Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

laodeodeAvatar border
TS
laodeode
|Status Indonesia Waspada Gan| Nyaris 3.900 Orang Meninggal Akibat Ebola Tahun Ini


emoticon-Hot Newsemoticon-Hot Newsemoticon-Hot Newsemoticon-Hot Newsemoticon-Hot News

Washington, - Korban jiwa akibat wabah Ebola di Afrika Barat terus bertambah. Sejauh ini, nyaris 3.900 orang meninggal akibat penyakit mematikan tersebut. Ditambah lagi dengan kematian seorang pria Liberia yang menjadi pasien Ebola pertama di Amerika Serikat. Dia meninggal di rumah sakit Texas pada Rabu, 8 Oktober waktu setempat.

Menurut data terbaru Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) seperti dilansir kantor berita AFP, Kamis (9/10/2014), wabah Ebola telah menewaskan 3.865 orang dari total 8.033 penderita di dunia sepanjang tahun ini. Kebanyakan kasus Ebola ditemukan di Liberia, Sierra Leone dan Guinea.

Namun penyebaran virus mematikan ini -- dengan kasus pertama di AS dan Spanyol -- telah meningkatkan kekhawatiran akan penularan Ebola di negara-negara Barat.

Direktur WHO untuk Eropa, Zsuzsanna Jakab mengatakan, kasus-kasus sporadis di Eropa memang tak bisa dihindari. Namun dia yakin bahwa risiko wabah Ebola di Eropa "sangat rendah."

Sementara itu di AS, dua orang lainnya dirawat di rumah sakit di Los Angeles dan Dallas karena kemungkinan terpapar virus Ebola. Dalam kasus di Los Angeles, orang tersebut tidak mengalami gejala namun dia telahh bepergian ke Liberia. Hal ini mendorong orang tersebut dievakuasi dengan ambulans dari bandara.

Dalam kasus di Dallas, kepala Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit, Tom Frieden mengatakan "ada seseorang yang tidak pernah melakukan kontak dengan penderita Ebola ataupun mengalami gejala Ebola, namun kini tengah diobservasi."

Di AS, Thomas Eric Duncan menjadi pasien Ebola pertama yang meninggal. Pria tersebut meninggal 10 hari setelah dia dimasukkan ke rumah sakit karena mengalami gejala Ebola. Duncan diyakini terinfeksi Ebola sebelum meninggalkan Liberia dan menaiki pesawat untuk mengunjungi keluarganya di Texas.

Ebola ditularkan melalui kontak dengan cairan tubuh orang yang memiliki gejala penyakit Ebola, seperti demam, gatal-gatal, muntah dan diare.

Spoiler for Apa sih Ebola itu:



Meski belum ditemukan kasus Ebola di Indonesia, pejabat di Kementerian Kesehatan meminta masyarakat waspada terhadap virus penyakit tersebut.

Ebola saat ini baru menyebar di empat negara di Afrika, yaitu Liberia, Sierra Leone, Guinea, dan Nigeria, ungkap Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Kementerian Kesehatan, Tjandra Yoga Aditama.

Menurutnya, sejauh ini Indonesia belum memberlakukan larangan perjalanan ke negara-negara tersebut.
"Sejauh ini, dari tiga negara yang memang sudah ada penularan di komunitas. Kita mengamati mereka punya 39 direct flight (penerbangan langsung), Liberia, Guinea dan Siera Leone. Dari 39 direct flight itu tidak ada yang ke Asia. Itu hanya ke negara-negara Afrika, Amerika dan beberapa negara Eropa," kata Tjandra kepada Rizki Washarti dari BBC Indonesia.


SEMOGA BERMANFAAT emoticon-I Love Indonesia

SUMUR yang TS BACA emoticon-Hot News :
http://news.detik.com/read/2014/10/0...ia_ebola_cegah[/URL]
Diubah oleh laodeode 09-10-2014 07:32
0
2K
14
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan