horehore23Avatar border
TS
horehore23
Ini dia Lika-liku Bikin SIM: Bedanya Indonesia dengan Malaysia


Harus diakui, proses pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) di dalam negeri memang masih jauh dari sempurna. Aturan yang dibuat untuk dipatuhi nyatanya bisa melunak dengan iming-iming materi.

Namun, berkaca dari hal tersebut, bagaimana sebenarnya kondisi yang ada di negara tetangga? Apakah terdapat perbedaan mencolok soal proses pembuatan SIM di Indonesia dengan negara tetangga seperti Malaysia? Lebih tertib, transparan atau sebaliknya?

Adi Lazardi seorang warga Indonesia yang lama bekerja di Negeri Jiran, Malaysia, punya cerita seabrek seputar pengurusan SIM di Malaysia.

Melalui sambungan telepon, Adi yang juga berprofesi sebagai pewarta nasional itu menuturkan, untuk membuat lisensi mengemudi di Malaysia, seseorang pemohon diwajibkan memiliki kendaraan.

Quote:


Setelah itu, urai Adi, seperti halnya pembuatan SIM di Indonesia, pemohon harus memenuhi sejumlah berkas yang diperlukan. Sementara untuk warga asing, diminta untuk melampirkan surat izin kerja.

Quote:

Kemudian, tak seperti proses pembuatan SIM di Indonesia yang 'sehari jadi'. Di Malaysia, prosesnya memakan waktu lama, sekitar dua pekan. Itupun dengan catatan pemohon lulus di sejumlah tes yang nyaris tak memungkinkan terjadinya proses sogok menyogok.

Quote:


Bedanya yang paling mencolok dengan Indonesia, selepas sukses mengantongi SIM di Malaysia, kepolisian setempat tak terkesan 'lepas tangan'. Adi menuturkan, setelah mendapatkan SIM, lanjut Adi, mobil si pemohon akan ditempeli stiker pada bagian kaca depan dan belakang. Fungsinya, katanya, sebagai kontrol bagi pengemudi.

Quote:




Thanks dah mampir di thread ane gan
Ane lebih menghargai seorang junker yang meninggalkan jejak
Daripada seorang silent rider yang cuman jadi tukang intip
Hargailah hasil karya TS yang sudah susah payah membuat thread Dengan meninggalkan jejak walau cuman 1 kata

sekian thread dari saya semoga bermanfaat bagi agan semua, jangan lupa tinggalkan jejak emoticon-Rate 5 Staremoticon-Blue Guy Cendol (L) ..


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:


Quote:

Serba Cara, Tips Dan Trik Komputer, Internet, Kesehatan, Android
Quote:
Diubah oleh horehore23 09-05-2015 03:01
0
92.4K
1K
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan