LiyaAndreAvatar border
TS
LiyaAndre
Ternyata Orang Indonesia (paling) Doyan Makanan Busuk



Agan-Agan & Aganwati yang ganteng-ganteng n cantik-cantik... Selamat datang di thread saya yaa....


Sebetulnya thread ini saya tulis karena kecintaan saya juga terhadap makanan Indonesia yang sebelum dimasak bahan-bahannya harus diolah terlebih dahulu melalui proses fermentasi "tradisonal" yang ala kadarnya dengan cara yang sangat sederhana dan mengandalkan pembusukan oleh "alam". Hasilnya selain bahan makanan ini akhirnya menjadi memiliki rasa khas yang melenceng jauh dari rasa aslinya, juga kemudian menjadi beraroma - eh, bukan aroma, tapi "berbau" khas yang untuk sebagian orang bisa sangat membuat pusing, bahkan mual, namun buat orang yang doyan bisa sangat nikmaaaaat dan bikin ketagihan.... dan di Indonesia banyak sekali jenis makanan yang diolah dengan cara "dibusukan" terlebih dahulu seperti ini... saya yakin salah satunya pasti juga kedoyanan agan-agan/aganwati semua.. hehe...


Langsung ke TKP gan





TERASI





Terasi dibuat dari ikan-ikan kecil (teri) atau Udang kecil (rebon). Cara membuatnya adalah pertama2 teri/rebon di cuci bersih, kemudian diberi garam dan didiamkan selama 1 minggu, setelah itu teri/rebon di jemur hingga kering biasanya 2-4 hari tergantung sinar matahari. Setelah kering di hancurkan dengan cara ditumbuk, lalu di jemur lagi selama 2-4 hari, baru di cetak sesuai bentuk yang diinginkan. Bila perlu dijemur lagi.
Mengingat prosesnya yang berhari-hari dan kebanyakan masih dengan cara tradisional, bisa dibayangkan bagaimana aroma saat ikan ini mengalami "pembusukan" dalam air garam kan? tapi hampir semua orang sangat menyukai makanan olahan dari terasi ini, berupa sambal... hmm... apalagi dimakan dengan nasi panas dan goreng2an.
Namun jangan harap teman-teman bisa bebas memasak terasi di Luar Negri yah, teman saya pernah berurusan dengan pengurus apartemen di Canada karena dilaporkan tetangganya yang merasa terganggu dengan "aroma" terasi goreng dari apartemennya... dikhabarkan tetangganya sampai melapor ke Polisi segala karena menyangka teman saya memasak makanan yang sudah busuk...


TEMPOYAK





Tempoyak dibuat dari daging buah Durian yang bagus, harus bagus-supaya hasil akhirnya sempurna- yang dibusukan dengan cara dicampur sedikit garam dan disimpan disuhu ruang dalam plastik/toples. Rasa Durian yang tadinya manis berubah jadi sedikit asam segar. Baunya pun otomatis berubah. Tempoyak bisa dibuat untuk sambal atau campuran memasak ikan.
Masakan Olahan Tempoyak bisa dijumpai di Sumatera dan kalimantan, daerah yang memang banyak menghasilkan buah Durian.


RUSIP




Rusip merupakan makanan tradisional masyarakat Bangka. Makanan ini dibuat dari ikan teri atau bilis (teri air tawar) yang difermentasikan. Rusip digunakan sebagai pengganti sambal. Cara membuat Rusip adalah sebagai berikut : Ikan teri segar dibersihkan dari kotoran dan kepalanya dibuang. Kemudian dicuci hingga benar-benar bersih lalu tiriskan hingga benar-benar kering. Campur ikan dengan garam sambil diremas-remas hingga benar-benar tercampur rata. Diamkan selama 1 hari didalam wadah yang tertutup rapat. Setelah 1 hari beri larutan air Gula Aren, masukan kembali dalam wadah tertutup dan diamkan selama 1 Minggu. Setelah 1 Minggu Rusip siap digunakan. Rusip dapat dimakan tanpa dimasak terlebih dahulu ataupun dimasak terlebih dahulu sesuai selera dengan menambahkan irisan bawang merah, serai dan cabe rawit... ada yang berani coba? hehe...


TEMPE BOSOK




Tempe Bosok, sesuai namanya - ialah tempe yang sengaja dibikin busuk. Jadi tempe bagus di diamkan di suhu ruangan selama 3-4 hari, atau di dalam kulkas selama seminggu lebih. warnanya sudah berubah menuju hitam... nah, jadi kalau agan-agan istrinya kelupaan punya tempe di kulkas yang sudah busuk, jangan dibuang dulu, coba aja diolah menjadi sambel Tumpang atau di goreng menjadi lentho.. siapa tau malah jadi masakan favorit..



HAMPAS KECAP



Aslinya ini adalah kacang kedelai hitam. Nah kalo masakan ini, bukan cuma sudah melewati proses fermentasi, tapi juga sudah diperas saripatinya untuk bahan pembuatan kecap... Itu makanya diberi nama hampas kecap yang artinya sisa pembuatan kecap (ada gizinya ga ya?) Saya sndiri sangat menyukai olahan yang satu ini dan di kota asal saya, majalengka, masakan ini punya penggemar tersndiri. Hampas sangat nikmat disantap dengan nasi panas.






Nah, apa ada agan-agan yang bisa menambahkan masakan lain dari seluruh Indonesia yang cara mengolah bahannya dengan "dibusukan" terlebih dahulu?

NENEK SAYA BILANG, MAKIN BAU MAKIN ENAK.... HEHEH....


UPDATE


PEKASAM




KETHEK BACIN




Dari namanya aja kebayang kan yah, kaya apa baunya nih masakanan hehe... (kethek = ketiak/ketek, bacin = amis, bau)
tapi yaitu gaaan... makin bauu makin enaaak.... hehe





Sekian Agan-agan dan aganwati yang baik hati, jika suka - silahkan di rating yaa....





Diubah oleh LiyaAndre 08-10-2014 03:37
0
14.5K
75
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan