CARI
KATEGORI
KATEGORI
Home / FORUM / All / Food & Travel / ... / Selera Nusantara (Indonesian Food) /
Renyahnya Makan Gorengan "Tempe Kemul" Khas Wonosobo
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/5417ad0d118b46757a8b456b/renyahnya-makan-gorengan-quottempe-kemulquot-khas-wonosobo

Renyahnya Makan Gorengan "Tempe Kemul" Khas Wonosobo

Assalamu'alaikum Agan-agan semuaaa

emoticon-Kissemoticon-Kiss emoticon-Kiss


Coba liat ke atas dulu gan.. Itu ada bintang-bintang, paling bagus kalo di klik kelima bintangnya itu gan


emoticon-Rate 5 Staremoticon-Rate 5 Star emoticon-Rate 5 Star


Dan sangat menerima Cendolnya gan


emoticon-Blue Guy Cendol (L)


Subhanallah gan baru kemarin ane buat, hari ini 17 Sep '14 jadi HT pertama ane. Padahal ane kira gak banyak yang baca.. Senengnya itu disini gan emoticon-heartMakasih semuanya..


Renyahnya Makan Gorengan "Tempe Kemul" Khas Wonosobo

Gan, sebagai orang Indonesia yang baik dan benar emoticon-I Love Indonesia (S) pasti ente pada tau tempe kan? Tempe adalah makanan khas Indonesia yang menjadi legend. Jadi kalo di inggrisin jadinya "The Legend of Tempe" Keren gak gan? emoticon-siul

Ceritanya, trit ini mau bahas tentang salah satu makanan hasil olahan tempe yang asli dari Wonosobo. Namanya "Tempe Kemul" gan. Nama kemul itu berarti selimut. Jadi maksud dari namanya adalah tempe yang diselimuti tepung gitu gan.

Ente mau tau gak gan, kenapa dikasih nama tempe kemul? Soalnya di Wonosobo itu dingin banget, orang-orangnya suka selimutan sambil bakaran kayu biar anget. Coba, kalo tempe kemul itu berasal dari Arab, pasti namanya jadi tempe hijab gan emoticon-Ngakak (S)

Oke, yuk sebelum ane kenalin ama tempe kemul, kenalan dulu sama Wonosobo.

Quote:


Biar jelasnya ini petanya gan, kali aja ente mau ke Wonosobo biar kagak nyasar..

Spoiler for Peta Wonosobo:


Quote:


Quote:


Bener kan gan? Wonosobo itu kota yang dikelilingi gunung-gunung, jadi kagak salah kalo Wonosobo itu dingin..
Nah, sekarang udah dikit banyak tau tentang Wonosobo kan gan? Oke sekarang kita lanjut ke makanan khasnya.

Orang Wonosobo itu gemar makan gan, apa-apa dimakan. Ayam goreng, ayam kuah, ayam penyek, ayam tepung, sampai tulang ayam aja dimakan gan emoticon-Cape d... (S)

Mungkin, karena udara yang dingin itu membuat nafsu makan orang Wonosobo itu tinggi kali ya gan? . Ada salah satu gorengan yang menjadi menu "tea time" alias ngunjuk teh bareng keluarga. Yup, Tempe Kemul ~
Kalo ente ke Wonosobo, jangan heran gan kalo ada emak-emak ngegosip cemilannya tempe temul. Acara pengajian, makanannya dicampur tempe kemul, Lagi pacaran juga makananya tempe kemul.

Tempe kemul sudah menjadi makanan khas terfavorit yang belum ada saingannya di Wonosobo. Gorengan ini berbeda dari mendoan dan gorengan dari kota lain. Memang sama, tapi tak serupa.

Tempe kemul khas Wonosobo cenderung berwarna kuning karena diberi kunir (sejenis rempah2an) di adonannya. Di dalam adonan, ada kucai yang membuat tempe kemul berbau wangi. Nah, kucai ini yang jarang ditemui di kota-kota besar gan..

Renyahnya Makan Gorengan "Tempe Kemul" Khas Wonosobo

Ini nih gan, beberapa gambar bahwa tempe kemul dicintai semua makanan, dan cocok untuk kita semua..

Spoiler for Tempe love soto:


Spoiler for tempe love megono:


Spoiler for tempe love mie ongklok:


Spoiler for temepe love teh:


Spoiler for tempe pedes:


Karena tempe kemul bahan utamanya adalah tempe, maka kandungan gizinya jangan diragukan lagi gan.

Quote:


Quote:


Quote:


Sekarang udah tau manfaat makan tempe kemul kan gan? Tetapi karena tempe kemul diolah dengan cara digoreng, agan jangan makan terlalu banyak, karena bisa membuat kolestrol tinggi. Tapi jika agan adalah penggila berat tempe kemul, agan harus banyak-banyak minum air putih untuk melarutkan minyak yang ada di tubuh.

Ibu ane sering membuat tempe kemul gan. Jadi ane tau tau dikitlah gimana cara mbuatnya. So, bagi agan yang hobi masak bisa dipraktekin di dapur ente gan.
Cekidddot....

Spoiler for How to make Tempe Kemul/ Resep Ndamel Tempe Kemul:


Gimana gan? Mancap kagak gan? Tapi yang patut disayangkan adalah tidak semua kota punya Tepung basah/tepung pati dan kucainya. Jadi kalo agan-agan mau makan tempe kemul yang enak, saran ane cuma satu gan.

"Datanglah ke Wonosobo" emoticon-Kiss (S)


Oke gan, sekian dan terimakasih.. Semoga banyak manfaat yang ente tau tentang tempe kemul.

Big cup emoticon-Kissand hug emoticon-Peluk





Gali Sumur :
Wonosobo
ilmu tempe
profile-picture
profile-picture
tien212700 dan tata604 memberi reputasi
Diubah oleh renyslamet
Halaman 1 dari 47
pertamax, kebetulan ane orang wonosobo emoticon-I Love Indonesia (S)

udah biasa gan ane makan tempe kemul emoticon-thumbsup
Diubah oleh chadz1911
Diubah oleh tokomapan
tempe-tempean, wah pacaran makan itu juga ya...
tapi enak sih keliatannya emoticon-Genit
Wah, bikin ngiler aja gan
jadi pengen nyoba gan emoticon-Genit

tempeeee emoticon-Genit
Enak nih Gan, apalgi pake cabe emoticon-Big Grin

Numpang dulu di halaman pertama HT ah emoticon-Big Grin
Kemaren pas ane kerumah temen ane di wonosobo juga disuguhin ini pagi-pagi sama ibunya emoticon-Genit buset dah sepiring gede ane abisin sendiri emoticon-Genit ane emang paling demen sama gegorengan.
jd laper nih gan liat tempe emoticon-Genit
ternyata tempe banyak bisa diolah ya
ane kirain cuman bisa dibikin mendoan doang
kebetulan ane tinggal di daerah purbalingga ( banyumas )
kalo di daerah ane kaya mendoan..cuma beda nama kali yee emoticon-Ngakak emoticon-Ngakak emang mantep kalo di buat cemilan dan temen ngopi ato kumpul"
Lihat 1 balasan
Memuat data ...
Menampilkan 1 - 0 dari 1 balasan
sesaat hanya nama yang berbeda. penyajian di sebagian daerah masih mirip. tp rasanya mantap masbro....

dadi HT JAL...

Haha.. udu ning wonosobo nek ora mangan tempe kemul
ora isug awan sore rasane ya pada wae ra mboseni..emoticon-Kiss

wanasaba asli nyongemoticon-Ngakak
Quote:


woi sir piye kabare?

emoticon-Ngakak lama ga jumpa ente nih gw kwkwkw
Post ini telah dihapus oleh Kaskus Support 03
wah..wah.. guyih-yih,, mblaem-mblaem emoticon-Matabelo
Quote:


apik2 wae gan emoticon-Kiss

ini lagi mau balilk ngaskus lagi, setelah sekian lama pengsiun emoticon-Malu (S)

id asli ente yg mana ?? emoticon-Bingung (S)
Quote:



hadeh tahun 2011 2012 dulu sering nyari HT juga emoticon-Peace mosok lali jal
emoticon-Matabelo
HT ???
Waw...

Tempe kemul ini memang super enak. kota kelahiran papa ku
emoticon-Sorry
Diubah oleh sikehedgorenk
wah ngiler itu yang tempe love mie ongklok emoticon-Belo

tempe ini mirip mendoan ato beda gan?
wahahahahaa TEMPE KEMUL melbu kaskus emoticon-Ngakak

bangga dadi wong wonosobo emoticon-Kiss

enyong asli wong wanasaba kie..leksono lek emoticon-Ngakak
Halaman 1 dari 47


GDP Network
© 2021 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di