Banyak sekali keuntungan yang bisa didapatkan dengan menggabungkan video dengan teknik marketing. Sayangnya, hanya sedikit perusahaan, terutama perusahaan kecil, yang memanfaatkan keuntungan dari salah satu teknik marketing ini. Banyak orang yang tidak mencobanya karena dianggap susah untuk membuat sebuah video yang bagus. Ternyata, cara pembuatannya sangat mudah dan sederhana.
Spoiler for MATERI VIDEO:
1. Konten harus kuat
Konten yang memiliki isi berkualitas dapat ditunjukkan dengan berbagai cara. Beberapa perusahaan fokus untuk menonjolkan produk atau servis mereka dengan menggunakan konsep cerita. Salah satu contoh konten yang berkualitas adalah Apple dengan video mereka memperkenalkan iPad Air.
Anda dapat membuat sebuah konten sesuai dengan ciri khas produk. Apabila produk tersebut adalah mainan anak-anak, maka bisa membuat suatu video lucu dimana anak-anak tersebut sedang bermain. Tonjolkanlah fungsi dari produk tersebut serta nilai apa yang berharga dari produk anda. Konten ini tujuannya bukan menunjukkan kehebatan desain saja, tetapi apa kelebihan yang diberikan untuk pelanggan.
Spoiler for KONSISTEN:
2. Konsisten
Hal inilah yang susah untuk dipertahankan oleh setiap orang. Pada awal pembuatan video, anda tentu memiliki maksud yang baik untuk membuat video berkualitas. Seiring berjalannya waktu, rancangan itu bisa berubah secara perlahan tanpa disadari disebabkan karena deadline, biaya, serta berbagai faktor lainnya.
Berusahalah untuk menjadi konsisten setiap saat, terutama ketika membuat video. Jika anda tidak konsisten, tentu pelanggan pun juga bingung apa sebetulnya yang hendak disampaikan ke mereka. Hal ini tidak akan merugikan anda saja, tetapi membuat kompetitor akan berjaya diatas penderitaan anda. Salah satu cara untuk menanggulangi hal ini adalah membuat tulisan agenda pasti agar anda selalu konsisten dan mengikuti apa yang telah disepakati bersama.
Spoiler for KUALITAS SUARA:
3. Suara yang jernih
Video merupakan gambar yang bergerak, tetapi tentu saja harus disertai dengan suara yang bagus. Aspek yang utama bukan terletak pada video, tetapi apa yang pelanggan dengarkan. Hal inilah yang sering dilupakan oleh para pembuat video. Jika suara yang dihasilkan jelek, tentu pelanggan akan malas melihat lebih lanjut dan segera menutup halaman video tersebut.
Spoiler for JANGAN SEMPURNA:
4. Jangan terlalu sempurna
Terkadang, anda sering terjebak atau terlalu fokus dalam menganalisa apa kelebihan produk tanpa memperdulikan apa yang dicari oleh pelanggan. Bukan berarti anda harus membuat video dengan kualitas yang jelek, tetapi tidak perlu membuat suatu video yang benar-benar sempurna tanpa ada kesalahan apapun.
Cukup buat sebuah video sederhana untuk memperkenalkan produk tersebut. Tidak masalah jika terdapat sebuah kesalahan-kesalahan kecil didalam video. Justru, hal itu membuktikan kepada pelanggan bahwa anda tidak memproduksi sebuah mesin robot dan akan membangun koneksi lebih dalam dengan pelanggan.
Spoiler for HAVE FUN:
5. Bersenang-senanglah!
Meskipun tips ini sangatlah umum, tetapi inilah salah satu faktor utama. Apabila anda berada didalam tekanan ketika membuat video, tekanan tersebut akan terlihat di video dan kualitasnya berkurang. Produk tersebut bisa berubah menjadi tidak menyenangkan pula di mata pelanggan. Jangan mudah mengeluh dan selalu keluarkan ide-ide baru bersama dengan tim bisnis anda.
Menggarap suatu video marketing tidak memerlukan keahlian khusus seperti Steven Spielberg. Tujuannya pun juga bukan membuat sebuah video yang sempurna. Targetnya hanya satu, anda harus bisa menyampaikan pesan atau ciri khas produk kepada pelanggan melalui video tersebut sehingga pelanggan menyukai produk anda dan mau membelinya. Jangan terlalu berpikir panjang, coba dan belajarlah secara langsung.
Kalau berkenan, ane juga minta tolong rate bintang lima, sama rekomendasi agan agar trit ini jadi Hot Thread (rekomendasi di [URL="https://docs.google.com/…/1QGVu0Jq-mkrwv5iVmzS4hrA…/viewform"]SINI [/URL]gan).
Spoiler for ADA TIPS TIPS LAIN SEPUTAR USAHA NIH GAN, MASUK AJA...: