wahyoe999Avatar border
TS
wahyoe999
Hakim jujur ditolak DPR
Jakarta - Hakim yang terbiasa naik sepeda onthel, Muslich Bambang Luqmono ditolak DPR menjadi hakim agung. Kini, hakim yang namanya mencuat saat mengadili Nenek Minah itu mendaftar menjadi hakim konstitusi.

"Iya (mendaftar jadi hakim konstitusi)," kata pria yang biasa disapa MBL itu dalam pesan pendeknya kepada detikcom, Rabu (9/10/2014).

MBL dikenal koleganya sederhana dan berintegritas. Salah satu buktinya, dia terbiasa menggunakan sepeda othel ke kantornya. Bukan pencitraan karena telah dilakukannya bertahun-tahun.

Selama bertugas di 10 wilayah Indonesia sejak tahun 80-an, MBL mengoleksi tiga sepeda balap. Sisanya dia berikan pada pembantunya atau orang yang dia kenal saat berada di daerah tempatnya berdinas.

"Kenapa saya pakai sepeda balap, karena untuk melatih saya sehari-hari agar tidak sombong dan terus harus menunduk, lagian kalau sudah naik sepeda serasa muda lagi," kata MBL kepada detikcom sebelum ikut fit and proper test di DPR.

Namun hal ini tidak dilakukan lagi sejak ditugaskan di Pengadilan Tinggi Jayapura karena rumah dinas masih satu kompleks dengan kantornya. Adapun untuk bepergian, dia memilih memakai angkot berbaur dengan masyarakat.

Orang-orang didekatnya mengenal MBL sebagai orang yang unik dan berani melawan arus. Di saat para hakim wajib menjadi anggota Golkar di era Orde Baru, MBL memilih berkata tidak. Akibatnya, MBL pun diskorsing oleh MA selama beberapa tahun untuk tidak mengadili perkara. Saat memvonis Nenek Minah, MBL meneteskan air mata karena sedih dengan fenomena hukum di Indonesia.

Namun kesederhanaan dan integritas itu tidak membuat DPR kepincut. Pada 18 September 2014 lalu, DPR menolak pria asal Kebumen, Jawa Tengah, itu duduk di kursi Mahkamah Agung. Lantas apakah MBL bisa melenggang ke MK?


http://news.detik.com/read/2014/10/0...titusi?9911012

orang jujur emang selalu tersisihkan, ditolak DPR? DPR versi mana nih?
0
13.2K
202
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan