Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

geniuskeyboardAvatar border
TS
geniuskeyboard
[NEED HELP] Apa yang harus saya lakukan?
Saya punya beberapa orang karyawan.

Karyawan-karyawan saya "makan gaji buta", kadang sampai 5 minggu bahkan 6 minggu berturut-turut mereka cuma duduk nganggur-nganggur saja, soalnya bisnis sepi. Karena jujur saja, tidak ada jobs yang harus mereka kerjakan. Baik karyawan atau bahkan saya sebagai atasan, bingung hari ini harus kerja apa, soalnya toko offline baru sangat sepi sekali.

Lama-lama saya stress juga, karena karyawan "makan gaji buta" sampai 5-6 minggu berturut-turut, menggerogoti keuangan saya. Padahal seharusnya ini bukan bulan low season. Dan jujur, anggaran saya mulai mepet, dana bebas yang bisa dipakai tinggal sekitar 15 juta rupiah saja, kalau uang itu habis untuk membayar karyawan, kulakan besok pasti kacau karena tak ada dana.

Jujur, saya keliru. karena keburu-buru mengambil karyawan, padahal saya belum memastikan sendiri, apakah toko akan laku banyak, atau akankah ada daftar pekerjaan rutin harian yang bisa karyawan lakukan. Selama berbulan-bulan, pekerjaan rutin harian cuma duduk-duduk sama bebersih toko saja. Selebihnya nganggur plong satu hari kerja.

Teman saya bahkan bilang, "Kok kamu terburu-buru banget mengambil karyawan tanpa nyoba dulu usaha ini mau gimana, omset masuk tidak, dan apa karyawan akan punya list jobs rutin harian." Dan terbukti kata temen, sejak pertama toko dibuka, 80% jam kerja karyawan nganggur, hanya 20% jam kerja yang produktif.

Rencananya saya baru mau membuat website untuk menjual produk saya secara online, supaya tidak cuma tergantung toko offline saya saja, yang benar-benar baru sepi. Tapi saya butuh waktu sekitar 2-3 minggu sampai website jadi, launching & banyak pengunjung masuk.

Pertanyaan saya:

(1) Haruskah saya meliburkan karyawan sementara selama 2-3 minggu ini, menunggu website jadi lebih dulu?

(2) Apa yang sebaiknya saya katakan pada karyawan-karyawan saya?

(3) Bagaimana kalimatnya sebaiknya?

(4) Ataukah karyawan-karyawan saya PHK dulu saja? Lalu semua saya kerjakan sendiri, sambil menunggu kepastian bisnis saya berjalan lancar di pembukuan keuangannya?

Terima kasih atas saran agan-agan.

0
2.2K
18
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan