alexa-tracking
Kategori
Kategori
Home / FORUM / All / News / Berita dan Politik /
Sudah Punya gaji 9juta/bulan , pegawai ini masih sulit punya rumah
4.2 stars - based on 10 vote 5 stars 0 stars
1024
1024
KASKUS
51
244
https://www.kaskus.co.id/thread/54098c2ede2cf2737a8b456d/sudah-punya-gaji-9juta-bulan--pegawai-ini-masih-sulit-punya-rumah

Sudah Punya gaji 9juta/bulan , pegawai ini masih sulit punya rumah

Jakarta -Mempunyai rumah sendiri menjadi dambaan semua orang terutama yang sudah berkeluarga. Namun untuk mendapatkannya butuh dana yang tak sedikit sehingga perlu ada skema kredit pemilikan rumah (KPR).

Meski sudah ada skema KPR, tak semua orang beruntung bisa melakukan KPR dengan berbagai alasan. Misalnya gaji yang tak cukup atau rumah yang diidamkan tak sesuai keinginan, dan banyak lainnya.

Pembaca detikFinance, bernama Aulya Elyasa mencoba berbagi pengalamannya, yang sudah 2 tahun mencari rumah, namun hingga kini belum juga berhasil. Akhirnya kini ia masih harus mengontrak rumah.

Aulya berkeyakinan naiknya harga barang-barang, biaya listrik naik, bbm naik yang berpengaruh ke seluruh bidang dan jasa membuat mereka dengan gaji Rp 5 - 10 juta per bulan sekalipun akan sangat kesulitan untuk bisa membeli sebuah rumah.

"Saya memiliki 1 orang istri dan 2 orang anak yang masih batita. Penghasilan Rp 9 juta/bulan," tulis Aulya dalam surat elektroniknya, Jumat (5/9/2014)

Ia mencoba menghitung pengeluarannya, yaitu:

Kebutuhan keluarga Rp 4,5 juta termasuk susu anak dan popok, elpiji serta untuk makan sehari hari
Transportasi untuk kerja Rp 1 juta (Bekasi - Jakarta) sehari Rp 40.000 (naik ojek 2 kali, bus besar 2 kali, angkot 2 kali)
Makan siang - sore di kantor Rp 500.000 (sehari Rp 20.000)
Bayar telepon, listrik, PAM, dan iuran keamanan Rp 1,5 juta sebulan.


"Total pengeluaran bulanan saya Rp 7.500.000,- dengan angka demikian sisa penghasilan saya yang bisa saya simpan perbulan adalah 1.500.000," katanya.

Ia juga menambahkan dari sisa penghasilan Rp 1,5 juta itu, masih harus dipotong untuk dana jaga-jaga untuk berobat kedokter dan lain lain.

"Sehingga sebulan saya hanya bisa menabung sebesar Rp 1 juta," katanya.

Menurutnya jika dirinya harus membeli rumah dengan harga Rp 300 juta (rumah non subsidi), dengan kewajiban membayar DP senilai 30% yaitu sekitar Rp 90 juta, maka butuh bertahun-tahun untuk mengumpulkan uang muka.

"Saya membutuhkan waktu selama kurang lebih 9 tahun untuk bisa memenuhi kebutuhan DP tersebut. Dan pada saat saya sudah memiliki uang untuk DP senilai Rp 90 juta, harga rumahnya sudah naik berlipat lipat yang berarti DP juga sudah bertambah nilainya," katanya.

Ia berkeyakinan masyarakat yang memiliki penghasilan Rp 2,5 - 4 juta per bulan juga tidak akan mampu untuk bisa memenuhi DP 10% apalagi membayar cicilan kredit tiap bulan. Seperti diketahui batas penghasilan Rp 2,5 juta-4 juta merupakan batas seseorang boleh mendapatkan KPR subsidi dengan bunga flat 7,25% selama 15-20 tahun.

Menurutnya program FLPP (subsidi bunga KPR) dari pemerintah ini sangat tidak efektif dan tidak efesien. Ia beralasan pada akhirnya hanya akan menguntungkan orang orang tertentu yang memiliki penghasilan di atas rata-rata.

"Saya sudah mencari cari rumah selama kurang lebih 2 tahun terakhir dan hingga saat ini belum bisa menemukan titik cerah. Saran dari saya adalah pemerintah kembali meninjau peraturan subsidi rumah agar tepat dan efektif," katanya.

menurut gw nih orang terlalu boros , tp susah juga sih kan ada aja tipe orang yg mw mau beri terbaik buat keluarga.'
tp masa pulsa, pam , listrik ama keamanan ampe 1,5jt /bln.

SUmber : http://finance.detik.com/read/2014/0...it-punya-rumah
Diubah oleh bunbun1234
Beri apresiasi terhadap thread ini Gan!
Halaman 1 dari 25
bensin gan
4.5juta sebulan itu yg mahal kena susunya itu ya? emoticon-Matabelo
gaji kalo selalu dipake buat ngikutun keinginan ya nggak bakalan cukuplah emoticon-Malu (S)

pegawai geblek emoticon-Hammer2
gak mungkin ah.. masa 9 juta sulit..

Transportasi jangan pake ojek kali, kredit beli motor aja

Makan siang - sore bawa bekal dari rumah

Bayar telepon, listrik, PAM, dan iuran keamanan biasa yang paling besar rek telepon dan listrik, diirit tuh... terutama telepon..

Kalo Istrinya? lulusan apa? Istrinya kalo bisa dapet kerjaan setengah hari, atau kerjaan di rumah yang lumayan bisa dapat 3-4 juta bisa ambil baby sister jaga anak 1-1,5jt, sisa 2-2.5jt buat cicilan.
Diubah oleh menu.hari.ini
kayaknya kebutuhan laen2nya kegedean tuh...tp ga tau lagi sih gmna biaya idup di jakarta, ane di jawa timur gaji 6,5/bln punya anak 3 Alhamdulillah msh cukup buat biaya hidup + bayar cicilan KPR + mobil 2nd.
nih orang gak bisa ngehemat gan.... emoticon-Ngakak
itu tinggal di apartemen ya? biaya utility nya mahal gitu 1.5 juta perbulan. tp emang bener sih, biaya 2 batita itu mahal..

hadeuuhh bijimane ini..sekmain cemas ane bs beli rumah apa tidak ntar nyah
Quote:

kalo susu khusus emang mahal, tap kalo pake susu pasaran ya relatip murah koq emoticon-Malu (S)
ane hanya bisa turut prihatin.
Kebutuhan sehari hari sampek 4.5 juta per bulannya?

Bayar listrik pam, pengamanan sampah sampek 1.5 juta? di rumah alat elektroniknya apaan aja?

Uang transport segitu mending kredit motor

emang sih harga rumah udah di luar akal sehat

Tapi kalau penghasilan 10 juta susah nyicil rumah mah antara bohong, ada yang sebenernya bisa dihemat dan spek rumah yang dia cari emang ketinggian.
Dan kalau spek rumah yang doi cari ketinggian, koar koar subsidi perumahan keknya salah alamat

Lokasi juga nentuin, cari yang pinggiran lah

Itu kalau emang niat punya rumah sih


mungkin karena uda ada tanggungan keluarga
kalo bujangan pasti kebeli
emoticon-Shakehand2
Bisa jadi emoticon-Matabelo
kalo pake motor keknya 10rb bensin cukup pp jkt bekasi

om gw perasaan listrik 600rb pdhl ac 3, kulkas 2 tivi 4 mesin cuci 1.

ini kok banyak ya?
Diubah oleh novi76
Korupsinya kagak masuk hitungan tuh emoticon-Ngacir
yang kl segitu gak bakalan kekumpul buat beli rumah
Gaji 9 juta aja ngeluh
Gaji UMR harus ngapain ?
9jt aj susah beli rumah apa lagi ane yg cman penjual si FJB emoticon-Mewek
pernah baca amannya tinggal di jakarta itu gaji 14 jutaaan itu bisa deh napas tenang bisa beli rumah
ane aja yg hampir sama gajinya kadang ga cukup emoticon-Big Grin
betul tuh gaji udah gede masih ngeluh mau ini mau itu, hemat nape oi
Mungkin susah karena emang ga niat aja emoticon-Malu


Gaji 3 juta asal niat punya rumah juga bisa kok emoticon-Malu
Halaman 1 dari 25


GDP Network
© 2019 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved
Ikuti KASKUS di