Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ekadpAvatar border
TS
MOD
ekadp
[ASK] Mohon Nasihat Dari Sesama Pebisnis Online
Selamat malam temen-temen sesama pebisnis online

Ane ada usaha baju online, dengan tema kaos, polo, raglan. Saat ini web akan segera go online. Web dibuat dengan cms (content management system) Opencart.

Pertanyaan saya:


(1) Siapa yang biasanya bertugas memasukkan data product (berisi gambar, meta description, meta keyword / tags, description, seo url / friendly url) ke cms di web?

Rencana sih aku inginnya kuserahkan ke karyawanku, jadi aku cuma nyediakan gambar saja, biar karyawan yg upload dan isi semua meta datanya (meta description, meta keyword / tags, description, seo url/friendly url)

Masalahnya jika pengisian meta data diserahkan ke karyawan-karyawanku, apa bisa hasilnya optimal masuk ke page rank google? Kedua, masalahnya jika pemasukan seo url / friendly url asal-asalan, takutnya terjadi duplicate url product dalam website aku, yang menyebabkan masalah canonical url di website. Masalah canonical url ini akan menyebabkan page rank website aku di mata google menjadi minus. Begitu juga dengan masalah duplicate meta description & duplicate title di website aku, yang bisa membuat website dijauhi google.

Soalnya jujur saja, rata-rata karyawanku cuma lulusan smp dan lulusan smu. Ngerti komputer ama internet itu juga karena aku yang training ama belikan modem khusus karyawan (lagi-lagi karyawan bisa internet hasil training juga).

Woro-woro mereka paham soal ilmu seo (search engine optimization), ngaskus saja suka bingung pas masukin captcha-nya, tanya ke aku, "Mas, ini tulisan apa ya?" (padahal jelas banget kelihatan di layar monitornya).

Pakai google.com saja bingung pas aku suruh cari data tertentu. Makanya jujur aku nggak yakin mereka bisa pakai Google Keyword Planner atau Google Trends.


(2) Ya aku bisa kasih training ke mereka (karyawan-karyawan aku yang lulusan smp & smu tadi), tetapi aku yakin kemampuan mereka di bidang seo, pasti akan jauh dibandingkan aku sendiri. Dan akibatnya hasilnya nggak akan optimal, dalam artian product-product yang dimasukkan akan susah masuk page rank google.


(3) Kalau disuruh pakai template pun, produknya amat beragam, ada sekitar 45 kategori dalam productnya, sedangkan variasi gambar productnya ada sekitar 2000-an gambar foto produk yg kesemuanya berbeda product. Nah apakah mungkin karyawan bisa memasukkan product 45 kategori & 2.000 gambar product berlainan itu, hanya dengan mengandalkan template & hasilnya maksimal secara seo?

Dan jujur saja, antara 2.000 product, satu dengan lainnya, meta description harus beda karena menghindari duplicate description. begitu pula seo url / friendly url harus beda, untuk menghindari canonical url. sehingga mudah mendapat page rank tinggi di google.


(4) Sedangkan kalau aku disuruh memperkerjakan karyawan baru atau sewa freelancer buat urusan input foto produk + meta data-nya, aku nggak bisa. Karena pekerjaan ini rencananya sekalian buat ngurangi makan gaji buta karyawan-karyawan aku saat ini. ya kadang pas nggak ada kerjaan, karyawan-karyawan aku makan gaji buta. Makanya sekalian saja pekerjaan input data ini jadi pekerjaan untuk mengurangi makan gaji buta karyawan-karyawaan saat ini.

Dan tentu saja, untuk saat ini nambah karyawan baru / memperkerjaan freelancer = boros.


(5) Temen-temen sesama pebisnis online disini kebijakannya bagaimana ya dalam input / pemasukan foto dan meta data product (meta description, meta keyword / tags, description, seo url / friendly url) ke website?

Dan cara trainingnya biasa bagaimaan & berapa lamanya sampai karyawan paham cara input ke website yang benar (pemasukan foto product benar, meta data optimal secara seo, dan tidak ada canonical url / duplicate halaman web)?

Kemudian, selama ini apakah dengan meminta karyawan yang melakukan input data ke website ini, apakah akan menjadi lebih kacau dibandingkan jika input data dilakukan sendiri?


Thanks a lot.

Diubah oleh ekadp 25-10-2014 15:12
0
1.1K
7
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan