CARI
KATEGORI
KATEGORI
Informasi! Baca info terupdate seputar virus corona di sini
Home / FORUM / All / Tech / ... / Hardware Computer /
Problem komputer!! tanya ksini.. pc clinic!! - Part 6
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5413749f12e2576c268b456e/problem-komputer-tanya-ksini-pc-clinic---part-6

Problem komputer!! tanya ksini.. pc clinic!!

Tampilkan isi Thread
Thread sudah digembok
Halaman 20 dari 501
Gan, kalo kompi kadang sering mati sendiri itu gara2 PSU ga kuat ya?

ane PSU standar bawaan casing 240W kalo ga salah
Mobonya Gigabyte H81M
VGA ATI HIS 5500 Series IceQ
HD Intel SSD 120GB
prosesor i-5

apa karna ga kuat ya dayanya? sama kadang2 sering kedap-kedip gitu monitornya itu kenapa ya gan?
Quote:

udh download dr situ om GAGAL juga emoticon-Sorry


jadi begini pas sebelom USB di colok ke port di lepi itu printer nyala, dan pas install driver kan disuruh nyolok USB sama IDUPIN POWER.. nah pas USB udh di colok, itu tombol power ga mau di ON in .. pas USB di cabut lagi nyala lagi itu power button nya emoticon-Ngakak
Mau numpang nanya sama masta2 di sini. Ane rencana mau beli laptop yang sederhana emoticon-Malu (S) . Yang ane mau tanya, kalo kecepatan procienya cuma 1 Ghz ( AMD DualCore E1-2100) dengan RAM 2 GB, OS win 8.1, VGA AMD HD7310, memadai ga yah untuk bikin brosur, banner dan edit foto yang sederhana? Pas proses bakal bolot ga yah? emoticon-Bingung Mohon pencerahannya. Tengkyu.
Quote:

thanks gan penjelasannya,
setelah dibersihkan & dicek kipasnya RPM sampe 3800-4000an, suhu pertama dinyalakan sudah 70c, jika dipakai terus2an bisa 85c lebih, ini memang model processornya panas atau karena apa ya gan?

Diubah oleh dhinilouva
Quote:

ane coba jawab ya...
mungkin bisa aja gan PSU nya gk kuat tuh...
klo gk cek suhu processornya menggunakan aplikasi hw monitor ato sejenisnya...
karena ane jg pernah ngalamin mati mendadk gara2 suhu processor overheat.
maaf klo asal tebak.. masih newbie..

Quote:


tega amat gan spek diatas dikasih cuman 240 watt, bawaan casing pula emoticon-Embarrassment
iya itu karena kurang daya gan udah jelas , vga agan kurang daya jadinya kayak gitu emoticon-Big Grin coba aja dicabut vganya trus pake gpu bawaan intel nya, mungkin jadi rada stable emoticon-Embarrassment

naikin lagi power supplynya jadi kisaran 450-550W aja (no psu abal2 ya), biar enak ada spare room kalo mau nambah perangkat atau upgrade vga ntar emoticon-Big Grin

Quote:


mungkin bisa aja itu ada yg ga beres kabel usb nya gan emoticon-Thinking coba tuker dlu sama yg lain kabelnya emoticon-Big Grin

Quote:


untuk selanjutnya mungkin bisa mampir ke thread ini ya gan buat nanya spek laptop lebih lengkapnya, tapi ane coba bantu dulu emoticon-Embarrassment

ane pribadi pernah review ini cpu gan emoticon-Big Grin ya tenaganya bisa dibilang basic banget. karena peruntukannya emang untuk ngejer battery life. emoticon-Big Grin

untuk browsing sih fine aja asal ngga untuk situs yang extensive flash nya atau html5 videonya emoticon-Big Grin

untuk content creation (image) kayak agan yg disebut diatas mungkin sedikit rada pelan tapi kayaknya bakal fine. kalo bisa sih yg diatas itu gan spek nya emoticon-Big Grin


Quote:


itu udah jelas overheating (kepanasan) gan cpunya emoticon-Big Grin agan pasti ngerasa lebih lemot pc nya soalnya cpunya udah muai ngalamin thermal throttling (nurunin clock automatis biar njaga suhu ngelewatin titik maksimal.) kalo agan paksain ntar kadang2 pc agan mati sendiri karena saking panasnya dan cpu agan memutuskan untuk shutdown ketimbang kepanasan emoticon-Embarrassment (kalo dipaksa bisa ngerusak cpunya itu sendiri emoticon-norose )

coba agan bersihin dlu debunya di kipas dan komputer agan keseluruhan
(kipas dan kawan2). abis itu bongkar cooler cpunya, bersihin sisa pasta yang ada disitu pake alkohol (atau yg penting bersih aja dari sisa pasta yang lama). abis itu pasang lagi pake pasta baru, ane rekomendasiin yg agak bagusan ya gan pastanya emoticon-Big Grin. abis itu pasang lagi kayak semula (pastiin ke 4 pin nya kepasang yang bener ya gan) emoticon-Big Grin

untuk pentium d 925 sendiri suhu idlenya aslinya sekitar 40-50 an emoticon-Big Grin

atau kalo agan mau agak extrim lagi ya bisa pake cooler yg bagusan lg kayak cm212 dan sebagainya emoticon-Big Grin
berarti kalo masalah monitor kadang kedap-kedip no signal itu karna VGA gak dapet daya yg cukup?

PC restart

Malem gan, ane mau tanya nih soal pc ane
pc ane sudah 1 bulan ini kalau dipake buat main dota 2, photoshop cs 6 atau game" yang agak sedikit tinggi spec nya kenapa ya suka restart. terus kadang kalau sudah dipake browsingan lama dia restart sendiri. tapi nanti begitu mau nyala belum sampe tampil bios dia restart lagi.
jadi kadang ane harus matiin saklar yang ada di psu nya kira" 2-3jam baru bisa dipake normal lagi. diliat dari suhu nya sih normal, cuma ane masih bingung masalahnya dimana.
Spec pc ane :
Mainboard gigabyte H61M-DS2
Processor i3 ivy bridge 3210 @3.20Ghz
Ram 4GB
VGA AMD radeon HD 5600/5700 (tipe spesifiknya lupa)
PSU FSP Hexa 400W

mohon bantuan dari para mastah"
terima kasih sebelumnya
ini kira2 kenapa ya? mau maen GTA4,
baru aja instal tapi pas mau dimaenin keluar beginian.
Problem komputer!! tanya ksini.. pc clinic!! - Part 6
registry nya ilang/corrupt kah? emoticon-Bingung (S)

OS Windows 8.1 Professional emoticon-Bingung (S)
Spoiler for quote:


PSU 450W yang abal2 gan emoticon-Malu (S)
cara yang pertama udah ane coba, dibersihin pake penghapus, trus slotnya dibersihin juga, tapi masih ga kedetect...ane belum sempet nyobain ke PC temen sih, soalnya ane juga feeling mobonya nih yang rada-rada ngaco emoticon-Ngakak
Diubah oleh coffeeaddicted

help please :(

Dear agan agan suhu

Laptop saya SONY VAIO VGN-FZ15G yang baru aja install vista 64 bit (setelah install 7 32 & 64 ga support. Akhirnya install vista home premium supaya support)

Nah, problem sekarang adalah soal driver driver nya gan. Yang ane mau tanyakan sampe sekarang webcam nya bener bener ga bisa digunain. Udah pake drive identifier beserta teman temannya ga bisa jg sampe skrng.
Help me gan gimana caranya emoticon-Frown


Thanks berat
Quote:


banyak faktornya sebenernya tapi kalo untuk masalah agan saat ini paling gede kemungkinan ya itu, kurang daya. ngetesnya coba lepas vga dari komputer agan, ntar tinggal pake vga bawaan dari prosesornya. kalo lancar brarti ya itu.

cek juga vga nya di pc yg lain, siapa tau juga bisa artifak vga nya emoticon-Big Grin

Quote:


coba cek suhunya baik2, agan ngeliatnya pas lagi idle atau pas lagi max? emoticon-Embarrassment
paling bagus memang kalo ngetes pas lagi di benchmark atau aplikasi yg butuh beban cpu yg gede. bisa pake aplikasi OCCT, tapi cermatin dlu make aplikasi ini soalnya emang aplikasi ini emang untuk ngetes suhu maksimal cpu agan emoticon-Embarrassment

idle yg aman sekitar 30-45 (lebih dikit ga apa2). untuk benchmark atau gaming, sebisa mungkin dibawah 65-70. diatas itu sudah termasuk overheat untuk sekelas prosesor agan emoticon-Embarrassment

bisa pake aplikasi hwmonitor untuk ngecek suhu kesuluhan komponen pc agan emoticon-Big Grin

Quote:


udah pasang Games for Windows - Live nya belum gan? emoticon-Big Grin

Quote:


ya udah dites aja dulu gan, cek juga psu nya. siapa tau juga bermasalah sebelum dia minta tumbal. hehehe emoticon-Big Grin

Quote:


emang gimana ceritanya gan kok bisa ga support windows 7? emoticon-Thinking

agan pake driver dari cdnya kah? emoticon-Thinking

coba download yang paling baru disini, sesuain dengan os agan emoticon-Embarrassment .

untuk dibawah 4GB ramnya, pasang windows 32 bit aja (bisa juga 64 kalo ada aplikasi yg butuh 64bit), ketimbang windows vista, windows 7 atau 8 dan 8.1 lebih direkomendasiin emoticon-Big Grin

edit: ternyata driver dari situs utamanya udah ga dilanjutin juga. gini aja gan berarti agan kudu download drivernya satu2, misalnya untuk vga dlu, abis itu untuk wirelessnya, terus sampai kepasang semua emoticon-Big Grin

atau bisa diakalin drivernya pake yg dari cd nya pake update driver pake .inf emoticon-Big Grin (basicnya win vista sama 7 dan 8 itu sama aja untuk masalah driver, jadi kadang kadang bisa saling subtitusi) emoticon-Big Grin
Diubah oleh sci.fi.man
Quote:


agan tau sendiri lah sony vaio tuh blekete bin balehe kalo soal supporting windows dia kekeuh sama bawaan pertamanya emoticon-Big Grin

cd driver bawaannya ane ga ada agan suhu. Lalu kalo pasang 32-bit agan suhu rekomendasiin 8.1 nih? meleduk ga nanti gan suhu? emoticon-Big Grin

Oh iya satu lagi pertanyaan. Dlm download driver driver ini kalo di beberapa tmpt download kenceng nembus 200kb tapi kalo download dr web support sony yg agan kasih + waktu mau download net framework 4 dr web official microsoft kenapa cuman kena 10kb ya ? itu jg mandek mandek

Trims emoticon-Big Grin
Quote:


udah gan.. apa coba reinstal atau repair lagi ya? emoticon-Bingung (S)
Quote:


hehehe ya ngga lah gan, win 8.1 malah jauh lebih baik dalam management memory nya, dan lebih enteng emoticon-Big Grin

untuk masalah speed ya namanya beda server beda juga speednya emoticon-Big Grin.

mending gini aja, untuk vga agan bisa ambil dari situs nvidianya (8400 kan?)
trus untuk yang lain mungkin bisa cek dari device manager yang sekarang (yang udah kepasang semua drivernya), ntar tinggal cari satu2 di situs chip-maker nya emoticon-Big Grin kalo misalnya webcam coba kalibalin sama yang sekarang aja emoticon-Big Grin

oh iya, biasanya kalo windows yg baru 7 atau 8 biasanya udah support legacy devices langsung, ga perlu pasang driver lagi (pake WDDM), tapi cek aja lagi siapa tau masih ada aja yg belum keinstal drivernya emoticon-Big Grin

setau ane sih divisi vaionya sony kan udah di jual sama sony nya gan ke Japan Industrial Partners jadi support ke vaionya ya gitu deh, terbengkalai emoticon-Embarrassment

Quote:


bisa juga di reinstall lagi gan, trus ikutin petunjuknya kalo emang pake versi pak tani emoticon-Embarrassment hehe emoticon-Big Grin

jangan lupa naikin previlage usenya ya gan pas masang aplikasinya. (Run As Administrator) emoticon-Big Grin
Diubah oleh sci.fi.man
Quote:


udah di repair nih. tapi si xlive.dll nya kayaknya ilang..
makanya daritadi gagal.. kayaknya installer nya emang rada2 nih emoticon-Nohope emoticon-Cape d... (S)
bisa download ga sih gituan? emoticon-Bingung (S)
Spoiler for quote:


hahaa..iya gan, paling nanti nunggu waktu luang, soalnya sayang nih, komputer jadul tapi masih punya nyali emoticon-Ngakak (S)
kalo beli baru lagi belum cukup gan, tambah dollar naik emoticon-Cape d... (S)
Quote:


SOLVED GAN

Ternyata cuman butuh di restart emoticon-Big Grin

Trims trims trims gan emoticon-Big Grin
Quote:


Install ulang ya? emoticon-Cape d... (S)
Ane berharap ada opsi laen emoticon-Peace
Install ulang opsi terakhi ane. soale banyak software & file penting. re-install software & settingnya lumayan ribet emoticon-Frown
Tapi makasih sarannya gan emoticon-Angkat Beer ane ubek-ubet dulu situs luar dulu emoticon-Peace
Quote:


coba reinstal GfWL nya lagi gan. kudunya sih work soalnya ane juga pasang gta iv langsung work aja. kalo misalnya ga bisa juga mungkin coba download .dll yg ilang dulu emoticon-Big Grin

Quote:


hehe iya sih gan, dolar naik emang brasa juga, coba aja ke pameran2 gtu gan, kalo agan dijakarta bisa main ke indocomtech jcc emoticon-Big Grin (sekalian cuci mata hehehe emoticon-Big Grin)

Quote:


sip emoticon-Big Grin emoticon-thumbsup

Quote:


oke gan emoticon-Big Grin emoticon-thumbsup
Diubah oleh sci.fi.man
Halaman 20 dari 501
GDP Network
© 2020 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di