Kaskus

Entertainment

sakedasalewaAvatar border
TS
sakedasalewa
pentingnya dokumentasi video saat transaksi jual beli online fjb khususnya elektronik
salam kaskuser,
mungkin thread atau bahasan seperti ini repost udah sering dibikin berulang kali.tp apa salahnya ane pengen berbagi pengalaman ane sendiri nih,dalam kasus ini posisi ane sebagai "buyer"
sebetulnya kejadiannya udah agak lama,bulan kmaren tepatnya.
langsung aja kronologisnya begini gan.
Ane awalnya pengen nyari smartphone yang spesifikasi lumayan dengan harga miring,klo beli baru kondisi keuangan belum memungkinkan emoticon-Hammer2
ya udah lah ane putusin nyari hp second aja..ane search di fjb kaskus tercinta kita ini,singkat cerita nemu lah ane lapak yang ane kira worth to buy.
langsung deh pas itu juga ane hubungin seller yang bersangkutan melalui message,ane tanya lah kondisi jualannya gmn masih normal semua ngga,mulus,systemnya error,ori,battery nya ngedrop ngga.....(biarlah klo si seller nganggep ane bawel).....si seller bilang masih oke semua "katanya". tang ting tung setelah negosiasi yang alot akhirnya ane dan seller sepakat dengan nominal 4jt sekian diproses make rekber pastinya.ga pake lama ane transfer M-Bnking ke rekber.
dan seller pun menyanggupi kirim barang sore harinya.
resi kiriman ane terima malam hari dan ane cek resi di web emang valid.
setelah nunggu 2 hari 2 malam,kurir langganan datang bawa paketan.maklum lah gan ane di daerah yang hanya dijangkau paket reguler emoticon-Malu (S)
tit tit tit...hp jadul ane berbunyi,ternyata ada message dari seller yang menanyakan paket udah datang belum?..ane jawab udah kok barusan tapi konfirm rekbernya setelah cek ricek dulu ya (dalem ati,nih seller ga sabaran banget belum jg ane obrak abrik isi paketan).
berhubung ini pertama kali nya ane beli hp second onlen biasanya seh ane beli yang baru emoticon-Cool
terlintas deh di pikiran buat rekam proses obrak abrik isi paketan (istilah kerennya unboxing) buat jaga2 siapa tau isi paketannya sepatu bekas.kan ga lucu emoticon-Ngakak
bisa dijadikan barbuk nanti pikir ane.
ane ambil lah hp jadul ane buat rekam adegan unboxing walau hanya dengan format 3gp kaya pelm xxx :ups
√cek fisik oke
√tes nyala..eh kok battery nya low banget cuma 2%-an (seller yg baik biasanya ngecas hp second dulu sblm dikirim).terpaksa ane tunda dulu deh proses cek ricek,dilanjut setelah battery memadai.ane charge.
√proses charging ternyata jauh lebih lama dari hp jadul ane...4 jam baru ngisi 40%-an...edan.....gelo..gelo...
pdhal ane tanya di forum hp merk itu cuma dibutuhin wkt 3 jam pengecasan dr 0%-100%
√dilanjut tes nyala,nyala seh nyala...tp ada masalah serius sensor auto rotate sama sekali ga berfungsi...smartphone kok begini,apa kata dunia persilatan nanti emoticon-Ngakak
Ga pikir panjang,langsung ane labrak tuh seller via sms (klo labrak lgsg ane ga berani gan,badan ane kurus ceking emoticon-Malu (S)).begini percakapannya:

Spoiler for percakapan1:


Besook paginya langsung ane bela2in pergi ke kota langsung ke jne pusat supaya paket bisa dikirim dg paket Yes,cepet nyampe ke seller biar clear masalahnya.
Selang sehari sesuai paket Yes barang nyampe di tangan Seller sore hari.
ane hubungin Seller via sms.

Spoiler for percakapan2:


selang satu jam seller ngubungin via whatsapp
Spoiler for percakapan3:

Alhamdulillah keesokan harinya dana direfund penuh oleh rekber ke rekening ane.
sebetulnya ane jg udah siap seandainya si seller tetep ngotot kalo barang yg ane kirim balik ke dia ternyata error karena kesalahan ane,tinggal laporin aja bukti2 yang udah ada ke pihak rekber yg ane pake.beres kan.hmm
kasus di atas bisa saja terjadi pada seller atau pun buyer yang memakai rekber.ada istilahnya seller nakal dan buyer nakal......seller nakal spt cerita ane di atas dgn modus batere dikosongin biar pembeli ga sempet cek barang yg dia jual yang ternyata error dan ngaku2 klo barang yg dikirim balik rusak karena pembeli dst.
klo buyer nakal contoh nya seperti pura2 beli padahal cuma pengen coba2 doang terus barang dikembalikan ke seller.atau malah yg lebih parah lagi bisa saja buyer nakal utak atik barang dan dioplos jeroannya dan dikembalikan ke seller dengan alasan barang tidak sesuai.
tp bagaimana pun jg seller & buyer juga manusia ada yg khilaf..ada yg emang buruk permanent,yg emang udah niatan tipu2 dari awal.
intinya kita selalu waspada ya gan
pinter pilih2 seller dan buyer..liat hystorisnya kaya gmn
biar kejadian yg pernah ane alamin ga menimpa yg lain

emoticon-Blue Guy Cendol (L)
0
2.2K
16
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Komentar yang asik ya
Komunitas Pilihan