iws711Avatar border
TS
iws711
Pengalaman TES CPNS LKPP 2014
sedikit mau share pengalaman.. kali aja ada kaskuser yang senasib ikut tes CPNS 2014 khususnya di LKPP.

awalnya iseng-iseng aja coba CPNS tapi bingung mau ambil kementerian / lembaga apa emoticon-Bingung (S)
akhirnya hati jatuh pada LKPP dengan segudang pertimbangan. oiya LKPP itu Lembaga Kebijakan Pengadaan barang dan jasa pemerintahan RI.

seperti CPNS pada umumnya siapin berkas2 buat di upload ke website rekruitmen LKPP buat tes administrasi (foto, KTP, Ijazah, Transkrip, TOEFL, dll)

ane sempet jiper sih soalnya yang ngelamar ada 3000 orang gtu sedangkan jabatannya yang dibutuhkan cuma 95. dan ane yang S1 akuntansi cuma 6 orang yang dibutuhin LKPP.

ga lama eh dapet pengumuman buat print kartu peserta ujian dan ikut tes CAT di gedung oryza bulog. buat yang tes CAT ini ane dah sering coba2 simulasinya trus scorenya selalu dibawah 300. tapi optimis aja ngerjainnya dan ane usahain ga ada jawaban yang kosong (karena ga ana nilai minus). hasilnya cukup transparan gan, selesai tes langsung keluar nilainya cuma 312 emoticon-Sorry ga memuaskan banget tapi ya berdoa aja deh soalnya banyak bgt yang scorenya lebih gede.

ternyata ane lolos buat tes asesmen kompetensi. tes asesmen kompetensi di LKPP ternyata ada 2 hari. hari pertama ane tes di gedung oryza bulog dengan 280an pelamar yang lolos CAT. hari pertama itu ane psikotes dan ane lupa bawa pensil emoticon-Cape d... (S) alhamdulillah sebelah ane ada pelamar yang baik hati, namanya mba hani yang bersedia meminjamkan pensilnya.

psikotes ini berlangsung luaaamaaaaaa banget (lebay) emoticon-Ngakak

tesnya ada krapelin, gambar2, sama tes kepribadian gitu. buat yang sering ngelamar di perusahaan-perusahaan pasti dah biasa ma tes yang beginian. tapi yang aga berat menurut ane tuh krapelin, maklum aga lemot soal itung2an hehehehehe.... disini kita disuruh fokus selama 30menitan ngerjain krapelinnya. buat ane yang matanya silinder tuh angka udeh berbayang banget emoticon-Cape d... (S) tapi saran ane sih ga usah buru2 dan gausah terlalu memaksakan diri. cukup fokus dan daya tahan untuk menghitungnya.

tes asesmen kompetensi hari keduanya dilaksanakan di pusdiklat bulog. disini ane buta harus ngapain. ternyata disini dibuat kelompok diskusi gitu(1 kelompok ada 6-7 orang). kemaren itu tesnya kita dikasih waktu untuk baca 10 menit dan menentukan 3 anggota untuk masuk tim anti pemberantasan narkoba. nah disitu kita diminta berdiskusi bukan berdebat, ane saranin sih harus saling menghargai pendapat/opini grup. nah diakhirnya kita diminta kesimpulan diskusi.

setelah selesai diskusi yang bikin mulut kering, baru aja minum air putih seteguk ane langsung diminta masuk lagi sendirian buat diwawancara. disini ane ditanya alasan masuk CPNS padahal untuk kontribusi pemerintah ga harus jadi CPNS, trus ditanya kelebihan & kelemahan diri. ditanyanya kritis bgt emoticon-Sorry ampe ditanya terus2an. trus ditanya pengalaman selama 2-3tahun terakhir dan hal2 apa aja yang ane perbuat. disini pewawancaranya nanya terus ide/inovasi apa aja yang udah ane lakukan buat perusahaan tempat ane bekerja. kurang lebih 60menit ane wawancara dan alhamdulillah semua terjawab dengan lancar.

sempet lirik yang wawancara sebelah ane, dia sempet diem lama buat berfikir. ane tau banget tuh perasaannya, soalnya yang pewawancaranya lebih kritis daripada yang wawancara ane. selesai dari ruangan itu ane langsung ngacir pulang abis bingung mau ngapain lagi emoticon-Bingung (S)

pengumuman lolos tes asesmen ini tanggal 12 november 2014 besok ya moga2 aja lolos lagi, walaupun aga pesimis soalnya yang tes kemaren tampangnya udah expert banget sedangkan ane yang masih belom banyak nerima asem garem di pengalaman kerja cuma bisa ikhlas & berdoa aja.

segini dulu pengalaman tes CPNS ane. buat yang punya pengalaman yang sama bisa share juga ya emoticon-Smilie

moga2 pengalaman ane bisa bermanfaat buat yang lagi tes CPNS jg


ALHAMDULILLAH ANE LOLOS GAN.. MAKASIH BUAT DOA DAN NASEHATNYA YA.. THANKS....
Diubah oleh iws711 23-12-2014 15:13
anasabila
anasabila memberi reputasi
1
32.1K
234
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan