaran 7-8 bulan.


Mimpi boleh tinggi gan, tapi ane takut kalo ga siap jatuh nya sakit, boleh bermimpi tinggi di barengi niat dan usaha kuat dan pantang menyerah.


Saran kalo semut lagi balapan di dalam toples baru jangan pernah di ganggu, biar kan saja. Atau konsekuensi nya semut mengurungkan bersarang di media baru tersebut.

Quote:


Keren Gan... kondisi yang bagus untuk memulai.. periksa kelenkapan koloni gan.
Cek semut pekerja (yang paling kecil) dan semut pejantan nya ada ga?
prajurit semut nya juga banyak kan?
Saran dikit kalo boleh, perhatikan suhu kelembaban juga yang terpenting sirkulasi udara ruangan penangkaran.

Jangan sering di tengok2, interaksi dgn semut hanya untuk kasih makan dan kasih minum.

Kalau mau melakukan pengamatan, sbaik nya pisahkan 1-2 toples untuk eksperiment.
Quote:


Ayo Agan ACSport dibikin deh segera thread nya, biar lebih enak untuk share ilmu... Tapi inget ga ada Jual Beli yaa... jangan sampai kejadian disini terulang disana.

Kalo boleh saran, kalo mau beli bibit mending langsung dateng ke lokasi gan. Cari yang paling deket sm lokasi agan.

Kalo ga ada peternak yang deket malah lebih bagus tuh gan.. bisa jadi Trendstter di wilayah agan.... hehehehe

titiipan pertanyaan utk seminar semut rang2 di jkt

Quote:


Terimakasih gan atas jawabannya. Tapi mohon maaf sebelumnya gan. Itu benernya titipan pertanyaan buat master yg ngadain acara seminar di jkt itu gan.

Ane pingin tau seberapa terbukanya orang2 yg sdh pny farm utk membagi info kpd calon peternak maupun peternak baru

Mohon maaf bngt....

Quote:


Diluar sana banyak juga sih trid semacam ini yg bahas semut rang2 jg tapi pada sepi semuanya.

Sebenernya tujuan beternak itu hasilin kroto maupun bibit utk dijual itu sih pilihan pribadi masing2 gan, sama sekali gak ada paksaan dlm budidaya kroto ini.

Trid ini sudah mulai rame lagi bener2 syg bngt kl ampe trid ini sepi gak ada tmn2 yg mau sharing ilmunya kepeternak baru.

Kalopun sang TS tersandung masalah pribadi dg pembelinya toh agan2 yg sdh beraksi utk beternak bisa sharing bersama2 di trid ini.

Gak usah pake emosilah gan. Diambil jalan tengahnya aja. Jadi org yg bijak ajalah.

Trid ini sdh bnyk menggerakan teman2 utk beraksi beternak kroto. Kendala ditiap kota pasti berbeda2 tergantung suhu ditiap kota maupun di tiap penangkaran. Jadi semakin banyak peternak maka kita bisa mendapatkan berbagai macam ilmu ttg budidaya kroto ini yg slama ini sll dirahasiakan oleh penjual bibit.

Apa salahnya kita mencetak penjual2 bibit semut di tiap kota agar memudahkan semua orang mendapatkan bibit semut utk di ternakan? Kenapa agan malah seperti kebakaran jenggot kalo ada org yg jualan bibit?

Dengan segala kerendahan hati ane mohon maaf kalo ada kata2 ane yg salah. Tanpa TS buktinya ampe detik ini bnyk tmn2 yg lebih terbuka utk sharing ilmux? Trid ini lbh hidupkan dr seblum2nya? Peminat budidaya rang2 naik lagi khn setelah mati suri karena kurangnya informasi yg didapat peternak pemulla.

Yuk tetep kompak selalu tmn2, kita suksses sama2, kitapun sdh mulai sama2 dari awal. Tanpa TS pun buktinya bnyk jg temen2 yg bisa jawab pertanyaan temen2 pemula

tanya

Gan ane mau nanya, semut rangrang ane yg tangkaran dari alam belum mau bersarang di toples. tapi ane amatin baru muter di dalam toples. itu knapa ya gan. mohon penjelasannya dari para master...


Salam.. wong madiun emoticon-Blue Guy Cendol (L)
Quote:


bantu jawab ya gan..tentunya sesuai dgn kapasitas ane yg msh nubie didunia persemutan emoticon-Shakehand2
kalo muter2 balapan didalam toples ane biarin aja gan..ane anggap itu merupakan penyaluran hobby dirumah baru. bayangin kalo agan udah punya anak yg hobby coret2 dinding rumah trs tiba2 dilarang pasti akan ngambek kan emoticon-Ngakak
kecuali agan sudah mengerti bahasa anak2..pasti gampang ngasih tau nya..begitu juga dgn angkrang gan..berhubung ane masih blm ngerti bahasa semut..yaaa ane biarin aja..anggap penyaluran hobby aja emoticon-Ngakak biar betah dan kerasan didalam rumah baru

tapi kalo balapannya diluar toples..biasanya ane semprot air pake sprayer gan..akibatnya mereka langsung semburat mencoba masuk toplesemoticon-Ngakak

kalo ane amati..ibaratnya kayak anak2 yg balapan liar..terus ada patroli polisi gan..pasti mereka langung bubar semburat melarikan diriemoticon-Ngakakemoticon-Ngakakemoticon-Ngakak
Diubah oleh kimprut28
Quote:

bikin kisruh gmn maksudnya gan..
ceritain aja di sini gan..kalo perlu dikasih link nya utk menghindari kejadian serupa agat tidak terulang dikemudin hari
gan..gantian ane minta masukan saran..emoticon-Shakehand2

tadi pagi ane berangkat dari rumah jam 5 untuk ambil sarang dari pohon mangga dipinggir jalanemoticon-Traveller pohon mangganya gak terlalu tinggi sih gan, mungkin hanya sekitar 5 meter

ada 3 sarang besar seukuran bola sepak..dan banyak sarang kecil mulai dari yg hanya 1 helai daun ditekuk ato gumpalan beberapa helai daun. untuk 3 sarang besar semuanya lokasinya ada di pucuk pohon dgn lokasi yg berbeda tp masih 1 pohon. ane sampai naik keatap mobil pickup ane gan..emoticon-Ngakak masih kurang tinggi..ane pasang tangga aluminium yg sengaja emang ane bawa + galah dari pipa paralon ukuran 3/4 panjang 4m. sedangkan sarang kecil lokasinya menyebar tp masih di 1 pohon tsb.

setelah sampe rumah..ane pisahin semut+kroto dari dedaunan..mungkin dapat sekitar 4 ato 5 toples s*nice gan emoticon-Kiss telurnya juga banyak..larva juga..tp ane kok gak lihat ada ratu master nya ya gan emoticon-Sorry padahal kayaknya tadi semua sarang sudah ane ambil semua..dari yg besar hingga yg kecil2..sebelum pulang juga sudah ane cek lagi barangkali ada yg tersisa..

intinya ane yakin bahwa semua sarang sudah ane ambil. saat ane potong ranting yg ada sarangnya juga tidak jatuh ketanah sehingga asumsi bahwa ratu master terjatuh saat sarang terbanting ke tanah boleh dikesampingkan.

pohon2 lain disekitar mangga tsb sampai radius 500 meter juga sudah ane periksa..tidak ada semut angkrangnya..apalagi sarangnya. ane yakin banget bahwa angkrang hanya buat sarang di pohon mangga tadi.

pertanyaan ane adalah..dimana ratu master berada?
Quote:


Dimana Ratu Semut Rangrang Berada? Dimana sebuah koloni mengamankan Ratu nya?

Yang pasti ditempat yang sangat Aman, yang mungkin kita (predator) tidak menyangka kalo tempat tersebut dijadikan tempat bersarang dan bermukim nya Sang Ratu.

Sering kita temui dalam 1 pohon banyak sekali daun yang teranyam membentuk sarang.
Lalu kita berasumsi salah satu dari sarang tersebut terdapat Ratu koloni di dalam nya.

Jika kita beruntung GOTHCA... Anda akhir nya berhasil mendapatkan Ratu Koloni.
Namun Sering kali TET..TEEWWW... ZONK. Ratu Ɣαηƍ kita harapkan tidak kita dapatkan.

Pernah berpikir Ratu di sembunyikan di lubang2 Batang pohon? Pernah berpikir sarang tersebut Άϑά di pucuk pohon yang tidak nampak kalo kita lihat dari bawah pohon?

Oh ŷαα ane mau tanya gan, dari hasil perburuan. Bisa dirincikan ' G͡åк͡ isi dari semua sarang.
Apakah Άϑά pejantan? apakah Άϑά Caltu? Apakah Άϑά Lava dan Pupa Caltu? Apakah Άϑά Pupa Pejantan? Seberapa banyak?

Itulah Istimewa nya Semut dan koloni nya. Mereka termasuk sisa Hewan Purba yang sampai saat ini masih ber adaptasi dan bertahan hidup. Dan kehidupan semut terdapat banyak misteri yang belum kita ketahui... (Lebay banget yee bahasa ane... Wakakaka) tp begitu lah semut semakin di teliti semakin bikin penasaran.. Hohohohoho
Quote:


ane lihat sarang tsb kemarin pagi gan pas berangkat kerja..tp pd hari tsb hampir seharian ane keluar kantor tujuan ane ya ke sarang tsb gan..hampir seharian ane observasi..dimana aja letak sarangnya dan apa aja yg hrs ane persiapkan utk ambil semua sarang. dibenak ane udah yakin banget mungkin kali ini rejeki ane dapat ratu master. ternyata betul apa kata agan..zonk emoticon-Sorry

kemungkinan betul apa kata agan bahwa ratu bersembunyi dilubang2 batang pohon..ato kalo gak mungkin di sarang kecil yg luput dari penglihatan ane gan..coz ane rasa semua sarang besar udah ane ambil..sarang kecil yg terlihat juga udah ane bungkus semua emoticon-Sorry

isi sarang yg ane dapatin:
- telur yg msh lebut..kecil2..ini ane ketahui setelah dipindah masuk dalam toples..lumayan banyak
- larva dan pupa caltu..perkiraan ane sekitar 20an
- caltu muda beberapa ekor..ane sebut muda krn warnanya masih coklat muda..perkiraan ane 5-10 ekor
- pupa jantan..sedikit
- tidak ada semut jantan sama sekali

oya gan..malam sebelum ane ambil sarang hujan lumayan deras..apa berpengaruh yaemoticon-Sorry

trs saran buat agan2 lain yang akan ambil sarang sebaiknya dalam kondisi kering..krn kalo agak basah susah waktu pemisahan dari dedaunan gan..lengket ke sarung tangan karetnya gan walaupun udah bolak balik ditaburi tepung..akibatnya banyak semut yg matiemoticon-Sorry

ratu

Quote:


Ratu cetakan alam biasanya sudah jadi antara bl juni - agustus gan. Itupun biasax bisa agan dapetin dari sarang utama
Quote:


berarti seharusnya kalo kita berburu diminggu2 ini peluangnya cukup besar ya gan
Halaman 147 dari 221


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di