fajarirfandadiAvatar border
TS
fajarirfandadi
Hal Sepele Menyia-nyiakan Shalat Jumat (Muslim Masuk)
ASSALAMUALAIKUM WARRAHMATULLAHI WABARAKATUH
Spoiler for :


Fenomena smartphone yg belakangan ini semakin menggila banyak kalangan dari yg bawah sampe kelas atas pasti banyak yg punya . ya gabisa kita pungkiri kalo dizaman sekarang penting sekali kita mempunyai smartphone , untuk pekerjaan , pendidikan , atau bisnis online dsb .
Disini saya mau membuat trhead tentang smartphone dan khotbah jumat .
Mungkin disini banyak yg sudah tau (Alhamdullilah) dan juga pasti ada yg belum tahu karna saya sering menemukan fenomena ini .
…….
Saya tidak tahu mereka itu tau atau tidak jika pada saat khotbah jumat kita dilarang untuk berbicara . tapi banyak sekali diantara kita masih tetap berbicara , mengobrol atau cerita .
Satu contoh : si A sedang berbicara dengan si B saat khotbah jumat dan datang si C memberitahu untuk DIAM karna sedang khotbah (takkala 3 orang tersebut melakukan ibadah shalat jumat yg sia-sia)
“Barangsiapa yang berbicara pada saat imam khotbah Jumat, maka ia seperti keledai yang memikul lembaran-lembaran (artinya: ibadahnya sia-sia, tidak ada manfaat, pen.). Siapa yang diperintahkan untuk diam (lalu tidak diam), maka tidak ada Jumat baginya (artinya: ibadah Jumatnya tidak sempurna, pen.).” (HR. Ahmad 1: 230. Hadis ini dha’if kata Syaikh Al-Albani)
“Jika engkau berkata pada sahabatmu pada hari Jumat, ‘Diamlah, khotib sedang berkhotbah!’ Sungguh engkau telah berkata sia-sia.”(HR. Bukhari no. 934 dan Muslim no. 851).
Apa ingin amal kita tidak dihitung ? tentu saja tidakkan . oke mulai hari ini kita harus mendengarkan khotbah jumat dengan seksama .

Bagaimana jika kita tidak berbicara tapi asik maen smartphone ? sama saja kita akan sia-sia datang kemasjid untuk shalat jumat . mana ada si kita bisa fokus mendengarkan khotbah dengan asik maen smartphone ??
“Semua hal yang diharamkan ketika shalat, haram juga dilakukan ketika sedang mendengarkan khotbah”.
Semisal makan, minum, ngobrol, bertasbih, menjawab salam, bercanda. Apalagi sampai main-main dengan hape, berfacebookan , dan kaskusan. Jika bertasbih saja mereka menganggap hal ini tidak boleh dilakukan ketika khotbah, apa lagi untuk perkara facebookan.
Haram = Dosa
Jadi bisa dipastikan dengan bermain smartphone diharamkan saat khotbah jumat .


Mulai jumat mendatang kita tidak maen smartphone !!
Oke mungkin segitu saja , saya sendiri bukan orang yg taat beragama masih sering lalai ibadah wajib , tetapi gada salahnya saya berbagi sedikit yg saya tahu .
Bagi agan kaskuser muslim seindonesia yg belum tau mungkin bisa baca ini dan tidak akan berbicara atau bermain smartphone saat khotbah jumat , bagi yg sudah tau mungkin bisa dikoreksi tulisan saya apakah ada yg menyimpang .
Sekali lagi saya tidak ada maksud apa-apa (sok agamis) saya hanya berbagi karna saya sering melihat fenomena ini disetiap masjid pada saat jumaatan .
Wassalammualikum …
4iinch
4iinch memberi reputasi
1
18.6K
94
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan