Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

mcenteeAvatar border
TS
mcentee
Hidayat Nur Wahid Ingin Pindahkan Hari Santri
MUHAMMAD MUHYIDDIN
Hidayat Nur Wahid Ingin Pindahkan Hari Santri

TEMPO.CO , Jakarta-Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat, Hidayat Nur Wahid, mengusulkan agar Hari Santri digeser menjadi pada 22 Oktober. Usul Hari Santri ini pernah dilontarkan calon presiden Joko Widodo saat berkampanye di beberapa pesantren yang menjadi basis Nahdliyin. Jokowi ingin pada 1 Muharram (pada 2014 bertepatan dengan 25 Oktober) menjadi Hari Santri.

"Jangan 1 Muharram sebagai Hari Santri," kata Hidayat di Komplek DPR, Jumat, 24 Oktober 2014. Musababnya, momen itu merupakan tahun baru umat Islam yang diperingati di seluruh dunia. "Baik untuk yang santri maupun tidak." (Baca: PDIP Dukung Jokowi Tetapkan Hari Santri Nasional).

Hidayat mengusulkan peringatan Hari Santri nanti terkait dengan warisan atau jasa santri. Misalnya, 22 Oktober saat Kiai Hasyim Asy’arie, pendiri Nahdlatul Ulama, mengeluarkan fatwa Resolusi Jihad.

Hidayat mengaku sudah mengomunikasikan hal itu dengan Ketua Umum PB Nahdhatul Ulama, Said Aqil Siradj. "Beliau sepertinya setuju."

Melalui akun twitternya,@fahrihamzah, politikus PKS Fahri Hamzah pernah mencuit soal Hari Santri pada 27 Juni 2014. Bunyinya, "Jokowi janji 1 Muharram hari Santri. Demi dia terpilih, 360 hari akan dijanjikan ke semua orang. Sinting!"

Kicauan Fahri itu menanggapi janji Jokowi atas tuntutan santri di Pondok Pesantren Babussalam, Banjarejo, Malang, Jawa Timur. Para santri ingin menjadikan 1 Muharram sebagai hari santri nasional.

Arti 'Sinting' dalam Kamus Besar
Bahasa Indonesia adalah sesuatu yang tidak beres pikirannya.

Sumber

Hidayat Nur Wahid Ingin Pindahkan Hari Santri



Tambah gemuk dan makin mirip

0
1.6K
15
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan