deri1120Avatar border
TS
deri1120
Universitas Ini Juluki RI Rising Middle Power Dunia
Sebuah universitas di Singapura National University of Singapore (NUS) menyebut Indonesia sebagai negara berkekuatan ekonomi menengah dengan pertumbuhan tercepat di dunia. Hal itu tercermin dari perbaikan tingkat daya saing di sejumlah Provinsi di Tanah Air.

Ini diungkapkan Perwakilan NUS, Tan Kong Yam saat acara Penganugerahan Penghargaan kepada Penyelenggara Pelayanan Terpadu Satu Pintu di Bidang Penanaman Modal Provinsi, Kabupaten, dan Kota Terbaik 2014.

Seperti diketahui, NUS telah bekerjasama dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) dan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) untuk memeringkatkan daya saing di 33 Provinsi di Indonesia sejak 2011.

"Indonesia terkenal sebagai rising middle power di dunia," ungkap dia dalam sambutan dengan tema Meningkatkan Daya Saing Provinsi di Indonesia Dalam Rangka Menyongsong MEA di Hotel Borobudur, Jakarta, Selasa (7/10/2014).

Indonesia, kata Yam, masuk dalam 10 negara dengan Gross Domestik Product (GDP) terbesar di dunia. Dan posisi ini, diperkirakan akan menanjak menjadi negara berpendapatan terbesar ke-7 di dunia pada tahun-tahun mendatang.

Dengan pertumbuhan pendapatan tersebut, dia optimistis, Republik ini akan menyumbang kontribusi besar di kawasan Regional.

"Diharapkan Indonesia akan memimpin kawasan Asia Pasifik dan memimpin terwujudnya partnership menuju perdagangan bebas ," terang Yam.

Dia mencontohkan, dari hasil penelitiannya beberapa provinsi di Indonesia Timur, Sumatera Utara, Gorontalo, Bengkulu mencatatkan lompatan 12-13 peringkat dengan fokus 20 persen pada indikator terendahnya.

"Provinsi-provinsi di Jawa dan Sumatera selama ini dikenal maju, tapi ternyata ada kemajuan pesat di Provinsi Kalimantan dan Sulawesi. Ini bisa menjadi pembelajaran bagi kita semua," jelas dia.

Lebih jauh dikatakan Yam, Sumatera merupakan wilayah dengan stabilitas makro paling apik. Sementara untuk sublingkup perencanaan pemerintah dan institusi, Provinsi di Sulawesi bisa menjadi percontohan bagi Provinsi lain.

"Indonesia harus meningkatkan produktivitas pertanian dan sebagainya. Jika ingin membangun industri pengolahan sumber daya alam, perlu diiringi dengan peningkatan sumber daya manusia tanpa melupakan aspek governance, seperti infrastruktur," papar dia.

http://bisnis.liputan6.com/read/2115...le-power-dunia

Jangan terlena dengan pujian ini. Indonesia harus kontinu berjuang menjadi lebih baik lagi











Quote:
0
4.1K
47
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan