teddinatorAvatar border
TS
teddinator
KUMPULAN SOAL TEST CPNS
Assalamualaikum Wr. Wb.

Update 2019
Perubahan Nilai Ambang Batas Tes CAT 2019 untuk formasi umum :
TWK dari sebelumnya 75 menjadi 65
TIU tetap 80
TKP dari sebelumnya 143 menjadi 126

untuk TKP turun agak signifikan karena tahun 2018 ternyata banyak peserta yg justru gagal lolos tes CAT di TKP, entah mengapa mungkin karena standarnya waktu itu terlalu tinggi ya hehehe

Tahun lalu, nilai ambang batas SKD CPNS 2018 bagi peserta lulusan cumlaude dan Diaspora minimal 298, dengan nilai TIU paling rendah 85.

Kali ini, nilai ambang batas yang harus dicapai bagi peserta CPNS yang ingin lolos SKD, yakni minimal 271, dan dengan nilai TIU paling rendah 85.

Kemudian, untuk nilai kumulatif SKD bagi penyandang disabilitas sebesar 260, dengan nilai TIU paling rendah 70.

Dan untuk SKD formasi Putra/putri Papua dan Papua Barat paling rendah 260, dengan nilai TIU paling rendah 60.

lebih jelas dapat dibaca pada PermenpanRB Nomor 24 Tahun 2019.

Tahun 2019 ini agak sedikit berbeda karena pasca pengumuman seleksi administrasi, peserta yg tidak lulus dapat melakukan sanggahan jika panitia salah dalam melakukan verifikasi yg menyebabkan peserta tersebut tidak lulus/tidak memenuhi syarat/TMS. Jika sanggahan diterima maka peserta tersebut dapat diralat Tidak Memenuhi Syaratnya (TMS) nya menjadi Memenuhi Syaray (MS), tentunya dengan pengumuman lanjutan pada web resmi instansi masing masing.
Patut diingat bahwa yg dimaksud menyanggah itu adalah ketika panitia salah memverifikasi berkas online yg menyebabkan peserta TMS pasca pengumuman seleksi administrasi, disitu kamu berhak menyanggah disertai dengan alasannya. Sedangkan kalo kesalahan datang dari kamu sbg peserta ya ga bisa lagi menyanggah, apalagi upload berkas susulan.. ga bakal bisaaa ya nak karena kalian udah terlanjur Submit. Makanya sebelum klik Submit, diperiksa dulu berkas2 yg udah diupload apakah sudah sesuai dengan yg dipersyaratkan.

Tips n Trik Lulus Seleksi Administrasi :

1. Tiap kamu lamar ke satu instansi, pastikan kamu periksa ke web resmi mereka dan cari pengumuman CPNS nya, ikuti semua format persyaratan yg ditentukan mereka seperti format surat lamaran, format surat keterangan, format surat pernyataan dll. Walaupun di web sscasn BKN udah ada link sumbernya, alangkah lebih baik jika kamu cek ke web resmi instansi yg dilamar utk memastikan lagi.

2. Pastikan kualifikasi pendidikan kamu itu sesuai dengan kualifikasi pendidikan yg dibutuhkan pada jabatan yg kamu lamar. Jangan pernah coba coba, misal kamu nih S1 pendidikan ilmu komputer dengan gelar S.Pd. lamar di jabatan yg membutuhkan kualifikasi S1 ilmu komputer/komputer, maka bisa dipastikan kamu bakal gagal lolos karena yg dibutuhkan itu yg bergelar S.Kom.. intinya cari aman aja dan kalo bisa sebelum lamar telepon dulu ke instansinya kalo masih ragu apakah kualifikasi pendidikan kamu itu bisa masuk atau ga.. poin ini penting karena jaman sekarang itu udah banyak banget gelar gelar pendidikan baru, misal dulu Sarjana Akuntansi maupun Sarjana Manajemen itu gelarnya S.E. , eh pas skrg mereka udah beda lagi gelarnya jadi S. Ak dan S.Mn. Contoh lagi apakah Sarjana Ekonomi Syariah bisa lamar di jabatan dengan kualifikasi S1 Ekonomi, apakah Sarjana Hukum Syariah bisa lamar di jabatan dengan kualifikasi S1 Hukum, apakah Teknik Informatika bisa lamar dijabatan dengan kualifikasi S1 Komputer, pokoknya kamu lamar dijabatan yg kualifikasi pendidikannya sesuai dengan kualifikasi pendidikan kamu. Sederhananya gini, di sscasn BKN itu kan ada fitur search, kamu S1 Ekonomi Syariah, ketik dan cari di bagian pendidikannya maka keluar list jabatan dari seluruh instansi dengan kualifikasi pendidikan Ekonomi Syariah maka itu yg jd prioritas kamu krn sesuai dengan kualifikasi pendidikan kamu. Jika misal ga ada yg cocok di list jabatan itu, dan kamu mau coba lamar ke jabatan dengan kualifikasi S1 Ekonomi maka saya sarankan untuk telepon instansinya dulu apakah bisa melamar di jabatan itu.

3. Surat lamaran apakah ditulis tangan atau diketik, memakai tinta apa dan pastikan bahwa surat lamaran itu tujuannya benar ke instansi yg dilamar (biasanya tiap instansi udah buat format surat lamarannya) dan jangan lupaaa.. sekali lagi JANGAAN LUPAA kalo surat lamaran itu harus di TANDATANGAN dengan MATERAI.. ditempat ane lumayan banyak yg gugur gara2 hal sepele ini.

4. Kalo ada instansi yg mempersyaratkan sertifikat tertentu, misal TOEFL, lihat berapa standar nilai minimumnya dan apakah sertifikat yg dilampirkan itu harus masih berlaku? misal syaratnya itu TOEFL minimal 450 dan masih berlaku, maka ikuti syarat itu dan jangan pernah sekali sekali kamu iseng, ah paling panitia cuma liat skornya aja, ga liat masa berlakunya yg udh expired.. skor gw udah 650 ini.. bisa loloslaah.. eng ing eeeng.. pas pengumuman kelulusan administrasi nama kamu ga ada.. nangis bombaaaay.. jangan remehin mata panitia, apalagi matahari karena banyak diskonnya.. eaaaa..
oia khusus utk skor TOEFL yg kriteria skornya khusus/beda, misal dari Universitas/lembaga tertentu, maka selain sertifikat TOEFL nya, kamu wajib lampirin lembar konversinya, dijadikan 1 file pdf.

5. Perhatikan semua persyaratan dengan seksama, hindari salah ketik dan sebagainya, di review kembali semua persyaratan yg sudah dibuat dan disiapkan.. misal tanggal lahir harusnya 1 April 1990, tau tau kamu nulisnya 1 April 2019.. tanggal kelahiran pada ijazah eeh kamu masukinnya tanggal ijazah keluar.. no ijazah jangan sampe salaaah meski 1 hurufpun, ini pengalaman saya dulu lamar di kemenkeu, dpt tempat pengambilan no kursi di kampus STAN Tangerang, jauh beneer,, ternyata disitu dicek langsung berkas persyaratan yg kita bawa dengan hasil inputan kita di sistem, ketauanlah saya kurang ketik 1 huruf nomor ijazah pada sistem, alhasil ane gagal dikasih no kursi cuma gara gara salah ketik nomor ijazah disistem.. sia sia dateng jauh jauh karena kecerobohan itu.. makanya teliti dulu semua berkas persyaratan sebelum kirim final/submit.

Tanya2 langsung pm aja atau via line id : teddinho24, gratis tis tis tis


"Selamat buat Kamu Kamu yang Sudah Lolos Seleksi Administrasi CPNS.. ingat, jangaan terpanaa.. masih ada waktu sekitar 1 bulan menuju test CAT, persiapkan dengan baik dan matang.. belajar belajar belajaaar..
kalo bisa puasa dan minta emak babeh puasain dan doain kamu rutin buat kamu lolos CPNS.. doa orangtua itu mujarab lho, insya Allah.. agar tercapai impian....


LOLOS CPNS !!!

aamiin..
Diubah oleh teddinator 19-09-2021 14:58
anasabila
4iinch
4iinch dan anasabila memberi reputasi
2
16.3K
188
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan