Siapa Bilang Mempertahankan Usaha/Bisnis Susah? Ini Tips-nya
TS
gamefreax
Siapa Bilang Mempertahankan Usaha/Bisnis Susah? Ini Tips-nya
Semuanya sepakat bahwa memang bisnis yang baik itu akan bertahan lama. Well, bisnis apapun yang kita jalani, memang harusnya long lasting dan tidak musiman. Tapi, yang jadi masalah sekarang adalah gimana sih sebenernya mempertahankan bisnis kita agar terus eksis dan selalu mendapat tempat dihati konsumennya walaupun tentu saja semakin banyak pesaing dan semakin beragam ide mereka untuk berbisnis. Berikut ini ada hal penting yang bisa diterapkan agar bisnis yang kita rintis tidak tergerus jaman.
Spoiler for KUALITAS:
1. Kualitas
Banyak sekali pebisnis atau pengusaha, apapun jenisnya ketika mereka sudah memiliki nama dan permintaan barang yang melimpah, mereka tidak lagi mempedulikan kualitas. Iya, memang benar orang masih akan terus mempercayakan produknya ataupn konsumsi mereka pada barang yang diproduksi, tapi itu hanya akan bertahan beberapa saat. Beda cerita dengan pengusaha yang menjunjung tinggi kepuasan pelanggannya. Mereka tidak akan segan menolak permintaan yang membludak karena khawatir kualitas produk yang nantinya dihasilkan akan menurun. Pengusaha jenis ini yang bakal terus bertahan walaupun semakin menjamur pebisnis lain yang mengikuti jejaknya. Ingat, Quality is a Choice, jadi selalu pertahankan kualitas, bukan kuantitas.
Spoiler for SMILING VOICE:
2. Smiling Voice
Mungkin ini hal lain yang jarang dilirik pengusaha. Padahal nih, suara adalah representasi dari perpaduan otak dan hati kita. Jadi selalu ingat untuk menanamkan keikhlasan dalam hati, niatkan untuk beribadah, padukan dengan sedikit senyum tipis ketika berbicara, dan pastikan anda berbicara dengan suara perut, bukan dengan otot leher. Maka lihat sendiri hasilnya, anda akan kaget bagaimana suara yang dihasilkan dengan perpaduan itu. Buat anda nih pebisnis muda yang sedang galau dan masih hijau dalam mempertahankan hubungan (selain percintaan), bisa memakai teknik smiling voice ini sebagai senjata mendapatkan hati pelanggan. Coba saja, it works.
Spoiler for KERAMAHAN:
3. Keramahan
Sebenarnya keramahan bisa masuk ke smiling voice yang sudah dijelaskan sebelumnya. Tapi, keramaha disini maksudnya lebih kepada bagaimana para pegawai dan karyawan memperlakukan pelanggan. Tugas sebagai pebisnis itu melatih pegawai bersikap adil pada semua pelanggan tanpa membedakan status sosial yang mungkin terlihat. Kadang tanpa disadari diskriminasi terlihat pada perlakuan saat transaksi berlangsung. Hal itu bisa saja melukai pelanggan tanpa disadari. Pegawai ini harus punya sense of respect yang bagus pada semua pelanggan, anda harus tegas untuk mempertahankan nama baik perusahaan.
Spoiler for JANGAN INGKAR JANJI:
4. Jangan Ingkar Janji
Ingkar janji itu hal paling menyebalkan untuk pelanggan dan sulit untuk diterima karena hal itu kaitannya dengan pelanggaran kesepakatan. Jika jadi pelanggan, juga tidak mau kan berada di posisi itu?. Kemampuan perusahaan untuk tepat waktu dalam pemenuhan pemesanan ataupun keinginan pelanggan menjadi hal riskan yang memang sulit dipenuhi jika tidak ada komitmen yang dipegang sebagai prinsip. Terus berusaha untuk bisa melakukan apa yang sudah perusahaan tawarkan pada pelanggan akan membantu kelancaran dan mempertahankan bisnis apapun. Selalu prioritaskan kepentingan pelanggan.
Ketika sudah bisa mendapatkan hati pelanggan, pada dasarnya mereka sudah merasakan kecocokan dengan bisnis dan produk yang ditawarkan, jadi sebenarnya mereka gak akan masalah dengan harga berapapun yang dipatok. Buat pelanggan yang sudah merasakan kualitas dan kredibilitas usaha anda berapapun harga yang ditetapkan bukan masalah. Jadi ikuti saja petunjuk diatas untuk mempertahankan bisnis anda. Rezeki itu sudah diatur Tuhan, hanya memang butuh usaha luar biasa untuk mencapainya.
Kalau berkenan, ane juga minta tolong rate bintang lima, sama rekomendasi agan agar trit ini jadi Hot Thread (rekomendasi di [URL="https://docs.google.com/…/1QGVu0Jq-mkrwv5iVmzS4hrA…/viewform"]SINI [/URL]gan).