Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

crixusAvatar border
TS
crixus
Google Bilang Android Tidak Perlu Antivirus, Kenapa?


Selama ini ada kepercayaan bahwa Android harus diberi antivirus untuk menjaga agar Android tetap sehat. Hal ini pun dijawab dengan sang pembuat aplikasiuntuk terus melakukan inovasi demi memberikan performa antivirus yang semakin ciamik. Berbagai toko aplikasi pun menjajakan berbagai jenis antivirus yang dapat dipilih sesuai kebutuhan penggunanya.

Namun, tidak demikian menurut Google. Menurut, Adrian Ludwig Lead Engineer Android Security Google, Android baik ponsel pintar maupun tablet tidak memerlukan aplikasi keamanan untuk memproteksi perangkatnya. Alasannya, setiap aplikasi sudah melalui serangkaian pengecekan secara otomatis sebelum akhirnya masuk ke Play Store. Dengan adanya filterisasi tersebut, pengguna akan sangat minim sekali menerima risiko adanya aplikasi berbahaya.

Lebih lanjut,menurutnya memasang aplikasi di Android sebenarnya hal yang tidak perlu. Sekalipun itu aplikasi berbayar. Pendapatnya itu disampaikannya kepada para wartawan sehari jelang Google IO 2014. Dalam pernyataannya tersebut, Ludwig juga menyangkal anggapan yang selama ini mengatakan bahwa Android menjadi sarang bagi aplikasi berbahaya melebihi platform lain.

Menurutnya, selama ini perusahaan keamanan hanya menghitung berdasarkan pada jumlah aplikasi berbahaya yang ada, dan bukan berdasarkan jumlah aplikasi yang benar-benar diinstal di Android. Sementara jumlah aplikasi tidak pernah mengalami penurunan. Inilah yang menurutnya menjadi "rahasia" produk keamanan mereka laris. Singkat kata, menurut Google, malware yang ada di Android merupakan bagian dari "bahaya" yang sengaja diciptakan perusahaan kemanan untuk membuat laku produk-produk mereka.

Penyangkalan Ludwig atas pentingnya antivirus bagi Android ini bukan menjadi satu-satunya penyangalan yang dilakukan pihak Google terkait pentingnya antivirus. Pada tahun 2011 silam, melalui salah seorang engineer-nya, Google dengan sarkas menyebut bahwa pembuat antivirus yang menjual antivirus aplikasi antivirus bagi perangkat mobile sebagai penipu.

Dengan berhembusnya pernyataan mengenai hal yang sama oleh Google di tahun ini, akankah "iman" para pemilik Android goyah dan meninggalkan kebiasaannya memasang atau meng-up date antivirus yang selama ini dianggap "wajib"?


Bagaimana menurut Agan, apakah benar Android tidak memerlukan Antivirus?


-------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------

Punya Ide kreatif? Ingin membuat mobile apps? Ceritakan requirement Anda dan Socmedtech akan membantu mewujudkan ide Anda
0
6.1K
46
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan