Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

bujukbutetAvatar border
TS
bujukbutet
Mayoritas Pendukung Prabowo Justru Ingin Pilkada Langsung
Mayoritas Pendukung Prabowo Justru Ingin Pilkada Langsung

Mayoritas pedukung pasangan Prabowo-Hatta mendukung pemilihan kepala daerah langsung. Sebanyak 81,53 persen pemilih presiden nomor urut satu itu ingin dirinya dilibatkan sebagai pemilih dalam Pilkada. Sedang 8,79 persen responden menginginkan Pilkada oleh DPRD. Adapun 4,15 persen ingin kepala daerah dipilih presiden.

Demikian terungkap dalam hasil survei Lingkaran Survei Indonesia (LSI), Jakarta, Rabu (9/9). “Pilkada DPRD tak mencerminkan suara konstituen Prabowo,” kata Adjie Alfaraby, peneliti LSI, saat dihubungi, Selasa (9/9). “Ada motif merebut kekuasaan pasca kekalahan di Mahkamah Konstitusi.”

Awalnya, kata Adjie, para partai menolak untuk melakukan pemilihan kepala daerah melalui DPRD. Namun, tiba-tiba pendukung Koalisi Merah Putih berbalik arah mendukung pemilihan tak langsung. “Ada kekuasaan besar yang mengatur perubahan sikap partai-partai itu.”

Menurut Adjie, sistem pemilihan langsung yang selama ini dilakukan dianggap menghasilkan kepala daerah yang baik. Sistem itu juga dirasa fair kepada tiap partai dan di luar partai untuk bersaing. Menurut dia, figur adalah yang menentukan keterpilihan kepada daerah. “Bukan atas dasar suka tidaknya dari anggota DPRD.”

Survei Lingkaran Survei dilakukan pada 5-7 September 2014. Penelitian dilakukan dengan metode multistage random sampling di tujuh ibukota provinsi. Jumlah responden sebanyak 1.200 responden dengan margin of error 2.9 persen.

Sumber

Nah lho, beda banget ya sama junjungannya
0
1.8K
29
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan