Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

BRANDALOKAJAYAAvatar border
TS
BRANDALOKAJAYA
(Bukan Mitos) Ribuan PKL Yang Digusur Jokowi Sudah Jadi Saudagar
Merdeka.com - Delapan tahun sudah, ribuan pedagang kaki lima (PKL) di Monumen Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, dipindahkan ke Pasar Klitikan Notoharjo, Semanggi. Hari ini Minggu, 12 Oktober 2014 mereka menggelar peringatan perpindahan di halaman depan pasar. Selain peringatan 8 tahun kepindahan, para pedagang menggelar doa bersama agar pelantikan Joko Widodo (Jokowi) -Jusuf Kalla (JK ) sebagai presiden dan wakil presiden periode 2014-2019 pada 20 Oktober mendatang berjalan lancar.

"Pasar Klitikan Notoharjo adalah karya emas Jokowi, yang pada 2006 menjabat Wali Kota Solo. Bersama pak Rudy (FX Hadi Rudyatmo-Wali Kota penerus Jokowi), mengupayakan pasar menjadi sebesar ini," ujar Ketua Paguyuban Pedagang Pasar Notoharjo, Edy Sarnyoto.

Kebijakan Jokowi memindahkan ribuan PKL saat itu, membawa dampak positif. Para pedagang yang dulu tidak punya kios secara legal, sekarang sudah punya kios dan legal. Sehingga mereka tidak lagi khawatir akan digusur.

"Dulu kami hanya PKL biasa, sekarang kami sudah jadi saudagar," katanya.

Kepala Dinas Pengelolaan Pasar Surakarta Subagyo menilai, langkah Jokowi kepada pedagang kaki lima di Solo menuai hasil.

"Pak Jokowi punya program tiap tahun ada 3 pasar yang dibangun atau diperbaiki," ucapnya.

Pemindahan PKL ke pasar-pasar tradisional, lanjut Subagyo, terbukti membawa dampak positif. Para pedagang kini bisa menikmati penghasilan yang lebih besar.

"Di pasar ini, sekarang banyak pedagang yang mampu beli mobil mewah. Padahal dulu hanya naik sepeda motor dengan bronjong atau mobil bak terbuka. Dulu pindah ke sini hanya naik mobil truk Satpol PP, sekarang bisa beli Terios," katanya.

Dia memaparkan, jika dulu uang arisan di pasar ini hanya Rp 50 ribu per bulan, bahkan ada banyak yang menunggak. Kini menjadi Rp 500 ribu per bulan. "Ini bukti kesejahteraan pedagang meningkat setelah dipindah dari Monumen Banjarsari. Sekarang ribuan pedagang di sini sudah jadi saudagar semua, katanya lagi. Subagyo meminta para pedagang turut merawat pasar yang sudah dibangun. Pasar dimanfaatkan untuk berjualan dan berharap mendapat rejeki berlimpah.

"Jangan lupa untuk tetap merawat pasar ini. Apa ingin pasar kita kotor, kumuh ? Kalau tidak mari kita rawat bersama. Kalau perlu nanti minta ke wali kota untuk merehab pasar ini agar lebih cantik," katanya. (mdk/arr)
-
Source: http://m.merdeka.com/uang/ribuan-pkl-yang-digusur-jokowi-sudah-jadi-saudagar.html
-
Nyang inih jelas bukan sekedar ocehan semu panasbung emoticon-Matabelo
0
11.1K
140
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan