Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

dimmerpixelAvatar border
TS
dimmerpixel
CINTA PADA ISTRI SENDIRI TAPI "MEMAKAI" ISTRI ORANG LAIN
Judul aslinya : Katanya cinta indonesia tetapi pakai bahasa/istilah asing.


Banyak orang indonesia yang bilang bahwa tidak ada masalah dengan judul pembahasan saya ini, tetapi apakah tidak jadi masalah jika bilang CINTA PADA ISTRI SENDIRI TAPI "MEMAKAI" ISTRI ORANG LAIN?

Ada apa dengan orang Indonesia? kenapa merasa tidak nyaman dengan bahasa sendiri?, kenapa merasa lebih keren memakai bahasa asing? Saya tidak bilang agar kita berbahasa Indonesia yang baku sesuai EYD, silahkan pakai kata lo, gue, ngapain, gimana, ra popo, atapun bahasa plesetan-plesetan lainnya, tetapi itu bahasa kita sendiri.

Saya juga tidak menyalahkan orang-orang bilang komputer, printer, mouse, smartphone, yang memang sudah namanya begitu.

Tidak hanya anak muda, orang-orang dewasa juga menganggap bahwa BAHASA ASING LEBIH BISA MENYAMPAIKAN APA YANG DIMAKSUD SI PEMBICARA, DAN AKAN MEMBERIKAN KESAN LEBIH BERPENDIDIKAN, apakah kita tidak merasa itu aneh?, saya rasa itu aneh...

Bagi teman-teman yang mungkin sudah "lupa" bahasa negeri ini, mari sedikit saya beritahukan semampu saya

mangrove --- bakau
kenapa "orang berpendidikan" lebih senang bilang atau tulis hutan mangrove?, kenapa tidak hutan bakau?, kenapa tidak sekalian saja bilang "mangrove forest" ?

"Kita cari jalan keluar yang win win solusien lah..." (solution di campur bahasa indonesia, jadinya solusien), artinya yang menguntungkan bagi kedua belah pihak (nah.. loh.., ternyata "win win solusien" itu ada bahasa indonesianya loh... emoticon-Smilie

yah... at list dia bilang lah -- (at least, dalam ucapan menjadi at list, dalam bahasa indonesianya "setidaknya", ajaib kan bahasa indonesia)

tuh orang, atitut nya kurang baik --- (attitude itu kata orang pinter yang sekolahan, kata kita orang kampung "sikap/kelakuan")

semua berjalan sesuai skedul --- (schedule, skedul bagi lidah makan nasi yang sok pinter, dalam bahasa Indonesia adalah JADWAL)

kalau ditanya, yang pakai kata-kata di atas akan bilang pada tau bahasa Indonesia dari yang diucapkannya, tetapi beragam jawaban akan kita dapatkan seperti LEBIH GAMPANG DIUCAPKAN, SUDAH TERBIASA, dan sebagainya, nah... di alasan-alasan itu lah inti dari tulisan ini.


Wassalam

0
2.6K
16
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan