Menjadi seller/penjual baik online maupun offline mempunyai keseharian yang hampir sama yaitu melayani pembeli/buyer.
Adanya pembeli merupakan nafas dagangan kita, namun kadang-kadang tak selamanya melayani pembeli/buyer itu menyenangkan. Ada kalanya seorang buyer bisa membuat gula darah seorang seller naik sampai ke ubun-ubun.
Namun diluar kelakuan-kelakuan buyer yang tak menyenangkan tersebut sebaiknya kita sebagai seller harus tetap menjaga wibawa kita, jangan gampang terpancing emosi sesaat. bisa-bisa malah menghancurkan usaha kita (contoh konkrit seperti kasus 'seller galak' yang sedang rame di kaskus kita tercinta ini)
Berikut tips-tips dari saya agar menjadi seller yang budiman, tips ini sesuai pengalaman saya sendiri :
Quote:
SELALU JUJUR DENGAN KEADAAN BARANG YANG KITA JUAL
Spoiler for contoh:
ini adalah kunci utama dalam berdagang. Jangan menutup-nutupi kekurangan/minus dari barang dagangan kita. Karena cepat atau lambat keadaan tersebut akan diketahui juga oleh buyer. Jujur akan selalu menjadi solusi terbaik.
Quote:
BERIKAN BUKTI SELENGKAP-LENGKAPNYA
Spoiler for contoh:
dalam transaksi online kita pasti akrab dengan yang namanya COD dan jasa ekspedisi. Bila kita bertransaksi jarak jauh berikanlah ketenangan kepada buyer dengan memberikan bukti selengkap-lengkapnya, baik itu no resi, foto paking barang atau yg lainnya
Quote:
JANGAN GAMPANG EMOSI
Spoiler for contoh:
Kemalasan terbesar sebagai seorang seller adalah menghadapi buyer yang cerewet dan menanyakan hal yang sebenernya sudah kita tulis lengkap dan panjang di iklan mulai dari minus dan kelengkapannya.
Jangan keburu emosi dan marah-marah, bisa-bisa jadi bumerang. beritahu baik-baik bahwa yang buyer tanyakan sudah dijelaskan di deskripsi iklan.
Quote:
PERMUDAH TATA CARA TRANSAKSI PEMBAYARAN
Spoiler for contoh:
ini termasuk penting, jika kita serius dalam menjalani usaha online lengkapilah rekening kita dari berbagai Bank. Hal ini akan mempermudah buyer dalam melakukan pembayaran.
Quote:
JANGAN LUPAKAN KALIMAT WAJIB SEORANG SELLER
Spoiler for contoh:
Ada satu kalimat wajib seorang seller yang sering terlewatkan : TERIMA KASIH
Jangan lupa selalu ucapkan terima kasih kepada buyer kita setelah transaksi selesai, hal ini secara tidak langsung kita memberikan penghargaan dan kesan kepada buyer tersebut
Quote:
BILA TERLANJUR ADA MASALAH SEGERA CARI SOLUSI TERBAIK
Spoiler for contoh:
Tak selamanya usaha kita selalu lancar kadang walaupun sudah melakukan kewajiban kita dengan baik selalu ada masalah yang tak terduga, misalnya jasa ekspedisi yang bermasalah, barang hilang dll.
Bila ini terjadi carilah solusi terbaik dengan buyer, bila buyer ngotot layani dengan tenang. Kalau perlu ganti kerugian sesuai kesepakatan walau kita harus rugi sekalipun. INGAT : Kerugian satu kali tidak sebanding dengan hancurnya bisnis kita karena kita mempertahankan keegoisan kita
Demikianlah tips-tips dari saya agar menjadi seorang Seller yang baik dan disegani. Reputasi kita pun akan tetap baik selama kita menjalankan tips-tips diatas.
Jika agan-agan ada yang mau memberikan tambahan silahkan.