manusiabajinganAvatar border
TS
manusiabajingan
Sebentar Lagi KMP Akan Bubar


Setelah kalah dalam Pilpres, 9 Juli 2014, soliditas Koalisi Merah Putih (KMP) semakin menguat. Soliditas tersebut terbukti dalam beberapa pertarungan politik di parlemen, mulai dari pengesahan UU MD3, UU Pilkada, Penetapan Tatib DPR, pemilihan pimpinan DPR dan MPR. Muncul pertanyaan, apakah soliditas akan berumur panjang, minimal 5 tahun ke depan ?

Menanggapi soliditas KMP, koordinator Forum Masyarakat Pemantau Parlemen (Formappi) Sebastian Salang menilai KMP sebentar lagi akan bubar. Pasalnya, soliditas KMP dibangun berdasarkan bagi-bagi kekuasaan dan perasaan senasih, yakni kalah dalam pilpres 2014.

“Tidak lama lagi koalisi ini berantakan karena kue kekuasaan yang menjadi perekat selama ini, itu sudah habis. Ketika semua KMP mendapatkan posisi dan telah mendapatkan kue-kue kekuasaan tersebut, maka tidak ada alasan lagi yang membuat mereka tetap solid begitu,” ujar Sebas dalam diskusi kamisan Formappi di Kantor Formappi, Jakarta pada Kamis (9/10).

Selain Sebas, diskusi yang bertemakan “Kuasa Membungkam Suara: Masalah Akut Perwakilan Politik Kita” dihadiri juga oleh peneliti senior Formappi Made Leo Wiratma dan peneliti CSIS Philips Vermonte.

Sebas menganggap bahwa tiada nilai ideologis yang mengikat koalisi ini. Yang ada hanyalah kepentingan jangka pendek untuk meraih kekuasaan.

“Dasar ideologi tidak ada, warna ideologi tidak ada. Yang ada itu hanya kepentingan jangka pendek saja dan senasib, yakni kalah dalam pilpres 2014. Ketika itu semua selasai, mereka akan mencari jalan sendiri,”katanya.

Soliditas KMP masih ada lantaran masih ada ruang dan peluang untuk membagi-bagi kue kekuasaan. Ketika kue kekuasaan itu habis dan tidak ada lagi peluang untuk mendapat kekuasaan, maka dengan sendiri KMP akan bubar.

“Contohnya, PPP yang tidak mendapat kue kekuasaan dari KMP, akhirnya minggat juga. Ini tanda-tanda KMP akan berantakan,” tandasnya.

Menurutnya, soliditas ini akan tambah berantakan jika Jokowi-JK memberikan “permen” kepada partai KMP. Oleh karena itu, Sebas menganjurkan Jokowi-JK dan Koalisi Indonesia Hebat (KIH) tidak perlu cemas.

“Jadi menurut saya, Jokowi-JK tidak perlu gelisah. Tetapi tidak berarti Jokowi-JK dan KIH bersikap sombong juga. Tetap membangun komunikasi politik yang baik dengan KMP dan rakyat. Kita sabar saja, sebentar lagi KMP bubar,” pungkasnya.

http://www.beritasatu.com/nasional/2...kan-bubar.html


=========================

KMP BUBAR = KEMENANGAN RAKYAT INDONESIA emoticon-I Love Indonesia
0
1.6K
23
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan