Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ayah.rojakAvatar border
TS
ayah.rojak
Pria Ini Diadili karena Mengaku Brimob dan Menghina Capres
Pria Ini Diadili karena Mengaku Brimob dan Menghina Capres
SHUTTERSTOCK
ILUSTRASI

Selasa, 4 November 2014 | 17:48 WIB

SURABAYA, KOMPAS.com – Gara-gara mengaku sebagai anggota Brimob Polda Jatim dan menjelek-jelekkan calon presiden (capres) melalui jejaring sosial, Bram Jupon Janua (31), warga Sawotratap, Gedangan, Sidoarjo terpaksa mendekam di dalam penjara.

"Klu sampai negara ini dipimpin oleh pecatan Kopasus, tak terpikirkan olehq. Tkut’nya kjahatan akan mrajalela. Ya Allah aq hanya pnge hdup tnang, menangkan jokowi Ya Allah. Krna aq sngat ykin dgn kpemimpinan’nya Jokowi klu beliau bsa mnjdi presiden RI” demikian tulis pria itu dalam status Facebook miliknya.

Akun Facebook tersebut dibuat sejak 2009 dengan nama Candra. Kemudian, pada 4 Agustus 2014 lalu, dia mengganti nama akun tersebut menjadi Bripda Candra Tansil. Dia juga memasang foto profilnya dengan gambar seorang anggota Brimob.

Dalam status pekerjaan di akun tersebut, tertulis bahwa dia adalah anggota Brimob di Kompi 4 DenA Sat Brimobda Polda Jatim.

Perkara bermula setelah seorang anggota Brimob Detasemen Gegana yang berkantor di Jalan Gresik, Surabaya membaca status tersebut. Lalu, Kasat Brimob memerintahkan untuk menelusurinya, dan akhirnya ditemukan.

Lalu, Bram Jupon Janua digelandang petugas. Dia hanyalah warga biasa yang mengaku-ngaku sebagai anggota Brimob. Kasusnya terus berlanjut sampai ke persidangan.

Senin (2/11/2014), dia kembali menjalani sidang dengan agenda meminta keterangan saksi. Dalam hal ini, majelis menghadirkan dua orang anggota Provost Polri.

”Kami yang menjemput terdakwa saat diamankan di Mako Brimob. Saat itu, dia sudah diamankan di sana,” ujar saksi dalam sidang yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Surabaya, Senin siang.

Dari sidang ini, diketahui bahwa dalam menjalankan aksinya itu, terdakwa mengoperasikan akun jejaring sosialnya menggunakan telepon seluler.

”Termasuk saat menulis status dan mengganti profilnya itu, dilakukan lewat handphone milik terdakawa,” kata jaksa Nining Dwi Ariany, seusai sidang.

Dalam perkara ini, terdakwa dijerat pasal penghinaan dan atau pencemaran nama baik sebagaimana diatur dalam Pasal 27 ayat 3 Undang undang nomor 11 Tahun 2008 tentang ITE.

”Kami juga mengajukan dua saksi ahli dalam persidangan ini. Mereka berasal dari ahli hukum pidana serta ahli informasi dan teknologi. Berdasar keterangan ahli tersebut, perbuatan terdakwa bisa disebut penghinaan,” lanjut jaksa Nining.

[URL]http://regional.kompas.com/read/2014/11/04/17480501/Pria.Ini.Diadili.karena.Mengaku.Brimob.dan.Menghina.Capres [/URL]


Asik dapat duit puluhan juta dari kubu sebelah, cium tangan dan uang saku dari capres (bukan ibu capres)\emoticon-Big Grin/

Kalau pihak yang dirugikan satuan brimob emoticon-norose
Diubah oleh ayah.rojak 04-11-2014 11:34
0
7.8K
113
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan