Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

wawanbarclyseAvatar border
TS
wawanbarclyse
[INFO] Jenis-Jenis Capung di Indonesia
emoticon-I Love Indonesia (S)SELAMAT DATANG DI TREAD PERTAMA ANEemoticon-I Love Indonesia (S)


Capung merupakan salah satu jenis serangga yang berbentuk unik seperti naga terbang dengan aneka warna yang sangat cantik. Ciri capung yang dikenal umum adalah mempunyai dua pasang sayap dengan bentuk memanjang, transparan yang sekilas laksana jaring (membran). Mempunyai mata majemuk besar yang menutupi sebagian besar kepala. Capung mempunyai satu pasang mata dimana tiap-tiapnya tersusun dari 30 ribu lensa berbeda. Bentuk matanya hampir bulat dan nyaris menutupi seluruh kepala. Sehingga jenis serangga ini mempunyai bidang pandang yang begitu luas. Dengan bentuk mata yang seperti itu, capung bahkan mampu melihat benda yang terdapat di belakangnya. Itu sebabnya kenapa kita kesulitan ketika hendak menangkap capung. Capung juga memiliki antena yang kecil. Perut atau abdomen panjang dan kecil. Capung pun mempunyai jenis gigi pemotong dan pencabik.

Di dunia ini, terdapat banyak sekali jenis jenis capung yang termasuk pada Ordo Odonata. Capung yang dalam bahasa Inggris ini disebut dragonfly atau naga terbang ini diduga ada kurang lebih 5 ribu spesies. Bahkan, berdasar pada fosil capung yang berhasil ditemukan pada zaman karbon terungkap bahwa di dunia ini pernah ada capung purba dimana rentang sayapnya hingga 120 cm.

Di Indonesia sendiri ditemukan lebih dari 900 jenis capung dengan beragam ukuran. Di Indonesia lazim ditemukan capung dengan ukuran yang lumayan besar dengan panjang 10 hingga 12 cm berasal dari spesies Anax maclachlani. Ada juga jenis jenis capung dengan ukuran kecil dengan panjang badan cuma 1,5 cm yakni dari jenis Agriocnemis minima dan Agriocnemis pygmaea.

Dari seluruh jenis jenis capung di Indonesia, cuma beberapa family yang paling gampang dikenali adalah beberapa jenis berikut ini :
Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Keempat famili itulah yang kerap kita jumpai sehari hari. Di samping itu di Indonesia masih ada jenis jenis capung lain dari famili Petaluridae, Calopterygidae, Corduliidae dan Macromiidae. Meskipun ada banyak sekali jenisnya, saat ini keberadaan capung memang semakin langka terutama di wilayah-wilayah perkotaan karena rusaknya ekosistem tempat capuk tumbuh dan berkembang biak.


Utamakan Komen gan emoticon-Big Grin[INFO] Jenis-Jenis Capung di Indonesia


Jangan Lupa Rate
emoticon-Rate 5 Star


Bagi Cendolnya ya gan

emoticon-Matabeloemoticon-Matabelo emoticon-Matabelo


Jangan
emoticon-Blue Guy Bata (L)
Diubah oleh wawanbarclyse 29-10-2014 16:44
nyimak92
nyimak92 memberi reputasi
1
35.5K
27
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan