Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

yinluckAvatar border
TS
yinluck
Ditangkal Masuk Malaysa krn Sebarkan "Paham Sesat"nya, Ulil bilang Itu Ide Progressif

source pic: http://www.malaysiakini.com/news/277309


Ulil Abshar Abdalla Dilarang Masuk Malaysia
Malaysia khawatir gagasan liberalisme menyesatkan muslim negeri Jiran.
Minggu, 12 Oktober 2014, 12:28 Amal Nur Ngazis

VIVAnews - Malaysia melarang pemikir liberal muslim Indonesia, Ulil Abshar Abdalla, untuk mengunjung negeri Jiran. Pada Rabu pekan depan, Ulil dijadwalkan berbicara dalam konferensi tentang liberalisme.

Pengumuman itu disampaikan Menteri Dalam Negeri Malaysia, Datuk Seri Zahid Hamidi, dilansir New Strait Times, Minggu, 12 Oktober 2014.

Datuk Seri Zahid mengatakan larangan dilakukan karena pemikir Jaringan Islam Liberal (JIL) itu dikhawatirkan bakal menyesatkan umat Islam Malaysia.

"Dia diundang oleh LSM lokal untuk berbicara tentang liberalisme, tapi pada saat yang sama kami menerima berbagai laporan dari orang-orang yang menolak gagasan liberalisme," ujar Zahid usai sebuah Seminar keamanan dan Ketertiban Umum.

Guna menangkal gerakan radikal, Zahid mengaku telah mengingatkan Departemen Imigrasi dan Kepolisian Malaysia untuk ekstra waspada dengan keluarnya 350 anggota Jamaah Islamiyah yang telah menyelesaikan hukuman di Indonesia pada tahun depan.

"Kami tidak ingin orang dari mereka memulai sebuah gerakan radikal di negara kami. Apa yang mereka lakukan jelas tak islami dan bertentangan dengan ajaran Islam," ujar Zahid.

Zahid menginginkan pihak keamanan dan imigrasi Malaysia menjalin komunikasi dengan lembaga yang sama di Indonesia, untuk mencegah gerakan radikal masuk ke Malaysia.

"Saya ingin kepolisian dan departemen imigrasi agar bekerja sama dengan mitra lembaga di Indonesia. Kami melihat kehadiran mereka di sini sebagai ancaman terhadap kedaulatan kami," ucap dia.
http://dunia.news.viva.co.id/news/re...masuk-malaysia


Dilarang Masuk Malaysia, Ulil: Ide Progresif Islam Tak Bisa Dihentikan
Mantan PM Malaysia ikut menanggapi kekecewaan Ulil di Twitter.
Senin, 13 Oktober 2014, 10:34


Ulil Abshar Abdalla Ulil Abshar Abdalla

VIVAnews - Pemikir Islam liberal, Ulil Abshar Abdalla, angkat bicara soal larangan terhadap dia untuk mengunjungi Malaysia. Padahal, pada Sabtu 18 Oktober mendatang, Ulil dijadwalkan berbicara dalam konferensi tentang liberalisme.

Dalam akun Twitter pribadinya pada Minggu 12 Oktober 2014, @ulil mengatakan acara bertajuk "Agama Fundamentalisme Ancaman di Century ini" yang akan dihelat di Kuala Lumpur, Malaysia itu diselenggarakan oleh IRF (Islamic Renaissance). Namun sayangnya, Ulil batal hadir karena pemerintah Negeri Jiran mencekalnya.

"Persatuan Ulama Malaysia (PIM) mengajukan protes terhadap keikutsertaan saya dalam acara tersebut. Dan sekarang saya dilarang memasuki Malaysia. Saya sedih bahwa larangan ini terjadi di saat masyarakat Muslim membutuhkan dialog yang lebih untuk membendung radikalisme di tengah-tengah mereka," kicau Ulil dalam bahasa Inggris.

Ulil melanjutkan, seperti di Indonesia, tren konservatisme Islam tampaknya juga meningkat di Malaysia. Ia menilai, hal itu bukan kabar baik bagi umat Muslim di Indonesia.

"Ini memberitahu bahwa kelompok-kelompok konservatif tidak akan mengizinkan suara yang berbeda untuk menantang mereka. Apa yang kelompok-kelompok konservatif ingin lakukan adalah untuk memberlakukan mono-budaya konformisme pada masyarakat Muslim," kata dia.

Namun Ulil mengaku tak gentar dengan pencekalannya ke Malaysia. "Larangan itu tidak akan berhasil. Otoritas mungkin melarang masuk saya ke Malaysia. Tapi ide-ide progresif Islam tidak bisa dihentikan," ucapnya.

Kultwit yang disampaikan Ulil itu kemudian mendapat tanggapan dari mantan Perdana Menteri Malaysia, Anwar Ibrahim. Anwar dalam akun Twitter pribadinya @anwaribrahim menanggapi "Must allow reasoned discourse NOT ban!"

Sejumlah warga Malaysia juga ikut meretweet tanggapan Anwar tersebut. Beberapa diantaranya mencibir, namun tak sedikit pula yang mempertanyakan pencekalan tak beralasan itu.
http://dunia.news.viva.co.id/news/re...edium=facebook

Inkah contoh pengamalan daripada Ide Progrssif ala Uli Abshar?
Quote:


--------------------------------

Beragama saja yang tinggal di amalkan dengan mudah, kok pake mengada-ada ... yaaa ancorlah!


emoticon-Cape d... (S)
Diubah oleh yinluck 14-10-2014 01:04
0
7.2K
72
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan