Pengaturan

Gambar

Lainnya

Tentang KASKUS

Pusat Bantuan

Hubungi Kami

KASKUS Plus

© 2024 KASKUS, PT Darta Media Indonesia. All rights reserved

donitaunaAvatar border
TS
donitauna
Arab Saudi Berencana Membongkar Makam Nabi Muhammad SAW ?


Kontroversi pembongkaran masjid bersejarah termasuk Masjid Nabawi yang di dalamnya terdapat makam Nabi Muhammad SAW terus bergulir. Hingga kini, Kerajaan Arab Saudi belum mengumumkan rencana pelestarian atau pemindahan ketiga masjid yang telah ada sejak abad ke-7 dengan struktur bangunan era Ottoman tersebut. Termasuk ada tidaknya sebuah komisi arkeologi untuk melakukan penggalian di lokasi bersejarah itu sebelum semuanya dirobohkan.

Pemerintah Arab Saudi berencana membongkar makam Rasulullah Muhammad SAW, dan memindahkan sisa jenazahnya ke pemakaman lain. Lebih semiliar Muslim di seluruh dunia pasti marah.

Proposal kontroversial ini tercantum dalam dokumen konsultasi yang dikeluarkan lembaga pendidikan terkemuka di Arab Saudi. Usulan itu beredar di kalangan pengawas Masjid Nabawi di Madinah, tempat makam Rasulullah.

Saat ini, lokasi yang menjadi makam Nabi Muhammad ditandai dengan tutup kubah berwarna hijau dan dikenal sebagai pusat Masjid Nabawi. Dalam rencana pengembangan baru sesuai sebuah pamflet yang diterbitkan Departemen Urusan Islam pada 2007, lokasi itu kelak akan menjadi sayap timur masjid baru dengan luas delapan kali ukuran saat ini.

Irfan al-Alawai, direktur Islamic Heritage Research Foundation, memperingatkan pembongkaran makam Rasulullah dipastikan memicu kerusuhan. Bahkan, menurutnya kepada surat kabar The Independent, bukan tidak mungkin memicu konflik sektarian.

“Orang-orang ingin mengunjungi ruang tempat keluarga Rasulullah pernah tinggal,” ujar Al-Alawi. “Kini ruang itu akan dihancurkan karena pemerintah Arab Saudi menganggap semua itu sirik dan praktek penyembahan berhala.”

Menurut Al-Alawi, satu-satunya cara menghentikan jutaan orang mengunjungi makam itu adalah dengan membongkar dan memindahkan sisa jenazahnya ke pemakaman lain.

Bagaimana menurut anda apakah kebijakan pemerintah Arab Saudi ini efektif atau tidak ? apakah tujuan sebenarnya dari pembongkaran makan Nabi Muhammad SAW ini ?
anasabila
4iinch
4iinch dan anasabila memberi reputasi
2
9.8K
55
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan