[KASKUSEPUR] Semua Tentang Perjalanan Dengan Kereta Api
"...dan menjadi sebuah kenikmatan tersendiri kala semboyan membahana diantara pegunungan, melintasi hutan dan pesawahan, menyisir tepian pantai"
SELAMAT DATANG DI KASKUSEPUR
Thread ini bertujuan untuk saling memberikan info tentang travelling dengan menggunakan kereta api. walaupun thread ini sebagian besar membahas kereta api penumpang jarak jauh di Indonesia, tapi ga diharamkan juga untuk membahas jenis kereta lainnya. kasak-kusuk seputar dunia perkeretaan juga akan dibahas disini, khususnya yang erat kaitannya dengan dunia jalan-jalan..
Usahakan menggunakan Multi-quote dalam me-reply!
Ga ngerti caranya Multi-quote di hape? baca disini
Dalam me-reply posting yg panjang (misalnya Trip Report), cukup dikutip bagian judul dan atau sebagian isi awalnya
Dilarang OOT dan posting ga penting!
Jadi ga boleh OOT? boleh aja, tapi dengan cara yang cakep. misalnya dengan nyelipin OOT diakhir post setelah posting info yang bermanfaat, atau setelah menjawab pertanyaan yang ada
Dalam membuat Trip Report atau Catatan Perjalanan, cantumkan:
- Nama KA, Relasi, Tanggal dan jam keberangkatan (wajib)
- Foto-foto (opsional, tapi yang namanya Trip Report rasanya kurang afdol kalo gada fotonya)
- Gunakan tag spoiler dan tag quote di dalam spoiler (contohnya disini)
Dalam memposting jadwal dalam bentuk foto yang bukan hasil jepretan sendiri, atau dalam bentuk tabel yang bukan disusun sendiri, tolong sebutin sumbernya!
Hargailah orang yang udah capek2 ke stasiun bwt ngambil foto atau menyusun tabel itu
Terakhir, tapi ga kalah penting: Biasakan baca keseluruhan pejwan sebelom bertanya!
1. Dilarang login kalo cuma bwt liat2 atau posting diluar pejwan
2. Harap mengisi status login agar admin laen bisa mengetahui bahwa ente sedang melakukan pengeditan (kadang tidak cukup dengan hanya melihat icon online/offline)
3. Cantumkan full/short username di tengah/kanan bawah post yg telah diedit (disesuaikan dgn estetika aja)
khusus post#1 ga perlu kalo emank gada yg diedit selaen ngisi/ngapus status login
4. Jika memerlukan foto, sebisa mungkin utamakan foto sumbangan warga sini (bisa diambil dari Trip Report dgn mencantumkan linknya)
5. Setelah selesai edit, kosongkan status dan segera logout
6. Jika ada admin yg sedang login, admin laen tidak diperkenankan login untuk menghindari kekacauan
7. Mari menjaga post#1 ini sebersih dan sesederhana mungkin
Ya kembali sebagai tujuannya untuk diferensiasi (pembeda), kalau kelak kereta 64 seat benar-benar habis dibabat namun yang 106 seat masih banyak, gak salah juga deh si 80 seat disebut kereta kelas 2 sementara si 106 seat disebut kelas 3
Iya setuju Jadi inget Malabar
Quote:
Original Posted By Felix.ImPo►Permisi mau nanya dikit
Rencana ane mau traveler sama temen" sekitar 5orng tapi ingin menggunakan kereta bisnis
tapi pas diliat" harganya lumayan mahal juga yah PP40ribu
kira" ada yg bisa recommend supaya bisa lebbih murah namun menggunakan kereta bisnis dari jakarta ke yogya
atau mungkin ada yg tahu waktu" promosi biar dapet tiket murah?
Thanks
Bentar gan, mata ane gak siwer kan Jakarta - Yogya naik Kereta Bisnis hanya 40ribu PP? 400ribu kayaknya itu, secara kereta ekonomi seperti Progo saja harganya sudah 50ribu sekali jalan
Yang lebih murah dari harga 200ribu, kayaknya Fajar Utama/Senja Utama tarif batas bawah di non week end 170ribu. Yang lebih murah lagi ada Progo, Bengawan dan Joko Tingkir 50-95ribu/orang dengan kelas ekonomi. Jakarta-Yogya waktu tempuh 8 jam. Insyaallah sih kalau buat saya waktu segitu gak terlalu berat jika berangkat bareng berame-rame. Kalau mau duduk di bangku yang searah perjalanan KA nanti bisa tuker dengan temen didepannya(keknya bisalah nerapin skema rotasi)
Bentar gan, mata ane gak siwer kan Jakarta - Yogya naik Kereta Bisnis hanya 40ribu PP? 400ribu kayaknya itu, secara kereta ekonomi seperti Progo saja harganya sudah 50ribu sekali jalan
Yang lebih murah dari harga 200ribu, kayaknya Fajar Utama/Senja Utama tarif batas bawah di non week end 170ribu. Yang lebih murah lagi ada Progo, Bengawan dan Joko Tingkir 50-95ribu/orang dengan kelas ekonomi. Jakarta-Yogya waktu tempuh 8 jam. Insyaallah sih kalau buat saya waktu segitu gak terlalu berat jika berangkat bareng berame-rame. Kalau mau duduk di bangku yang searah perjalanan KA nanti bisa tuker dengan temen didepannya(keknya bisalah nerapin skema rotasi)
Ah, ini lagi nih, kereta 106 seat punya Malabar, kadang Gumarang dan Harina ini juga suka bikin kacau klasifikasi kelas perkereraapian Kereta 106 seat harganya bisa bikin kejang-kejang, *lebay.com kapan ya klasifikasinya bisa seragam dan tunggal jadinya gak multitafsir gitu
Sekarang kan kalo ngomong "kereta ekonomi" harus dikejar lagi pake pertanyaan jumlah seat atau harga subsidi atau nonsubsidi
========================
Ngomongin traveling termurah Jakarta - Jogja, memang sebaiknya pakai ekonomi subsidi macam Progo, Bengawan, atau GBMS. Dijamin biaya transport bisa ditekan habis-habisan tapi minusnya ya namanya juga ekonomi, subsidi lagi, kursi dll nya tentu tak senyaman bisnis. Eh tapi kalo di eko subsidi gitu saya suka suasana keakraban antar penumpangnya yang ramah dan begitu hangat dan mungkin jarang dijumpai di kereta kelas lebih tinggi
Ah saya kok makin ngelantur kemana-mana
Quote:
Original Posted By Carleto►Misi gan mau tanya maaf kalo kelewatan di pejwan
Kalo misal ane kehabisan tiket via online apa ke stasiun langsung masih kemungkinan ada atau sama aja gan ?
Makasih gan, maaf kalo pertanyaannya dasar banget
Sama aja gan, di onlen habis di tasiun juga habis. Kecuali ada yang membatalkan tiket, maka akan muncul lagi baik di onlen ataupun di tasiun.
Original Posted By 87arema►Kalau buat ngejar waktu berangkat kerja Majapahit sangat bisa diandalin lah, asal telatnya gak parah sampe lebih dari 3,5 jam gitu Masalah colokan kapan hari ada yang post ada beberapa kereta yang sudah dipasang cmiiw.
Amit2 kalau K3AC biru diganti sebagai K2, secara ini KA 'ekonomis' banget(fasilitas kursi/bangkunya).
masa majapahit udah ada colokoannya om?
ratio telat nih majapahit termasuk tinggi loh (katanya)
Quote:
Original Posted By Hungry Soul►Ya kembali sebagai tujuannya untuk diferensiasi (pembeda), kalau kelak kereta 64 seat benar-benar habis dibabat namun yang 106 seat masih banyak, gak salah juga deh si 80 seat disebut kereta kelas 2 sementara si 106 seat disebut kelas 3
masa majapahit udah ada colokoannya om?
ratio telat nih majapahit termasuk tinggi loh (katanya)
postinganku gak pernah di quote
Sepayah-payahnya dia di realitas, sepur satu ini jamnya sebenarnya cukup bagus di kedua arah buat orang Jatim Selatan, apalagi buat orang-orang lapangan banteng, ring-1 istana, kebon sirih, dll. Buat wilayah lain juga bagus
Jadwal dan spare time nya nyampe Jakarta juga paling "manusiawi" dibandingkan KA Jatim Selatan non eksekutif lainnya
Original Posted By Carleto►Misi gan mau tanya maaf kalo kelewatan di pejwan
Kalo misal ane kehabisan tiket via online apa ke stasiun langsung masih kemungkinan ada atau sama aja gan ?
Makasih gan, maaf kalo pertanyaannya dasar banget
nubi coba bantu jawab gan
pertanyaan agan kurang spesifik nih
klo misal agan reserve tiketnya seminggu sebelum berangkat, ya masih ada kemungkinan dapet tiket via online juga di hari-hari berikutnya nunggu orang batal berangkat.
Dan klo misal nyari tiket buat hari ini juga a.k.a go show, masih ada juga kemungkinan agan dapet tiket langsung di stasiun, itu juga sama, yaitu nunggu batalan tiket, tapi ya sama aja kayak sebelumnya,
tergantung "hokian" agan..
Original Posted By Hungry Soul►Sepayah-payahnya dia di realitas, sepur satu ini jamnya sebenarnya cukup bagus di kedua arah buat orang Jatim Selatan, apalagi buat orang-orang lapangan banteng, ring-1 istana, kebon sirih, dll. Buat wilayah lain juga bagus
Jadwal dan spare time nya nyampe Jakarta juga paling "manusiawi" dibandingkan KA Jatim Selatan non eksekutif lainnya
Noh udah dikuot noh
ah masa sih om
ane nunggu tiket majapahit atas nama arwah lapar ya
masa spare time bagus om?
ane 2x naik ini sampek jakarta jam 7 pagi
ah masa sih om
ane nunggu tiket majapahit atas nama arwah lapar ya
masa spare time bagus om?
ane 2x naik ini sampek jakarta jam 7 pagi
Ya elu naeknya kapan
Jadwalnya kan udah ganti kangmas, dia telat 4 jam kalo nyampe Jakarta pukul 7 pagi sekaranf, udah lebih dari cukup kan? Hanya keadaan yang luar biasa juga yang bisa bikin telat separah itu sehari-harinya....
permisi gan rencananya tanggal 19 september ane mau ke jogja,kira" nyaman mana yah taksaka pagi atau argo dwipangga?,secara ane bawa bayi.makasih gan sebelumnya.
Original Posted By mamank_amay►permisi gan rencananya tanggal 19 september ane mau ke jogja,kira" nyaman mana yah taksaka pagi atau argo dwipangga?,secara ane bawa bayi.makasih gan sebelumnya.
Semuanya nyaman kok, klo bayi setahuku yg penting itu posisi kursi (agar tdk terlalu dekat dgn bordes, baiknya baris 7 saja) dan suhu ruangan (yang berasal dari AC)
Sepayah-payahnya dia di realitas, sepur satu ini jamnya sebenarnya cukup bagus di kedua arah buat orang Jatim Selatan, apalagi buat orang-orang lapangan banteng, ring-1 istana, kebon sirih, dll. Buat wilayah lain juga bagus
Jadwal dan spare time nya nyampe Jakarta juga paling "manusiawi" dibandingkan KA Jatim Selatan non eksekutif lainnya
Noh udah dikuot noh
tjie ngebela nih ceritanya
tapi omonganne om hungry ini bener loh, ane udah jarang/ga pernah ngeliat majapahit lagi di pagi hari, jadi ketepatan waktunya bagus berarti
Semuanya nyaman kok, klo bayi setahuku yg penting itu posisi kursi (agar tdk terlalu dekat dgn bordes, baiknya baris 7 saja) dan suhu ruangan (yang berasal dari AC)
waduh,ane ambil yg 2 baris di depan lagi gan,maksudnya ane cari yg single seater biar istri ane bisa leluasa
tjie ngebela nih ceritanya
tapi omonganne om hungry ini bener loh, ane udah jarang/ga pernah ngeliat majapahit lagi di pagi hari, jadi ketepatan waktunya bagus berarti
Ya elu bayangin aja lah, dengan jadwal tiba yang jam 3 pagi, berarti yang gak beres ya pantura nya kalo sampe dia tiap hari masuk jam 7 pagi, which is telat 4 jam
Yaaa mau diingkari kayak apa juga, faktanya Majajepit adalah kereta Jatim selatan non eksekutif dengan jadwal paling ngepas di kedua arah bagi para pekerja yang terikat jam masuk
Ya elu bayangin aja lah, dengan jadwal tiba yang jam 3 pagi, berarti yang gak beres ya pantura nya kalo sampe dia tiap hari masuk jam 7 pagi, which is telat 4 jam
Yaaa mau diingkari kayak apa juga, faktanya Majajepit adalah kereta Jatim selatan non eksekutif dengan jadwal paling ngepas di kedua arah bagi para pekerja yang terikat jam masuk
Joyride Majapahit yuk Wah, Jakarta - Malang PP, kalo mau di mix sama Gajayana juga rapopo, asal tiketnya Gajahnya dibayarin..
Bentar gan, mata ane gak siwer kan Jakarta - Yogya naik Kereta Bisnis hanya 40ribu PP? 400ribu kayaknya itu, secara kereta ekonomi seperti Progo saja harganya sudah 50ribu sekali jalan
Yang lebih murah dari harga 200ribu, kayaknya Fajar Utama/Senja Utama tarif batas bawah di non week end 170ribu. Yang lebih murah lagi ada Progo, Bengawan dan Joko Tingkir 50-95ribu/orang dengan kelas ekonomi. Jakarta-Yogya waktu tempuh 8 jam. Insyaallah sih kalau buat saya waktu segitu gak terlalu berat jika berangkat bareng berame-rame. Kalau mau duduk di bangku yang searah perjalanan KA nanti bisa tuker dengan temen didepannya(keknya bisalah nerapin skema rotasi)
eh iya ane salah ketik hahaha
iya nih PP udah nemu paling murah 400ribu ternyatalumayan yah, kalo eko jarak antara bangku samping terlalu kecil buat jalan jadinya ribet nanti, enakan bisnis lebih nyaman juga hehehe...
btw emang jrng yah dapet tiket" promo gitu?]
Original Posted By Hungry Soul►Ya elu naeknya kapan
Jadwalnya kan udah ganti kangmas, dia telat 4 jam kalo nyampe Jakarta pukul 7 pagi sekaranf, udah lebih dari cukup kan? Hanya keadaan yang luar biasa juga yang bisa bikin telat separah itu sehari-harinya....
ganti yah om?
baru tah
selama ini ane ngikut ente jadi Jamaah Haters Majapahit
sekali naik kapok dah
Semua laporan yang masuk akan kami proses dalam 1-7 hari kerja. Kami mencatat IP pelapor untuk alasan keamanan. Barang siapa memberikan laporan palsu akan dikenakan sanksi banned.