- Beranda
- Komunitas
- Entertainment
- The Lounge
Tipe - Tipe Customer Online


TS
muthia.ghina.s
Tipe - Tipe Customer Online
Quote:
Quote:
Spoiler for No Repost:

Quote:
Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
Selamat pagi/siang/sore/malam para mimin, momod, agan & sista semua, semoga dalam keadaan sehat wal afiat serta selalu dalam lindunganNya.Amin.
Internet di zaman ini, khususnya di Indonesia tengah berkembang pesat & semakin maju. Semakin banyaknya masyarakat kita yang melek internet juga diikuti dengan semakin menjamurnya online shop yang menjadi wadah para seller & buyer melangsungkan transaksi jual beli dengan mudah tanpa harus panas – panasan di pasar lagi.
Sayapun termasuk orang yang sangat sering melakukan transaksi jual beli online, baik sebagai buyer maupun seller. Pertengahan tahun 2011, untuk pertama kalinya saya membeli barang secara online. Ada rasa senang bercampur was – was ketika itu, senang karna bisa melakukan jual beli yang “tidak seperti biasanya” serta was – was karna takut ditipu, takut barang nyasar, tidak sesuai dengan orderan, dls.
3 minggu yang lalu akhirnya saya mulai berjualan online. Sejak itulah saya mulai bisa merasakan bagaimana suka dukanya bertransaksi online sebagai seller. Saya mendapat pengalaman & pelajaran yang luar biasa, mulai dari promo kesana kemari, diblock bahkan dikick di beberapa grup FB sampai kelimpungan balesin inbox, sms, WA & BBM bersamaan. Saya juga bertemu dengan bermacam – macam customer, baik yang jadi order maupun yang cuma tanya ini itu. Berikut tipe – tipe customer yang pernah saya temui :
Quote:
Spoiler for Ilustrasi:
1. The Real Customer
Mungkin ini adalah tipe customer idaman seluruh seller online. Customer tipe ini biasanya langsung order tanpa banyak tanya ini itu, deal, transfer & ngabarin ketika barang orderannya sudah nyampe.
Di hari pertama olshop saya buka, alhamdulillah customer pertama saya termasuk dalam tipe ini, langsung deal, transfer & barang dikirim hari itu juga. Bahkan sejauh ini beliau sudah 4 kali order dengan jumlah total 18 barang.
Quote:
Spoiler for Ilustrasi:
2. Tanya, Tanya, Tanya !!!
Kalo tanya sesuatu yang memang mungkin belum jelas, saya tentu akan dengan senang hati menjawabnya. Tapi yang saya maksud di sini adalah customer yang tanya – tanya sesuatu tanpa mau membaca/melihat terlebih dahulu. FYI, saya jualan pakaian wanita di FB.
============================================================
Cust. : Ada gamis yang bahannya katun sis?
Saya : Ada, silahkan langsung cek di album ya

Cust. : Kalo rok mini?
Saya : Maaf, ga ada sis

Cust. : High heels?
Saya : Ga ada sis, yang saya jual ya yang di album itu

Cust. : Baju renang ada ga sis?
Saya : (Pura – pura pingsan)
============================================================
Cust. : Sis, yang ijo ukurannya apa ya?
Saya : Fit L, ukuran detail seperti yang tertera di foto

Cust. : Harganya berapa? Bahannya apa?
Saya : Zzz… Zzz… Zzz… (Lah wong sudah jelas deskripsi, info & harga barangnya di foto)
Quote:
Spoiler for Ilustrasi:
3. Minta, Minta, Minta !!!
============================================================
Cust. : Ga boleh kurang ya sis?
Saya : Maaf sis, harga pas itu

Cust. : Kasih diskon donk, ntar saya promoin ke temen – temen deh.
Saya : Saya bisa promo sendiri kok sis

============================================================
Cust. : Minta foto rok yang item donk.
Saya : Silahkan cek album untuk liat koleksi lengkapnya

Cust. : Di sini aja sis, hp saya suka hang.
Saya : (Kirim foto)
Cust. : Kirim yang merah juga donk sis.
Saya : (Kirim lagi)
Cust. : Kirim yang pink, ungu, putih sama kuning juga donk. Eh, sekalian semua aja sis.
Saya : (Kuota abis)
============================================================
Cust. : Oke deal ya. Transfernya ke mana nih?
Saya : Ke B*A a/n XXX no. rek XXX, mohon konfirmasi setelah transfer ya

Cust. : Ga ada M*nd*ri sis?
Saya : Maaf, sementara via B*A aja sis

Cust. : Buka rek. M*nd*ri dulu gih sis, ntar baru saya transfer.
Saya : (Nyanyi “Aku Rapopo”)
============================================================
Cust. : Kaosnya murah – murah sis, saya minat, mau saya jual lagi.
Saya : Boleh banget, monggo ditunggu ordernya, ada harga khusus buat reseller loh

Cust. : Tapi saya ga ngerti cara jualan online sis, ajarin donk…
Saya : Promoin aja di FB, Twitter, IG atau BBM sis, saya juga gitu kok

Cust. : Terus cara bayar, kirim dll gimana? Ajarin donk sis…
Saya : (Kepikiran buka kursus pendidikan seller online)
============================================================
Cust. : Sis, saya jadi ambil jilbab yang tosca sama blouse yang abu – abu ya?
Saya : Boleh, totalnya sekian, transfer ke B*A a/n XXX no. rek XXX, mohon konfirmasi setelah transfer ya

Cust. : Barangnya dikirim dulu aja ya sis, nanti kalo udah nyampe baru saya transfer.
Saya : Maaf sis, ga bisa, prosedurnya memang seperti itu. Rata – rata semua olshop juga gitu kok

Cust. : Tapi saya maunya dikirim dulu, saya kasih jaminan scan KTP saya deh, saya ga bohong kok.
Saya : (Lempar hp keluar jendela)
Quote:
Spoiler for Ilustrasi:
4. PHP
===========================================================
Cust. : Mukena Balinya bagus banget sis.
Saya : Terima kasih, monggo diorder sis

Cust. : Harganya murah lagi, di tempat saya bisa 3 kali lipatnya tuh.
Saya : Saya cuma ambil untung dikit sis, yang penting halal & lancar

Cust. : Pelayanan juga ramah & cepat, good job sis, seneng saya di olshop ini.
Saya : Ikut senang kalo sis senang dengan pelayanan di sini

Cust. : Mmmm… kapan – kapan aja ya sis, nunggu awal bulan, lagi ga ada duit nih.
Saya : (Ngecek kalender, tanggal 3)
Quote:
Spoiler for Ilustrasi:
5. Interogatif
FYI, saya jualan pake akun FB pribadi. Sejak mulai jualan saya delete semua foto saya & saya ganti PPnya dengan gambar kartun seperti avatar saya di sini.
============================================================
Cust. : Kok harganya murah banget sih sis?
Saya : Saya cuma ambil untung dikit sis, yang penting halal & lancar

Cust. : Barangnya beneran dikirim ga?
Saya : Iya, setelah transfer, barang dikirim & saya infoin no. resinya sis

Cust. : Beneran? Jangan – jangan kamu nipu ya?
Saya : Ga sis, saya ga nipu & insya Allah ga akan pernah nipu

Cust. : Kok ga ada PPnya?
Saya : Ada itu sis

Cust. : Tapi kan ga asli, kenapa emangnya? Takut ketahuan ya kalo kamu penipu?
Saya : (Buru – buru selfie)
Quote:
Spoiler for Ilustrasi:
6. Jauh ya?
Entah kenapa, dari semua customer saya paling gemes sama tipe ini.
============================================================
Cust. : Saya mau donk gamisnya.
Saya : Monggo, yang mana sis?

Cust. : Yang warna kuning. Btw, kamu posisi di mana ya?
Saya : Pasuruan Jatim sis

Cust. : Waduh, jauh ya, ga jadi deh.
Saya : Lah saya kan jualan online, pasar saya ya seluruh pengguna internet. Kalo yang deket – deket aja ngapain saya promo di media sosial? (Kalimat ini hanya ada dalam hati saya)
Quote:
Spoiler for Ilustrasi:
7. Hantu
Tipe ini adalah customer yang sudah deal, sudah transfer & barangpun sudah saya kirim, tapi kemudian menghilang begitu saja. Jangankan testimoni, sekedar ngabarin kalo paketnya sudah diterima saja tidak. Akhirnya saya yang was – was & mencoba mengonfirmasi.
============================================================
Saya : Maaf sis, cuma mau mastiin, paketnya udah nyampe kah?

Cust. : (Ga ada respon)
Saya : Kalo udah nyampe kabarin ya sis, mau saya checklist buat pembukuan saya, terima kasih

Cust. : (Tetep ga ada respon)
Saya : (Merinding)
Quote:
Spoiler for Ilustrasi:
8. Komentator
Ada 1 customer yang pernah order di olshop saya & sampai sekarang masih sering chat sama saya. Beliau sering kasih komentar, saran, tips, bahkan kritik yang menurut saya sangat membangun & berguna untuk kelanjutan olshop saya. Cara penyampaiannya juga baik & tidak terkesan menggurui.
Belakangan saya baru tau kalo ternyata beliau juga owner di salah 1 olshop yang cukup besar. Saya sangat bersyukur serta berterima kasih karna sudah mendapat kesempatan sharing dengan seorang senior yang cukup mumpuni di bidang ini.
Tapi ada juga customer tipe ini yang bikin naik darah. Mungkin maksudnya baik, tapi cara ngomongnya itu loh yang bikin saya jadi rrrrrrrrrr…
============================================================
Cust. : Sis, kok fotonya besar – besar sih? Harusnya kecil aja biar ga BWK
Saya : Oh, gitu ya? Maksud saya sih biar jelas sis

Cust. : Loh, kok sekarang fotonya kecil sis?
Saya : Biar ga BWK sis, kan sis yang nyaranin

Cust. : Iya, tapi kalo gini ga bisa dibaca dong keterangannya, gimana sih?!
Saya :

Cust. : Terus kenapa harus panggil sis sih? Ukhti, ummi atau apa gitu loh…
Saya :

Cust. : Itu juga ngapain sih pake dikasih watermark, ganggu tau!
Saya :

Cust. : Ngapain juga jual baju yang model gitu, ga laku ntar…
Saya : (Nyari tombol “BLOCK”)
Quote:
Spoiler for Ilustrasi:
9. Maliiing…
Tipe ini baru saja saya temui. Customer tipe ini sebenernya adalah seorang seller juga, tapi menyamar sebagai customer biasa (ada juga sih yang terang – terangan) & minta gabung grup FB/BBM. Setelah menjadi member grup, mulailah mereka beraksi meng-add/invite calon customer potensial saya. Untuk yang ini saya biarkan & tidak terlalu mempermasalahkan karna saya percaya kalo rezeki sudah diatur, tidak mungkin tertukar.
Tapi ada lagi yang lebih parah, setelah menjadi member grup, mereka malah jualan di grup saya. Malah ada juga yang jualan di tengah transaksi saya & customer (calon buyer). Bukannya apa – apa, setau saya yang seperti itu melanggar kode etik perniagaan bahkan dalam agama saya diharamkan. Kalo saya membiarkan, saya juga ikut berdosa donk (selain kemungkinan saya kehilangan customer). Makanya, kalo ada yang seperti ini, langsung saja saya block/kick/DC.
Quote:
Yang jelas masih banyak tipe customer online khususnya di Indonesia, mulai dari yang baik banget, baik aja, bikin gemes sampai yang bikin emosi. Tapi yang paling banyak saya temui di olshop saya adalah tipe – tipe di atas.
Yang perlu digaris bawahi disini adalah saya baru jualan online selama 3 minggu (saat saya memposting ini) & mendapatkan banyak pengalaman menarik di sini. Saya jadi tau bagaimana senangnya seorang seller ketika ada customer yang deal order & bagaimana gemesnya ketika ditanya panjang lebar tapi ujung – ujungnya batal order.
Thread ini juga sebagai bentuk penghormatan saya, seorang seller nerwbie kepada seluruh pelaku jual beli online di Indonesia, khususnya para seller yang sudah sangat bersabar menghadapi beragam customernya masing – masing.
Terima kasih.
Yang perlu digaris bawahi disini adalah saya baru jualan online selama 3 minggu (saat saya memposting ini) & mendapatkan banyak pengalaman menarik di sini. Saya jadi tau bagaimana senangnya seorang seller ketika ada customer yang deal order & bagaimana gemesnya ketika ditanya panjang lebar tapi ujung – ujungnya batal order.
Thread ini juga sebagai bentuk penghormatan saya, seorang seller nerwbie kepada seluruh pelaku jual beli online di Indonesia, khususnya para seller yang sudah sangat bersabar menghadapi beragam customernya masing – masing.
Terima kasih.
Wassalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh
Quote:
NB :
- Mohon maaf kalo ada yang salah/kurang berkenan dengan thread ini. Maklum, saya newbie & ini adalah thread pertama saya.
- Thread ini murni berdasarkan pengalaman saya & bukan copas punya orang lain.
- Yang mau nambahin, sharing, saran, kritik membangun dls monggo ditunggu.
- Mengutip kata TS – TS lain, “Budayakan komen, rate 5 & kasih cendol buat yang udah iso.”
Spoiler for Jangan dibuka, BAHAYA !!!:
Diubah oleh muthia.ghina.s 12-10-2014 15:15
0
5.9K
Kutip
31
Balasan


Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama


Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan