Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

oudindonesiaAvatar border
TS
oudindonesia
Diskusi Energi Alternatif Terbarukan Untuk Militer Sebuah Ide.
Selamat Siang.

Thread ini adalah Thread diskusi mengenai potensi energi alternatif terbarukan untuk kegunaan militer. Seperti yang kita ketahui peralatan militer adalah bertitik berat pada kekuatan dan keamanan bagi operator, jarang kita dengar efisiensi pada mesin sejauh yang TS tahu. BBM dan BBG juga batubara sejak hampir 2 abad lalu menjadi darah yang menggerakkan seluruh alat tempur yang kita tahu. Namun, seperti halnya yang kita tahu jumlahnya terbatas dan menipis, biaya eksplorasi dan eksploitasi semakin membengkak, ancaman lain misalnya harga yang tidak stabil, juga ancaman keamanan distribusi. Kalau TS lihat di forum ini belum pernah dibahas mengenai topik ini sebelumnya.
Contoh energi terbarukan yang TS soroti adalah BBN, di masa Penjajahan Jepang, rakyat disarankan atau dipaksa menanam jarak( Jatropha) sebagai bahan minyak pelumas pesawat tempur Jepang di kala itu. Di masa kini riset tengah dilakukan oleh NASA untuk penggunaan BBN bagi pesawat terbang.
Indonesia memiliki potensi menjadi produsen BBN terbesar. Namun sayangnya ini masih menjadi proyek kecil. Dan belum menjadi perhatian khusus, kilang bbn yang cukup besar belum ada di negara ini. Sebagai penutup dan pengingat mesin apapun tidak akan dapat bergerak tanpa energi. Mari berdiskusi.
0
10.1K
149
Thread Digembok
Urutan
Terbaru
Terlama
Thread Digembok
Komunitas Pilihan