Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

jamescharlesAvatar border
TS
jamescharles
Jokowi "harus" jelaskan penunjukan Ryamizard Ryacudu
Terpilihnya Ryamizard Ryacudu sebagai menteri pertahanan dalam kabinet Presiden Joko Widodo menuai kritik karena Ryamizard dianggap pernah melanggar hak asasi manusia di masa lalu, seperti yang diungkap pegiat HAM Haris Azhar.

"Dia (Ryamizard) bicara secara terbuka bahwa demokrasi dan hak asasi manusia adalah ancaman buat NKRI. Dia bilang bahwa pembunuhnya Theys (Eluay) itu sebagai pahlawan NKRI," kata Haris.

Ryamizard Ryacudu ialah seorang pensiunan jenderal. Dia pernah menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat di bawah mantan Presiden Megawati Soekarnoputri.

Saat menjabat sebagai KASAD tahun 2003, Ryamizard dianggap membela aparat militer yang diduga membunuh tokoh kemerdekaan Papua Theys Eluay.

Namun Ryamizard Ryacudu membantah hal tersebut.

"Kamu tahu almarhum Munir? Sebelum meninggal ada satu omongannya dia: 'Satu-satunya jenderal yang tidak tersangkut HAM adalah Jenderal Ryamizard','' kata Ryamizard ketika menjawab pertanyaan wartawan BBC Indonesia Heyder Affan.

Menanggapi pernyataan tersebut, ketua Aliansi Jurnalis Independen Papua Victor Mambor mengatakan pernyataan Ryamizard bahwa dirinya bersih dapat dikatakan oleh siapa pun.

Kehilangan kepercayaan

Menurut Victor, sebagian besar warga Papua merasa kecewa dan kehilangan kepercayaan atas terpilihnya Ryamizard sebagai menteri pertahanan.

Karena Ryamizard sudah dilantik, Victor menilai ada langkah lain yang bisa ditempuh Jokowi untuk tetap memiliki kepercayaan rakyat Papua.

"Kita juga tidak ingin Jokowi mengganti atau merombak kabinetnya karena dia baru mulai kerja. Tapi yang paling penting Jokowi harus menyampaikan kepada rakyat Papua, kenapa dia memilih Ryamizard," kata Victor kepada wartawan BBC Indonesia, Rizki Washarti, Senin (27/10).

Theys Eluay ditemukan tewas di mobilnya pada November 2001. Menurut penyidikan, pembunuhan ini dilakukan oleh oknum pasukan elite Kopassus.

Beberapa pelakunya kemudian dipecat secara tidak terhormat dan dunia Internasional mengecam pembunuhan Eluay.

Tetapi Ryamizard membela para anak buahnya tersebut.

Sumber : http://www.bbc.co.uk/indonesia/berit...amizard_kritik

Bukannya Organisasi Papua merdeka itu termasuk kegiatan makar dan mengganggu NKRI?
bullsyit dengan ancaman pelanggaran HAM, Indonesia harus punya "kekuatan" untuk melawan tekanan asing.

kira-kira Alutsista apa ya yang cocok di taruh di Papua utk menumpas OPM?
0
10K
79
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan