Permisi gan, ane gak bermaksud bikin ribut di forum Regional Jogja, tapi yaa mau gimana lagi, ane udah terlanjur kecewa dengan salah satu tempat servis barang elektronik di jogja lebih tepatnya servis mainboard
, soalnya ane udah mengikhlaskan barang ane yang gak di kembaliin sama tukang servisnya
Awalnya, antara bulan Mei dan Juni, Laptop ane rusak gara-gara kena air,kondisi charger gak mau masuk, tapi laptop tetap bisa nyala,
awalnya ane bawa ke tempat paman ane, yang orang jogja (ane hanya numpang kuliah di jogja gan, ane bukan orang asli jogja

) buat di cariin tempat servis laptop, kali aja beliau punya kenalan tempat servis laptop dengan harga terjangkau oleh mahasiswa gan
Ternyata paman ane gak punya kenalan tempat servis dengan harga terjangkau, ada sih kenalannya tukang servis tapi katanya harganya gak masuk akal
Berawal dari situ, paman ane muter-muter di kaskus, buat nyari jasa servis mainboard laptop, dan ketemulah paman ane dengan trit
INI, langsung aja paman ane telpon ke nomor yang ada di trit tersebut, hari itu juga,awalnya paman ane menanyakan, apakah bisa servis mainboard laptop juga, karena di tritnya si TS hanya menerima servis mainboard PC dan VGA PC. Setelah di tanyakan, TS mengiyakan kalau dia juga menerima servis Mainboard Laptop.
Setelah mendapatkan kesepakatan,laptop ane antar ke rumahnya ke esokan harinya, karena TS tidak buka lapak hari minggu.
Senin sore ane antar laptop ane ke rumahnya di Jalan Godean KM 7 (kalo gak salah, lebih lengkap maen aja ke tritnya, ada kok peta lokasinya), sesampai di tempatnya, ane jelasin kerusakan laptop ane apa,dan penyebabnya apa,setelah ane ngasih tau kerusakan laptop ane, dia nyuruh ane tinggalin dulu laptop ane buat di periksa kerusakannya dimana.
Ane di berikan nota servis dengan rincian seperti ini :
- Acer 4738Z
- Ram 2 biji
- No HDD
- No ODD
Nah setelah dia menulis nota seperti diatas, ane berpamitan untuk pulang, sebelum pulang,dia nanyain, chargernya mana, dan ane pun ambil charger dari tas ane,dan ngasih charger ane, TAPI, dia tidak menulis ulang di nota bahwa ada tambahan charger laptop ane, dan dia langsung bilang ke ane untuk menunggu sekitar 5-7 hari untuk pemeriksaan, dan bodohnya ane, ane gak minta ke dia untuk menulis ulang di nota ada tambahan charger laptop ane.
Okelah, ane tunggu laptop ane buat di periksa sama dia. Sekitar kurang lebih seminggu ( di minggu awal) ane SMSin orangnya,nanya kerusakan laptop ane apa, tapi orangnya belum bisa menemukan kerusakannya di mana, ane nunggu lagi sekitar 1 mingguan lagi, laptop ane masih belum ketemu kerusakannya
Di minggu ke tiga baru ketemu laptop ane kerusakannya di mana, dan dia bilang kalo gk punya partnya, yaa ane nunggu lagi sampe dia nemu partnya, komunikasi sama si tukang servisnya lancar-lancar aja sampai di minggu ke tiga
Tapi mulai minggu ke 4, tukang servisnya mulai menunjukkan "aslinya", sms ane jarang di balas,tiap ane SMS di hari keduanya baru di balas, jadi kalo ane sms hari ini, gak di balas, besok ane sms lagi baru di balas sama orangnya,ane jadi malu sendiri 2 hari berturut2 nanya kejelasan laptop ane bagaimana,tapi jarang dibalas sama orangnya
Sampai pada akhirnya,ane maen2 ke tritnya lagi, ane liat postingan dari tukang servisnya,
"kalo mau nanya kejelasan barang, harap cantumkan nama dan barangnya"
Okelah ane ngaku,selama ini ane nanya bagaimana perkembangan laptop ane gak pernah nyantumin nama dan barang ane apa,ane ikutin maunya si TS buat nyantumin nama dan barang kalo nanya perkembangannya bagaimana.
Awal-awal sih respon bagus, tapi seminggu kemudian, penyakit lama kumat lagi,SMS ane jarang di balesin lagi, sampe pada akhirnya, mungkin capek kali ya ane tagih terus, dia menyarankan untuk mindah tempat servisan di jalan Raya Tajem,belakang lotte mart
Ane ikutin saran dari dia, ane datang ke tempatnya buat ambil laptop ane tanggal 15 Agustus 2014
Ane datengin rumahnya jam 10 pagi,sampai dilokasi,ane dipersilahkan masuk ke tempat kerjanya, ane liat laptop ane diatas meja kerjanya, dalam kondisi banyak debunya (mungkin gak pernah di sentuh laptop ane)
Pas ane ngambil laptop ane, laptop ane di serahkan dalam kondisi baut banyak yang gak kepasang, ane bilang sama tukang servisnya, buat dilengkapi bautnya,baut laptop ane selesai dilengkapi, plus dengan alasan tambahan kalo baut sebelah kiri, dibawah engsel udah doll,ane sih iyain aja,kalo beneran udah doll
Laptop udah kelar di baut, terus di serahin ke ane ditambah ane dikasih charger gak tau tuh charger punya siapa, asal comot charger yang nganggur,emang sih charger yang di kasih sama-sama buat Acer, tapi charger yang dikasih tu buat Netbook acer, keliatan dari adapternya yang kecil (pengalaman selama ini, ane liat charger netbook acer, rata-rata adaptornya kecil semua). Yaa ane bilang lah, kalo itu bukan charger ane, soalnya ane gak mau asal ambil charger orang lain, walopun kabel konektor charger ane ke laptop udah agak kepelintir2, yaa walopun ane di kasih charger yang lebih bagus bentuk fisiknya, ane tetap gak mau ambil, karena itu bukan punya ane, dan bukan hak ane, kan gak enak kalo orang lain dapat charger ane, dengan kondisi fisik yang agak usang gitu.
Si tukangnya nyari lagi charger ane, di bongkar-bongkar tempat kerjanya, sambil nanya, ciri-ciri fisik charger ane gimana, yaa ane kasih tau, kalo charger ane adaptornya gede, terus kaki colokannya ada 3+terminalnya warna putih, dengan stiker info tegangan di adaptornya.
Tukangnya asal comot charger lagi, emang sih charger yang dikasih adaptornya agak besar, tapi terlalu besar untuk laptop acer keluaran 2010 ke atas, setahu ane charger dengan adaptor sebesar itu,buat acer keluaran lama, ya udah ane bilang lagi kalo itu bukan charger ane, tukangnya mulai mencari lagi.
Sambil nunggu tukangnya nyari charger ane, ane punya perasaan gak enak sama laptop ane,kebetulan ane biasa bongkar-bongkar laptop, ane pinjem obeng yang ada disana, dan ane bongkar lagi laptop ane.
Dan agan-agan di sini tau gimana kondisi laptop ane setelah ane bongkar lagi di lokasi??
Kondisinya seperti ini :
- Debu di sana-sini, padahal kalo di ane
- Ram 1GB hilang (dikembaliin dengan lagi-lagi asal comot RAM dari netbook orang lain, yang nganggur di tempat kerjanya)
- Module WiFi Hilang (lagi-lagi asal comot WiFi yang nganggur)
- Baut mainboard gak kepasang
- Kabel keyboard lecek
- Pengunci batrei longgar
- Baut yang dibilangnya udah doll, pas ane coba pasang lagi, kondisinya baik-baik aja, ada kemungkinan, tukang servisnya ngasal pas ngerakit ulang laptop ane.
Mungkin ada sekitar setengah jam dia mutar-mutar nyari charger ane, sampai nelpon temennya, charger ane tetap gak ketemu juga, dan diapun nyerah, sambil bilang ke ane, chargernya menyusul aja, ntar kalo udah nemu, di SMS
Dan disini, ane mengulangi kebodohan lagi, ane gak minta untuk dibuatkan nota lagi kalo charger ane belum diambil,ane percaya-percaya aja kalo charger ane bakalan di balikin, kebetulan juga pada saat itu ane lagi buru-buru, ane maen tinggal aja lokasi tukang servisnya.
Okelah ane nunggu lagi charger ane dicariin sama dia
Selang 5 hari kemudian, ane nanya tentang charger ane, udah nemu atau belum,si tukang servis bilang kalau belum nemu.
Okelah ane nunggu lagi. Sekitar 2 minggu sejak ane datengin rumahnya, ane nanya lagi charger ane udah nemu atau belum,dan balasannya agak gak enak kalo menurut saya, mungkin dia agak marah,isi SMSnya kurang lebih seperti ini "Mas saya bilang kalo charger udah nemu, saya yang SMS". Ane diemin lagi, ane nungguin lagi,sambil ane nunggu, ane maen-maen lagi ke tritnya,dan ane nemu postingan dari dia yang agak menggelitik,isi postnya seperti ini
Wow,masa iya respon seperti itu, dengan alasan mau irit pulsa

, iya kalo pelanggannya punya BBM,kalo gak gimana?masa harus beli hp yang bisa BBM dulu supaya si tukang servisnya bisa ngirit pulsa
berlandaskan post tersebut,ane nanyanya gak lewat SMS lagi, sekarang lebih canggih ane nanyanya

, ane nanya lewat Whats App
isinya seperti ini
nah mulai dari situ, ane ngeliat si tukang servis lepas tangan tentang keberadaan charger ane,whats app terakhir ane gak dibalas, mungkin mau HEMAT paket data

, ane SMS pun gak dibales mungkin mau hemat pulsa
NB: Bagi yang percaya, silahkan, bagi yang tidak juga silahkan, ane gak maksa kaskuser jogja buat percaya sama keluhan ane
Untuk kedua kasus diatas, ane udah mendapat persetujuan dari yang ngepost untuk dijadiin yaaa bisa dibilang barang bukti kekecewaan lah dari pelanggan lain
Sekian Surat Terbuka dari ane (baca Keluahan) mohon maaf apabila ada salah kata dan maaf kalo trit ane berantakan, pertama kalinya ane buat surat terbuka seperti ini,ane juga udah nulis ditritnya,tapi gak ada tanggapan dari orangnya,