njepzAvatar border
TS
njepz
Bikin sendiri cemilan makaroni favoritmu
cuma mau sharing resep cemilan favorit.

Pada inget kan cemilan makaroni jaman '90an? Kriuk2, gurih yang bikin ketagihan.
Moga2 ga repost

Kepikiran untuk coba bikin sendiri gara2 sebelumnya beli online, ongkos kirim ama harga makaroninya ga sebanding, trs rasanya buat ane kepedasan ama terlalu asin.

Dari situ mulai ane cari2 di internet cara buatnya, dan menurut ane ga ada resep sesuai keinginan ane. Makaroni yang ane maksud yang ulir ya agan2 sekalian.

Ada yang bilang kalo ada makaroni khusus digoreng yang bisa dibeli di pasar swalayan, dll. Ane ke pasar swalayan tny pegawainya makaroni khusus digoreng, kata pegawainya ga ada dan dia bilang semua bisa digoreng. Ada juga yang bilang langsung goreng aja dengan minyak panas. (Ini cara yang sama kaya pegawai swalayan bilang)

Kalo ada yang perna coba makaroni mentah langsung digoreng, tau kan tu makaroni jadinya ga beda jauh ama mentahnya, keras banget dan rasanya kurang enak.

Kita langsung aja ke cara pembuatannya!

1. Semua makaroni ulir apapun bisa digunakan. Mau yang murah sampe yang mahal. Kalo ane lebih suka yang murah aja, ramah di kantong & lebih tipis makaroninya. Makin tebel makin keras.

2. Sekarang kunci resepnya. Makaroni ulir direndam air panas dulu gan, sekitar 10-15 menit, atau direbus sebentar, tujuan cuma untuk memasak setengah matang aja.

3. Triskan, buang semua airnya.

4. Nah, terus digoreng deh. Terkadang klo masih basah makaroninya agak lengket waktu digoreng. Cara misahin sama kaya waktu agan goreng kentang, kalo permukaan kentang uda mulai matang, mulai gampang misahin satu sama lain. Kalo nempel2 pun ga usah khawatir.
Cukup sampai kekuningan ya, terserah agan mau api panas atau sedang.

5. Tiriskan makaroni, taruh di atas pirin yang diberi tissue sebelumnya biar minyak berlebih terserap tissue. Kalau makaroni pada nempel, agan pisahin aja pake garpu. Pukulih makaroni yang nempel, nanti pada kepisah makaroninya.

6. Terakhir, masukin wadah bertutup (toples misalnya) tambahkan bumbu kentang goreng sesuai selera (klo ane paling suka rasa keju), garam secukupnya (jangan banyak2, soalnya dari bumbu kentang uda asin), terakhir bubuk cape sesuai selera (sesuaiin ama level pedas yang agan mau, ga suka pedas ya ga usa kasi bubuk cabe). Terus dikocok rata, biar bumbu merata ke semua makaroni

Uda deh, jadi ga pake tambah2 MSG alias micin, ga ada bahan pengawet. Ya paling ada MSG dikit dari bumbu kentang.

Sekian gan, sharing resep ane.
Silahkan dicoba.
Buat yang jualan, maaf ya

Buat yang mau kasi cendol saya terima dengan tangan lebar.

Nih foto makaroni buatan ane




Sorry polosan gan, pake tablet ribet pake emo2an
0
170.6K
66
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan