udinsukocoAvatar border
TS
udinsukoco
sepenggal tulisan tetang papua
catatan: tulisan ini tidak mewakili apa yang dirasakan oleh rakyat papua, hanya opini penulis semata.

maaf kalo ga rapih, ane nulis lewat hp.

Pada malam kemerdekaan RI, 2 orang pengikut OPM (operasi papua merdeka) menghina Indonesia dengan mural like opm, f*ck indonesia.

Miris? Ane sih kaga, biasa aja.

Papua itu pulau yang kaya, kalo ane
itung quantitas potensi alam mereka dikali nilai jualnya, Insya Allah kalkulator ane yang merek karce itu langsung Innalillahi.

Konon katanya ngorek ngorek tanah
disana bukan cacing yang lu dapetin, tapi lu bisa dapetin barang tambang yang merupakan komoditi dengan nilai jual yang tinggi. Beuh, mantep kan? Coba bayangin betapa (harusnya) kaya tukang gali kubur
disana.

Tapi ibarat tukang gali kubur yang ga pernah pake tuh kuburan buat nguburin dirinya sendiri. Kekayaan alamnya yang mungkin ga akan abis dipake foya foya sama seluruh orang orang papua itu paling cuma dinikmati segelintir orang orang papua. Lupakan ekspansi freeport dan antek antek asingnya. Coba tanya kenapa sama pemerintah pusat di Jakarta. Itulah yang dorong papua merdeka bereaksi, penggondolan hasil alam mereka tidak berbanding dengan pembangunan insfraktuktur. Kalo kita dijawa enak, bogor tegal lewat pantura pake mobil. Bayangin mahalnya kalo mau ke kota naek pesawat.

Ah dulu perasaan ada presiden yang ngaku ngaku bapak pembangunan nasional. Percaya sih, coz freeport juga ada pada jaman dia

Papua itu ibarat apa ya? Ane agak bingung menganalogikan. Mungkin ibarat gadis cantik yang di rayu om om pejabat. Setelah dirudapaksa di tinggal gitu aja. Nah opm merasa sebagai saudara harus menuntut balas.

Ane masih inget pada saat sd belajar sejarah tentang tri komando rakyat yang di gaungkan sukarno. Intinya agar merebut irian barat kembali bergabung dengan NKRI tapi setelah gabung malah di campakan. Sama pasangan aja ga enak di campakan, apalagi sama negara??

Mirisnya, ga cuma papua yang kaya
gini, hampir semua pulau yang jaraknya jauh dari jakarta udah pasti tertinggal dalam pembangunan. Kalo ente ngerasa berat ngomongin pemerataan pembangunan, ente tanya aja harga air minum di daerah kalimantan, dan bandingkan dengan harga di pulau jawa. Signifikan ga?Padahal lebih banyak mana sumber air antara Jawa dan kalimantan

Bukti kalo sumber alam daerah di eksploitasi abis abisan dan hasilnya di nikmati orang kota adalah berapa
banyak sih sumber daya alam jabodetabek? Apa cukup buat bikin jalan raya di dki jakarta??

NKRI harga mati cuma jargon yang ditanamkan di otak kita dengan ABRI yang diberikan tanggung jawab untuk menjaganya. Pemerintah kita lebih suka menumpas orang orang yang kadung kecewa sama pemerintah daripada mendengarkan apa yang rakyatnya butuhkan.

Sampe kapan? Sampai semua daerah yang di eksploitasi menuntut untuk merdeka dibanding dijajah negara sendiri?

semoga saja tidak

#savepapua
#nkrihargamati


sumur
Diubah oleh udinsukoco 01-11-2014 17:23
0
1.6K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan