bright.dayAvatar border
TS
bright.day
[TOPIG TERGUNCYANG HEBAT] Ahok Sudah Otomatis Jadi Gubernur


2 Jam lalu.
Jakarta, CNN Indonesia -- Pakar hukum tata negara Universitas Gadjah Mada, Oce Madril, mengatakan tak ada celah apapun untuk tidak melantik Basuki Tjahaja Purnama sebagai Gubernur DKI Jakarta. Undang-undang mengatur secara otomatis dia jadi gubernur.

“Konstruksi hukumnya seperti itu,” kata Oce, kepada CNN Indonesia, di Jakarta, Jumat (24/10). “Itu berarti dia (M. Taufik, politikus Partai Gerindra) tidak baca undang-undang.”

Sebelumnya, Ahok - begitu Basuki akrab dipanggil – mengatakan Taufik, yang juga anggota DPRD DKI Jakarta itu, punya tafsiran hukum sendiri soal posisi Gubernur DKI yang ditinggalkan Joko Widodo.

"Hebat Taufik ini, dia lagi mau cari celah hukum supaya Ahok ini tetap jadi Wakil Gubernur. Ini preseden hukum yang nggak baik. Jadi tafsiran dia, kalau gubernur mundur, wakilnya nggak naik, gubernurnya tetep dipilih dari DPRD," kata Ahok di Balai Kota DKI, Jakarta, Jumat (24/10).

Ahok mengatakan, jika skenario celah hukum itu mulus, dia akan mengundurkan diri. Dia emoh berpasangan dengan Taufik.

Oce mengatakan tak ada celah lagi untuk menjegal Ahok. Wakil gubernur secara otomatis menggantikan gubernur apabila gubernur lama diberhentikan atau mengundurkan diri. Hal ini juga berlaku dalam konteks terpilihnya Jokowi sebagai Presiden RI ke-7.

Oce menambahkan semua Undang-Undang terkait pemerintahan DKI baik Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2007 serta Perppu Nomor 1 Tahun 2014 menyebutkan hal yang sama.

Kata Oce, setelah gubernur resmi dilantik, maka kemudian kursi wakil gubernurlah yang harus diisi. Dalam konteks DKI, nantinya nama-nama calon wakil gubernur ini diusulkan oleh Ahok sendiri dengan persetujuan partai politik pengusung pada pilkada DKI 2012.

Politikus Gerindra Martin Hutabarat enggan mengomentari pernyataan Ahok. "Biar orang DKI sajalah yang komentar," katanya.
(ded/ded)

ember

==========================================


TOPIIIIGGG.....!!!



topig pengen jd gubernur..??
sono...pilkadal dulu...
enak aja...gak berkeringat..
maunya lsg DPRD yg mutusin..




================================================


APA SIH YG DISALAH TAFSIRKAN OLEH SI TOPIG INI ??

CEKIDOT :


Spoiler for SALAH TAFSIR:


respon kaskuser :

Spoiler for respon:


komen ane :
Spoiler for komen:
Diubah oleh bright.day 25-10-2014 15:22
0
13.6K
176
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan