yuyuuyuuAvatar border
TS
yuyuuyuu
Kenapa Sekarang Masih Subuh Sudah Terang?



Kepala Sub Bidang Cuaca Ekstrem Badan Metereologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Kukuh Ribudianto, mengatakan, saat ini jarak matahari sedang dekat dengan bumi. Itu sebabnya, akhir-akhir ini langit sudah terang sejak pukul 05.00.

"Posisi matahari seperti ini rutin terjadi tiap Oktober," kata Kukuh, saat dihubungi Tempo, Selasa, 21 Oktober 2014. Menurut dia, jarak matahari yang dekat ini membuat daerah-daerah di pulau Jawa panas, meski tengah memasuki musim hujan.

"Kalau tak ada yang menghalangi seperti awan, ya, pasti panas," ujarnya. Tak hanya itu, semakin dekatnya jarak matahari dari permukaan bumi membuat malam hari menjadi lebih terang. Menurut Kukuh, bulan dan bintang memantulkan intensitas cahaya yang lebih terang dari sebelumnya.

Matahari dan bumi, normalnya berjarak 149 juta kilometer. Sementara saat ini jaraknya lebih pendek dari ukuran normal.

BMKG memprediksi Indonesia tengah memasuki musim hujan. Wilayah Jakarta Selatan bakal lebih dulu mengalami musim ini, yaitu pada akhir Otober 2014. Jakarta Barat, Tangerang dan Jakarta Timur akan mengalami hujan pada awal November 2014.

Adapun wilayah Jakarta Utara, dan Jakarta Timur bagian utara, akan mengalami musim hujan pada pertengahan November. "Frekuensinya muncul dari selatan, menuju utara," kata Kukuh. Dia menambahkan, kondisi seperti itu membuat angin lebih kencang berhembus di Jakarta.




pantesan sekarang panas bgt emoticon-Takut
0
20.1K
84
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan