mr.kampret.jrAvatar border
TS
mr.kampret.jr
Jokowi Tuh Ternyata Suka Sate Buntel dan Es Dawet Loh


PRESIDEN terpilih Joko Widodo memiliki sejumlah penganan favorit di kota asalnya, Solo. Salah satunya adalah sate buntel. Sementara untuk minuman, Jokowi menggemari es dawet telasih.

Dua warung kaki lima yang digandrungi Jokowi adalah warung sate Bu Bejo dan dawet telasih Bu Dermi. Warung Bu Bejo beralamat di Lodji Wetan, sementara dawet telasih berlokasi di Pasar Gede Hardonagoro, Solo.

Warung sate Bu Bejo sudah berdiri sejak 42 tahun lalu. Usaha kini dikelola oleh Siti Ngaisyah atau Bu Bejo. Siti Ngaisyah menyebutkan warung miliknya ini sejak awal mengolah daging kambing. Beragam menu makanan khas Solo tersaji di sini. Mulai dari gulai, tengkleng, tongseng, sate dan sate buntel tersedia di sini.



"Menu yang menjadi andalan di warung ini adalah sate buntel. Banyak yang gemar menyantap sate buntel, " jelas Siti Ngaisyah kepada Fajar Sodiq, pembantu lepas BBC Indonesia.

Sate buntel adalah sejenis sate yang dibuat dari daging kambing cincang yang dibungkus dengan lemak daging. Daging kambing itu kemudian dibakar dengan dibubuhkannya kecap manis.



"Pak Jokowi sejak dulu menjabat wali kota sudah langganan di sini. Kadang kalau ada kunjungan tamu-tamu, Pak Jokowi sering mengajak makan di sini. Pak Jokowi juga kadang memesan untuk disantap di rumah dinas Lodji Gandrung. Kadang juga pesan untuk acara keluarga, " kata Siti.

Sementara Ruth Tulus Subekti, penjual dawet telasih Bu Dermi mengatakan resep dawet ini berasal dari nenek Ruth yang menjadi generasi pertama dawet telasih Bu Dermi puluhan tahun silam.

"Dulu si mbah menjualnya masih pake nilai mata uang sen-senan. Resep ini kemudian turun temurun. Saya tak berani mengubah resepnya, " ungkap Ruth.

Dawet ini terdiri dari tiga komposisi yakni tape ketan, jenang sumsum, ketan hitam, biji telasih, cairan gula Jawa dan santan.

Dijelaskan Ruth, dawet yang dijajakannya cukup laris. Tak sedikit pejabat juga ikut tergoda untuk menikmati kesegaran dawet ini. Joko Widodo yang pernah menjabat Walikota Surakarta adalah pelanggan dawet telasih Bu Dermi.

"Kalau ada tamu ke Pasar Gede, pasti sama Pak Jokowi diajak mampir ke sini. Atau jika Lodji Gandrung ada acara, Pak Jokowi memesan untuk dibawa ke rumah dinasnya, " jelas Ruth. (bbc/tribunnews)

Setelah hijrah ke Jakarta dan kini sudah jadi Presiden, apa Jokowi masih menyantap sate buntel dan es dawet? Konon sate buntel dan es dawet ini pun menjadi menu favorit mantan presiden Soeharto. Selengkapnya, bisa dibaca di edisi cetak Tribun Jabar, Selasa (21/10/2014). Ikuti pula berita-berita menarik lainnya di akun twitter: @tribunjabar dan facebook: baladtribun.

Sumber


Ane juga suka, duh ... jadi ngiler liatnya emoticon-Matabeloemoticon-Matabelo
0
2.2K
20
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan