Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

ruch4nAvatar border
TS
ruch4n
Berniat selfie di Tanah Suci, perhatikan ini dulu...
Tren selfie sedang melanda seluruh penjuru dunia. Lalu,bagaimana jika kebiasaan selfie-nya tetap dibawa saat menjalankan ibadah Haji atau Umrah? Boleh gak sih selfie di Tanah Suci? Nah, baru-baru ini seorang ulama garis keras dari Jeddah, Arab Saudi bernama Sheikh Assim Al-Hakeem mengeluarkan fatwa larangan berfoto selfie di Tanah Suci. Ia berpendapat mengambil gambar saat melakukan ibadah bertentangan dengan sunah nabi.

Berniat selfie di Tanah Suci, perhatikan ini dulu...


“Hal ini didasarkan pada ketulusan dan mengikuti sunah, Nabi SAW bersabda, “Ya Allah, aku meminta Anda ziarah dengan tidak menunjukkan diri dengan maksud memperlihatkan kepada orang lain.” Selfie yang dilakukan oleh para jemaah menentang keinginan nabi kami,” ujar Sheikh Assim Al-Hakeem sebagaimana dilansir Daily Mail, Rabu (1/10/2014).

Pernyataan Hakeem langsung dibenarkan oleh rekan-rekannya yang mengatakan jamaah seolah-olah datang hanya untuk mengambil gambar, bukan untuk beribadah. Beberapa tahun lalu sebenarnya pemerintah pernah melarang jemaah membawa ponsel berkamera. Tapi, peraturan tersebut melunak belakangan ini.

Tetapi bukan berarti fatwa tersebut langsung dapat diterapkan, pro dan kontra pasti ada. Bahkan, fatwa tersebut masih diperdebatkan oleh beberapa ulama di Arab Saudi. Hakeem hanya ingin menyampaikan pendapatnya tidak akan mengakibatkan perselisihan. Baginya, esensi dari ibadah merupakan hal terpenting.

“Meskipun ada perbedaan pendapat, tidak boleh ada perselisiham apapun pada arti sebenarnya dari haji dan esensi di balik itu,” kata Hakeem.

Bagaimana menurut agan-agan?


Sumber: solopos.com


Spoiler for Thread ane lainnya:


Quote:
Diubah oleh ruch4n 03-10-2014 09:54
0
5.9K
46
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan