Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

themaruapeyAvatar border
TS
themaruapey
[Tebakan Terbukti] Anggaran Kartu Indonesia Sehat Gunakan BPJS
Sumber: http://m.cnnindonesia.com/nasional/2...-gunakan-bpjs/

Jakarta, CNN Indonesia -- Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan tengah menyiapkan program yang fokus pada persoalan kesehatan, pendidikan, dan kesejahteraan masyarakat. Di bidang kesehatan, akan diluncurkan Kartu Indonesia Sehat (KIS) yang anggarannya memakai dana Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

"Untuk KIS menggunakan anggaran dari BPJS. Kalau tahun ini sebesar Rp 20 triliun kurang lebih," kata Sekretaris Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2TK) Bambang Widianto kepada CNN Indonesia di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, Jakarta, Jumat (31/10).

Menurut Bambang, kartu Indonesia sehat yang akan diluncurkan pada 3 November masih merupakan tahap awal. Pemerintah juga masih akan memperbarui data penerima kartu tersebut. "Tahun depan akan di-update data terbaru," ujar Bambang.

Menteri Kesehantan Nila Moeloek mengatakan, penerima kartu Indonesia sehat tahap pertama sebanyak 432 ribu yang sudah ada di BPJS. Nila mengklaim kartu yang digagas Presiden Joko Widodo memiliki perbedaan dengan produk sebelumnya yaitu menyasar penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) dan bayi baru lahir. "Kartu ini sudah terintegrasi dengan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). JKN akan diubah kartunya menjadi KIS, hanya ganti kartu dan menyempurnakan program JKN," tutur Nila.

Bambang dan Nila ikut hadir dalam rapat koordinasi yang digelar Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, bersama Menteri Kebudayaan, Pendidikan Dasar dan Menengah Anies Baswedan; Menteri Sosial Khofifah Indar Parawansa; Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara; Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise; serta Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi Marwan Jafar.

Kartu Indonesia sehat termasuk dalam program keluarga produktif yang akan diluncurkan Jokowi, 3 November mendatang, bersama kartu keluarga sejahtera dan kartu Indonesia pintar. Meski belum diluncurkan, kartu Indonesia sehat telah dibagikan kepada para pengungsi yang menjadi korban erupsi Gunung Sinabung. "Akan diusahakan, masih ada kendala karena wilayah. Seluruh pengungsi nanti dapat KIS dan KIP," kata Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani.
-----------------------------------------------------------------
"orisinil" sekalee ... dan tebakan saya dulu pun terbukti, tinggal ganti baju dan jreenggg ... jadilah KIS emoticon-Ngakak
0
14.7K
315
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan