jackimunAvatar border
TS
jackimun
motor honda klasik yang masih seliweran di jalan sampai kini
WELCOME


kembali ane bikin trit masalah otomotif ni....barangkali aja membangkitkan kenangan agan sekalian waktu masih kecil,

ane disini bahas motor klasik besutan HONDA yang notabene punya sejarah kuat di Indonesia, oke deh langsung cekibrot gan..emoticon-Toast

1. Honda Cub
Honda cub mulai beredar di Indonesia pada tahun 1961 yaitu Honda c50 atau yang dikenal sebagai honda unyil. Mesinnya sendiri berkapasitas 50 cc. Model ini bertahan sampai tahun 1965. Kemudian pada rentang waktu tahun 1966 sampai 1973 Honda mengeluarkan c50, c70 ,c90. Ada beberapa perubahan dibanding kan dengan model sebelumnya, diantaranya posisi headlamp yang berada di stang. Generasi ke tiga Honda cub diproduksi dari tahun 1973 sampai 1980. Desain bodinya mengalami beberapa perubahan dari generasi sebelumnya. Diantaranya bentuk tangki, dan model jok yang dibuat menyatu. Pada awal 80an Honda meluncurkan honda supercub 700 dan 800, yang mengalami perubahan cukup besar dari segi desain bodi. Kemudian disusul dengan munculnya astrea star dan prima. model inilah yang menjadi basic dari Honda bebek generasi selanjutnya. Hayo diantara Agan ada yang pernah digendong kakek atau bokap naek motor ini gak ? sambil nikmatin sore...emoticon-Ngakak
Spoiler for Honda Cub:


2. Honda CB
Honda CB pertama kali masuk ke Indonesia tahun 1971 dengan kode Honda CB 100 K1 oleh PT Federal Motor karena perusahaan tersebut memang baru didirikan 11 Juni 1971. Sebelum CB, tipe sepeda motor yang pertama kali di produksi AHM adalah tipe bisnis S 90 Z bermesin 4 tak dengan kapasitas 90cc. Memproduksi disini sebenarnya hanya merakit, karena pada saat itu PT Federal Motor masih mengimpor komponennya dari Jepang dalam bentuk CKD (completely knock down). Ada banyak tipe CB yang dikeluarkan Honda tetapi tidak semua tipe tersedia di tiap negara. Di Indonesia, jenis CB yang diintroduksi adalah CB 100cc, 125 cc, 175 cc, dan 200 cc. Tiga tipe terakhir tersedia pula dalam silinder ganda, namun di Indonesia CB100 dan CB 125 mesin tunggal lebih populer karena harganya yang murah, perawatannya mudah, dan fleksibel untuk dimodifikasi. Honda CB 100 K1 masuk Indonesia tahun 1971, sedangkan Honda CB 100 K2 masuk Indonesia tahun 1972. Dalam kurun waktu satu dasa warsa (1971-1981) jumlah total penjualan Honda CB di tanah air mencapai 600 ribu unit. Ini mah motor favorit ane banget gan, emoticon-2 Jempol
Spoiler for Honda CB:


3. Honda Astrea Prima
Kalo motor ini favorit Ibu - Ibu jaman dulu, buat ngantor ato sekedar ke pasar. Kehadirannya, menamatkan riwayat supercub 700 dan 800 yang juga merajai pasar sebelumnya. Performanyapun baik, bisa ngacir semakin di depan, yang lain bengong !

Astrea Prima, ini, memang dibuat dengan agak ‘over’, terlihat bahwa produk-2 sesudahnya dibuat dengan fitur yang jauh di bawah Astrea Prima ini, untuk menekan harga. Walaupun demikian si Prima ini tetap bertahan sebagai sang juara.


Dengan performa yang bagus, aneh juga mesin motor ini tidak dilestarikan, jika dipasangi body baru yg sporty, bukan tidak mungkin akan menjadi market leader juga utk saat ini.

Dan, anda boleh percaya boleh tidak, sampai detik ini sepeda motor Astrea Prima ini masih dipasarkan, dijual di toko, dalam keadaan yang fresh, baru keluar dari pabrik, bukan second-hand, dengan nama Honda EX5-Dream, di Malaysia. Dan banyak pula peminatnya.
Spoiler for Honda Atrea Prima:


4. Honda Astrea Grand
Pasti kebanyakan dari Agan disini motor pertamanya Ini ( th. 90 an ) emoticon-Ngakak. dan juga ni kendaraan Tempur pak POS pada saat itu . motor bebek 4 tak C-series keluaran Astra Honda Motor ini memiliki keindahan tersindiri dimata ane. mungkin kalau dibandingkan dari aspek teknologi yang sedang marak sekarang Astrea Grand merupakan sepeda motor yang berteknologi jadul. tapi pada saat jaman Astrea Grand baru di luncurkan sepeda motor ini termasuk mengusung teknologi yg lumayan canggih. iklan promonya see bilang "econo power". tapi terbukti untuk mesin 4 tak yang cc nya setara dengan motor ini, ini termasuk motor yang paling hirit.. emoticon-Smilie, Motor ini termasuk dari pengembangan Honda Cub dan juga astrea prima dengan bentuk yang aerodinamis, sampe sekarang pun masih sering kita temui ni motor , karena memang ini motor memiliki durabilitas yang sangat tangguh, Honda grand termasuk salah satu masterpiece Honda sampai saat ini.
Spoiler for Honda grand:


5. Honda Win
Kalo ini motor favorit kantoran jaman dulu, hampir 80% kantoran baik swasta maupun pemerintah membekali karyawannya dengan sepeda motor ini, Honda win 100 ini di gunakan hampir tanpa PERAWATAN, karena honda win ini di ciptakan untuk segala kondisi arena hingga medan yang paling berat sekali pun ,jadi jika di pergunakan secara normal saja , honda win ini akan merasa santai dlm pekerjaannya, hingga onderdil yg di ciptakan kuat menjadi berlipat lifetime nya,alias gak rusak rusak.
Para pemakai setelah memakainya beberapa sa'at ,akan merasakan kelebihan honda win ini,karena mereka akan membandingkan dengan sepedamotor sekelasnya.
Honda win 100 cc ini tepatnya isi silindernya hanya 97 cc saja,tetapi mempunyai tenaga dan torqsi (momant puntir) besar terutama pada hentakan pertama bergerak,cocok di gunakan di pegunungan atau di pedesaan dengan jalan setapak di pematang atau off road sekalipun, karena bentuk tubuh yang ramping tinggi dan relatif ber sumbu panjang antara kedua roda.
Pada intinya pengendara honda win ini dirasakan mudah dan lincah,untuk menuruni medan yang curam atau sebaliknya mendaki tanjakan yang terjal ,honda win 100 jagonya.
sedang disign untuk itu, hoda win menggunaka roda dengan 2 ukuran,roda depan 18"sedang roda belakang 17" ,composisi ini yang memungkinkan honda win 100 mudah untuk menjelajahi medan, serta nyaman dikendarai. terlebih mesin yang bandel dan irit yang jadi primadona pada saat itu, BTW Inget gak gan Si Doel motornya pake ini lho.
Spoiler for honda win:


sekian darti trit ane gan, kalo ada tambahan lagi monggo magan share di mari gan,
Spoiler for kalo berkenan:
Diubah oleh jackimun 21-01-2013 01:55
1
27.9K
219
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan