jualkaospoloAvatar border
TS
jualkaospolo
Yuk Mengenal Jenis jenis BAN
SELAMAT DATANG DI THREAD WWW.KAOSPOLO.BIZ


www.kaospolo.biz- Ban yang merupakan salah satu komponen penting dari sebuah kendaraan, memang sudah seharusnya mendapatkan perhatian khusus dari matickers nih sebagai pengguna. Sebagai alas kaki motor atau mobil ban juga ternyata berfungsi sebagai pengatur keseimbangan kendaraan, dan juga mempengaruhi ketahanan mesin.

Sesuai fungsinya, ban mempunyai beragam macam model/type dan karakter yang disesuaikan dengan kondisi jalanan, cuaca, dan jarak. Artinya, matickers juga perlu memahami secara betul jenis ban yang sering digunakan sesuai keperluannya.

Berikut beberapa Jenis Ban Sepeda Motor yang ada dan digunakan :


1. Sport (semi slick)


ban sport
Jenis ini memiliki grip atau daya cengkram yang luar biasa, namun jarak tempuh optimalnya hanya 1.000 mil (1.600 km) atau kurang. Ban ini juga hanya bisa beroperasi pada suhu yang tinggi dengan tingkat cengkraman yang makin optimal. Sayangnya, ban type ini nggak ama digunakan di jalan raya matickers.

2. Sport touring


ban sport touring
Ban dengan type ini memiliki daya tahan yang lebih baik dari tipe ban sport, julukannya ban ini adalah ban type jelajah yang cukup nyaman dan handal saat diajak touring. Namun jangan coba-coba memperlakukan ban ini dengan cornering / cara menikung yang berlebihan, bisa-bisa matickers kena petaka.

3. Touring


ban sport touring
Nah, kalo type ban yang satu ini nggak bedanya dengan type Sport touring, cuma bedanya typ ini lebih memiliki umur yang lebih panjang. Selain berkompon keras, ban ini cocok banget buat haran atau pun menempuh perjalanan jauh. Dengan suhu iklim tropis, nampaknya ban ini cocok banget untuk digunakan di kota besar maupun daerah. Tapi, jangan coba-coba ban ini digunakan untuk balap. Bisa jadi maut matickers!

4. Cruiser


ban cruiser
Type ini memiliki daya tahan lebih baik dari tipe ban sport, sayangnya untuk daya cengkram ban ini kalah jauh dari type sport. Untuk typr motor bebk atau matic, ban ini cukup menjadi favorit bahkan rekomendasi.

5. Scooter


ban motor
Ban ini memang dikhususkan untuk motor berjenis skuter, karena diameternya yang kecil. Namun bicara soal awet atau pun daya tahan, ban ini nggak kalah kok dengan type cruiser.

6. Off Road


ban off road
Matickers pernah melihat motor dengan ban dengan pola lurik seperti tahu, nah, itulah ban type off road, yang pastinya asik banget untuk terabas jalanan non aspal seperti tanaha erah, jalan berlumpur, atau hanya sekedar menerabas hutan. Jangan salah matickers, nggak semua pengendara mampu lho menstabilkan motor ketika menggunakan type ini, butuh keahlian khusus.

7. Racing (slick)


ban balap
Ban jenis ini juga dikenal dengan nama ban botak, dan hanya digunakan untuk balapan. Itu harga mati lho matickers, jangan coba-coba deh menggunakan ban type ini untuk aktivitas harian.

8. Racing Wet (Slick basah)


ban balap basah
Ban ini juga memiliki karakter yang nggak jauh beda dengan ban balap (slik), hanya saja type ini digunakan untuk suhu/temperatur yang cenderung lembab/basah.

Nah matickers, itulah semua itu adalah jenis jenis tipe ban sepeda motor. Diharapkan dengan adanya pengetahuan tentang jenis ban sepeda motor itu membuat matickers lebih memahami arti keselamatan di jalan.
Penggunaan ban yang cocok akan membuat mesin lebih awet motor lebih nyaman serta memiliki handling yang nyaman. Kalo udah gitu, motor pun enak untuk di ajak kencang, lincah, terlebih dengan dukungan fitur canggih dengan teknologi injeksi yang pastinya gak bakal boros BBM alias irit.

WWW.KAOSPOLO.BIZ

baca artikel menarik lain nya d www.kaospolo.biz
0
3.4K
13
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Urutan
Terbaru
Terlama
GuestAvatar border
Guest
Tulis komentar menarik atau mention replykgpt untuk ngobrol seru
Komunitas Pilihan