Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bomels8Avatar border
TS
bomels8
[Mudah2an Menginspi] PerjalananKu Ketika Memutuskan Untuk jadi Seorang ENTERPRENUER
Pilihan untuk menjadi seorang wiraswasta ketika pertama selesai kuliah di salah satu universitas dan menyandang gelar s1 ilmu komunikasi dengan konsentrasi Journalist adalah langkah awal yang saya tempuh. Awal mula saya berwiraswasta dalam bidang peternakan, yaitu berternak bebek petelur, yang pada akhirnya bangkrut… krut..krut. hal tersebut disebabkan oleh rayuan-rayuan dan bacaan0bacaan yang menarik dari beberapa orang dan artikel. Bayangkan bebek bertelur tiap hari. Jika punya bebek 100 ekor dan yang bertelur perharinya 70 ekor bebek, maka jika harga telur bebek Rp.1.500 saja pendapatan perhari itu sekitar Rp. 105.000. dengan diaya pakan perhari untuk 100 ekor bebek adalah Rp. 55.000. jadi pendapatan bersih adalah Rp.55.000. jika di kalikan 30 hari maka pendapatan bersih saya adalah Rp.1.650.000. saya berfikir itu dari 100 ekor bebek. Bagaimana kalau 1000 ekor bebek. Wow hal tersebut menggiurkan.
Sayapun mecoba dengan beternak 100 ekor bebek.
Selama 8 bulan saya sanggup bertahan, dengan tetap rugi tiap bulannya. Alas an saya bertahan adalah ini adalah proses, sampai saya mengerti tentang ilmu bebek petelur. Akhirnya setelah bulan ke 8 saya gulung tikar karena saya sudah tidak punya modal, dan meninggalkan hutang.
Akhirnya karena saya tidak punya modal dan mempunyai hutang saya memutuskan untuk bekerja, untuk membayar hutang dan mencari modal. Sayapun melamar menjadi seorang account officer di salah satu perbankan. Yang pekerjaannya dari mulai cari nasabah, jd appraisal, analis, maintenance nasabah, mengelola kredit bermasalah, penyitaan, sampai pelelanga “mungkin agan tau di Bank apa saya bekerja” emoticon-Big Grinpokoke AO Superman gelar kami.
Setelah 15 bulan “habis kontrak” saya memutuskan untuk Resign. Dan tidak ingin kontrak diperpanjang, walaupun pimpinan cabang saya mempertahankan dan menawarkan saya di posisi yang lain.
Dari hasil bekerja, saya bersyukur hutang saya lunas, dan saya mempunyai sedikit modal lagi. Sayapun memutuskan untuk wiraswasta di bidang peternakan, yaitu pada bebek petelur lagi. Dengan cara saya betul-betul menganalisa bibit, dan lain sebagainya.
Sayapun ketemu dengan peternak bebek yang sudah malang melintang di bebek petelur.
Banyak ilmu yang saya dapat. Akhirnya sayapun membeli bebek dari orang tersebut,dengan jaminan ika bebek tidak bertelur 80% setelah 1 bulan, maka uang kembali.
Saya pun memutuskan membeli bebek 100 ekor lagi.
Setelah satu bulan bebek yang bertelur tiap harinya kurang lebih 10-30%. Sayapun menghubuni penjual. Sangat sulit sekali menghubinginya. Setelah beberapa hari dia dating ketempat saya. Dan mengatakan bla..bla..bla… saya pun ikut saran dia.
Dan tetap seperti itu, yang akhirnya pada intinya dia tidak bertanggung jawab.
Intinya saya tertipu. Kesalahan saya adalah tidak memakai perjanjian jual beli.
Saya erfikir, sudahlah yang sudah, sudah! Itu pelajaran saya.
Seperti di awal, saya kehabisan modal dan meninggalkan hutang!
Sayapun memutuskan untuk bekerja kembali.
Lamar, sana sini, belum keterima juga, saya memilih untuk membantu teman bertani. Saya pun pergi dari rumah selama 6 Bulan. Untuk belajar pertanian,
Ternyata waktu segitu tidak cukup, sayapun bangkrut ketka mencoba menanam cabai dll.
Dan saya bekerja di salah satu agency untuk bekerja menjadi sales coordinator.
Sayapun diterima.
Ternyata oh ternyata distributor temat saya bekerja itu GILA. Banyak permainan yang dilakukan. Dan gilanya, orang principle itu kaya yang takut pada distributor “saya curiga dia juga bermain, bukan takut”
Akhirnya saya menjadi sasaran tembak untuk setiap permasalahan, melihat gelagat bahaya, sayapun memutuskan untuk resign, dan pihak agencypun menyetujui tanpa membebankan penalty pada saya, karena memang akan bahaya untuk saya!
Setelah resign, saya memutuskan untuk usaha kembali. Pada saat ini saya berjualan pakaian offline. Dari mulai Jeans, Celana Chino, Dress, Kameja dll.
Saya bersyukur walaupun belum balik modal, tapi putaran usaha, sudah lumayan,
Niat untuk jualan onlinepun terlintas di fikiran saya. Sayapun pada har ini dengan berbarengan saya bikin tulisan ini saya jualan secara onlie LAPAK JUALAN ONLINE , saya juga rencana bikin BLOG, mudah2an kedepannya bias punya WEBSITE sendiri , Amien. “bukan maksud promosi”.
Mudah-mudahan usaha saya bias terus sukses, saya meminta do’a nya kepada kawan-kawan semua.


Terimakasih

………………..


Manfaat yang dapat diambil dari cerita saya, sebagiannya menurut saya adalah :
1. Usaha bukan hanya didasarkan modal
2. Usaha bukan hanya tau ilmunya “tapi memahami usaha tersebut adalah yang paling utama, dari mulai supplier sampai pasar”
3. Ketahui apa potensi dalam diri! Jika tau potensinya, maka anda akan paham dan tidak merasa capek dalam menjalankan usaha “have fun”

Sekian yang bias saya share, hal tersebut adalah sebagian kecil dari apa yang saya alami. Semoga dapat menjadi gambaran begi teman-teman sekalian!
Terimakasih 
Salam Sukses

*******Yang menganggap saya posting tulisan promosi “terserah” saya hanya ingin berbagi pengalaman, mungkin sedikit tulisan saya dapat menggambarkan, bahwa untuk memilih jadi seorang wiraswasta harus benar-benar punya mental.
***** Tulisan Diatas Bukan Berarti Untuk Usaha Bebek Petelur itu Tidak Baik, Hanya ketika itu saya mungkin bukan potensi saya untuk usaha itu, ditambah saya kena tipu, emoticon-Smilie
Diubah oleh bomels8 28-09-2014 08:13
0
3.7K
31
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan