Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Shula08Avatar border
TS
Shula08
GUE SETUJU.....RI OUT dari G-20
Menteri Susi: RI Harus Keluar dari Forum G-20
Aries Setiawan, Arie Dwi Budiawati
Selasa, 11 November 2014, 20:47 WIB
VIVAnews - Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti meminta Indonesia keluar dari forum G-20. Susi menilai lebih banyak kerugiannya jika Indonesia tetap bergabung dalam kelompok tersebut.

Susi menjelaskan bahwa regulasi yang dibuat kelompok negara maju itu merugikan Indonesia. Di sana ada aturan bahwa produk impor seperti, pertanian dan perikanan dari negara berkembang dikenakan tarif 0 persen, sementara negara maju dikenakan tarif 14 persen.

Susi mencontohkan kerugian yang didapat Indonesia dari sektor perikanan seperti ikan tuna. Kata dia, produk tuna Indonesia dikenakan bea masuk 14 persen. Padahal, nilai perdagangan tuna dunia mencapai US$700 juta.

"Kita kehilangan 14 persen dari bea masuk tuna yang nilai perdagangannya US$700 juta atau US$105 juta," kata dia.

Sementara itu, lanjutnya, nilai perdagangan udang mencapai dua kali lipat dari nilai perdagangan tuna. Tarif yang dikenakan pada produk itu mencapai 10-14 persen.

Sedangkan negara berkembang seperti Timor Leste mendapatkan tarif nol persen untuk produk yang sama. Itulah yang menjadi alasan Susi mendesak Presiden Joko Widodo agar keluar dari kelompok negara tersebut.

"Saya minta ke Dirjen Pemasaran untuk menyurati ke Setneg atau apa. Kita keluar dari G-20. Buat apa kita ikut ke sana? Apa manfaatnya? G-20 itu negara mampu. East Timor negara berkembang. Mending jadi negara berkembang, tapi mendapat ratusan juta dolar," kata dia. (ita)
Sumber :Vivanews.co.id

Komen: gue setuju bgt indonesia out dr g-20 bukan hanya itu kalo perlu out dr WTO aja...karna lebih banyak ruginya..kalo mau ningkatin perdagangan lebih baik g to g aja..nga usa ikut forum dunia.....moga saran ini didenger jokowi....woy panastak tolong sampein ke jokowi saran gue ke dia.....
0
3.9K
49
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan