Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

Ikhien.BataviaAvatar border
TS
Ikhien.Batavia
Mobil Presiden Jokowi : Anti Bom & Anti Peluru
Assalamualaikum Wr..Wb..


Di tread ini ane mau kasih info mengeneai spesifikasi dari mobil presiden terbaru kita yaitu Mr. Jokowidodo & wakilnya Mr, Jusuf Kalla,,, emoticon-Cool

Semoga bukan repost ya gan.. emoticon-Kiss (S)

Presiden kita menggunakan mobil bermerk Mercedes-Benz S-Class (W221) berkelir hitam
Spoiler for Sketsa Mobil Jokowi:


Langsung aja simak ya gan :

Ternyata bukan Toyota Kijang Innova atau Esemka Rajawali yang digunakan Presiden RI ke-7 Joko Widodo (Jokowi) untuk menuju Bundaran HI usai pelantikannya di gedung MPR/DPR, Senin (20/10) kemarin. Jokowi dan Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) justru memakai sedan superior Mercedes-Benz S-Class (W221) berkelir hitam. Bukan berbasis S-Class versi terbaru seperti yang banyak dikatakan media.

Jokowi berada di unit bernomor plat “Presiden 1″, sementara JK duduk di dalam “Presiden 2″. Dan, kedua unit S-Class tersebut bukanlah model biasa, atau sama dengan yang mampu dibeli banyak orang kaya di Jakarta.

Kedua kendaraan yang digunakan Jokowi dan JK adalah Mercedes-Benz S600 Guard. Dalam aspek kenyamanan, S600 tak perlu didebat. Dialah salah satu puncak piramida kemewahan pada kendaraan.

Ingat, masih ada sebutan “Guard” di belakangnya. Ini menandakannya sebagai kendaraan yang secara khusus dirancang untuk proteksi tingkat tinggi. Sebuah proteksi yang tak hanya mampu mengurangi resiko cidera akibat kecelakaan, tapi juga sanggup melindungi penumpang dari serangan senjata api dan bom mematikan.

Bagaimanapun S-Guard pantas digunakan untuk standar keamanan tokoh pemegang posisi terpenting. Apalagi sebagai salah satu aset paling berharga, negara pun berkewajiban melindungi Presiden RI dan wakilnya dari berbagai ancaman kejahatan.

Memang tak hanya Mercedes-Benz yang mampu membuat kendaraan berkeamanan tinggi dengan tingkat resistensi mencapai VR9 (top level). Tapi yang pasti bukan Kijang dan Esemka. Butuh penjabaran panjang guna membuktikan bahwa Kijang dan Esemka tidak layak dilengkapi sistem pencegah serangan senjata mesin dan bom. emoticon-Matabelo

Untuk diketahui, S-Guard yang diciptakan Mercedes memiliki mesin 12-silinder V berkapasitas 5.513cc. Tenaga yang dihasilkan mencapai 509 hp dengan torsi 830Nm. Ini sebuah performa yang sangat tinggi. Dan, performa besar itu penting mengingat S-Guard berbobot lebih dari 5 ton emoticon-Matabelo

Sekarang Anda bayangkan bila Kijang atau Esemka harus dilapisi baja yang setara dengan ketebalan tank. Lalu dia ditambah segudang perangkat keamanan lain sehingga bobotnya mencapai sekurang-kurangnya 4 ton. Mampukan mesin Kijang 4-silinder 1.998cc (136hp/182Nm) atau Esemka 1.500cc (103hp/145Nm) tetap menghasilkan performa terbaik? emoticon-Cape d... (S)emoticon-Ngakak

Masalah tersebut belum termasuk bila kita bicara sistem suspensi dan kemudi yang mumpuni yang mampu menopang bobot kendaraan di atas 4 ton ketika melesat cepat. Jadi lupakan menciptakan armoured car dengan basis Kijang atau Esemka.

Kebetulan saya termasuk sedikit dari kalangan sipil asal Indonesia yang pernah diberi kesempatan oleh Mercedes menguji performa S-Guard (W221) di Filipina beberapa tahun silam. Model ini sama dengan yang dipakai Presiden ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan yang terlihat dipakai Jokowi kemarin.

Dengan bobot dua kali lebih berat dari versi standar, S-Guard bukanlah kendaraan yang gampang dikendalikan. Dia mudah tergelincir ketika melakukan manuver tajam. Padahal sistem kemudi sudah diperkuat. Suspensinya saja memakai delapan shock absorber. Sementara setiap cakram rem dilengkapi dua kalipar besar, sehingga totalnya menjadi delapan. emoticon-Matabelo

Mercedes sendiri hanya menggunakan mesin terkecil 1.991cc untuk model E-Guard. Dengan catatan, mobil berbasis model E250 berbobot 2,6 ton ini cuma memiliki tingkat resistensi VR4, atau setara menahan serangan pitol kaliber 0,44mm. Mobil ini pun hanya layak diperuntukkan bagi para pengawal, bukan Presiden atau tokoh yang lebih penting.

Perlu diketahui, Toyota sendiri harus merancang sedan besar khusus untuk kendaraan keamanan Kaisar di Jepang. Toyota memodifikasi Century Royal sehingga tahan peluru dan bom. Jadi, bukan mengambilnya dari basis Prius. Bahkan sebelum memakai Toyota dan Nissan, Kaisar pernah mempercayakan Mercedes-Benz 770 (W07).

Dari aspek teknis, jelas S-Guard yang dipilih pemerintah sebagai unit kendaraan resmi Presiden sangat layak. Kita tak perlu meributkannya. Mobil Presiden juga jangan dinilai sebagai alat untuk tampil gagah-gagahan atau pemborosan. Toh, yang dibayar negara bukan versi limousine Pullman Guard berbasis versi W221 seperti yang dipakai PM Australia Toni Abbot (versi Pullman belum ada pada model terbaru W222).

Bagaimanapun, jika negara mampu memberikan proteksi terbaik terhadap aset-aset pentingnya, kendaraan yang kuat menahan ledakan 15 kg bom TNT dari jarak 4 meter (VR9) ini juga penting untuk menjaga Presiden. Ingatlah, selain sebagai penangkal serangan mematikan, kendaraan berkeamanan tinggi bertujuan menghindari pejabat dari tekanan kejahatan yang senantiasa mengincarnya. emoticon-Cool

Kita tak bisa begitu saja berkata bahwa Indonesia aman, sehingga prioritas keamanan Presiden RI tidak harus seketat pemimpin-pemimpin negara lain. Pikiran ini sama seperti orang-orang membiarkan sepeda motornya tidak terkunci ketika memarkir di depan kantor Polda Metro Jaya.

Spoiler for Mercedes-Benz S-Class (W221):


Spoiler for Mobil Jokowi:


Spoiler for Mobil Jokowi:



Sekian gan ulasannya emoticon-I Love Kaskus (S)

Spoiler for Sumber:
0
12.9K
83
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan